KenaliManfaatPelukanUntukKesehatan

November 12, 2019Qubicle
Apa saja manfaat pelukan selain sebagai tanda kasih sayang? Simak ulasannya di bawah ini.

Baru-baru ini, tokoh negara kita melakukan pelukan yang begitu erat. Ya, Presiden Jokowi baru saja berpelukan dengan erat bersama Surya Paloh. Tapi, bukan berarti mereka saling cinta. Pelukan yang selama ini identik dengan tanda sayang dan hasrat ingin memiliki antar manusia ini ternyata punya makna yang berbeda-beda. Seperti yang tokoh negara lakukan, semata-mata bertujuan untuk melambangkan perdamaian politik yang mempersatukan bangsa. Lantas, jika pada konteks kehidupan sehari-hari apa saja manfaat pelukan? Simak ulasannya di bawah ini.

Merilekskan Otot

photo: Chermiti Mohamed  

Sudah tahu kalau manfaat pelukan dapat merilekskan otot? Pelukan dapat melepaskan hormon endorphin pada tubuh yang bermanfaat untuk mengurangi ketegangan dan melancarkan sirkulasi di dalam tubuh. Hal inilah dapat mengurangi kram dan meredakan sakit yang terjadi pada otot sehingga merilekskan otot-otot yang tegang.

Menyeimbangkan Sistem Syaraf

Menurut penelitian, pelukan juga bisa menyeimbangkan sistem syaraf. Dalam artian, ketika terjadi sentuhan saat pelukan sistem syaraf pada tubuh yang terhubung ke otak memberikan respons baik dan menyatakan keseimbangan. Hal inilah yang membuat kita merasakan kebahagiaan saat sedang berpelukan. Semakin sering kita terkoneksi dengan orang lain, maka kita semakin bahagia.

Memelihara Kesehatan Jantung

Selain berolahraga, pelukan juga merupakan salah satu obat jitu untuk memelihara kesehatan jantung. Hal ini terjadi karena pada saat kita berpelukan dengan orang terkasih tekanan darah akan mengalami penurunan bersamaan dengan detak jantung. Tentu hal ini menjadi sesuatu yang positif dan bisa membantu untuk memelihara kesehatan jantung kita.

Menjaga Sistem Imun Tubuh

Imunitas merupakan salah satu sistem yang paling penting pada tubuh kita. Pasalnya, sistem ini membantu tubuh kita untuk menghalau berbagai macam penyakit. Salah satu manfaat penelitian adalah menjaga sistem imun tubuh agar tetap baik. Lewat pelukan, kita bisa merasakan kehangatan dan menangkal stress. Itu sebabnya sistem imun tubuh kita akan menjadi lebih baik.

Mengurangi Kekhawatiran

photo: Sai De Silva

Sering merasa khawatir, sulit tidur hingga takut akan kematian? Pelukan ternyata juga bermanfaat serupa. Saking banyaknya hormone yang dihasilkan tubuh saat berpelukan, rasa takut, stress, takut hingga cemas bisa berkurang dan merasa lebih nyaman. Terbukti saat anak ketakutan pelukan orang tua bisa menjadikan mereka ceria kembali. Begitu juga dengan pasangan yang dipertemukan seusai bekerja seharian di rumah, pelukan bisa membantu untuk melepas rasa lelah sambil melupakan hari yang berat sejenak.

photo cover & thumbnail: Priscilla Du Preez

oleh: Ayunda  

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US