KetahuiManfaatPerpindahanIbuKota

August 27, 2019Qubicle
Wacana perpindahan ibu kota Indonesia nampaknya bukan isapan jempol belaka. Lantas, apakah manfaatnya?

Wacana perpindahan ibu kota Indonesia nampaknya bukan isapan jempol belaka. Lokasi yang nantinya akan dituju dan rancangannya sudah dipersiapkan oleh pemerintah. Begitu juga anggaran yang akan dikeluarkan. Melihat matangnya persiapan, nampaknya mereka benar-benar akan merealisasikan rencana ini. Setelah pertimbangan matang, presiden Jokowidodo memilih lokasi Kalimantan Timur sebagai pengganti Pulau Jawa untuk memindahkan ibu kota nanti. Rencananya, Kabupaten Kutai Karta Kartanegara akan menjadi tempat yang nantinya berlangsung pusat pemerintahan. Lantas, apakah manfaat yang didapatkan dari perpindahan ibu kota sendiri? Ini dia ulasannya.

Pemerataan Penduduk

photo by: Tom Rumble

Sudah bukan rahasia lagi penduduk Pulau Jawa sangat membludak jumlahnya. Apalagi Jakarta, kota ini selalu mengalami pertumbuhan penduduk paling pesat jika dibandingkan kota-kota di Pulau Jawa lainnya. Bayangkan, dalam setiap jamnya rata-rata pertambahan penduduk di Jakarta mencapai 11 orang, bagaimana tidak penuh sesak? Oleh karena itu, dengan rencana perpindahan ibu kota ke Kalimantan Timur diharapkan akan membantu pemerataan penduduk dan meringankan beban di Pulau Jawa, terutama Jakarta.

Mengatasi Permasalahan Tata Ruang

photo by: Afif Kusuma

Karena membeludaknya jumlah penduduk di Jakarta, tata ruang yang kurang kondusif menjadi salah satu permasalahan yang kerap terjadi. Ditambah lagi dengan semakin sedikitnya lahan terbuka hijau dan juga lokasi-lokasi layak huni yang mulai turun di bawah permukaan laut. Dengan adanya perpindahan ibu kota ini akan menjadi salah satu kesempatan bagi pemerintah pusat untuk lebih fokus dalam membenahi tata ruang yang tadinya carut-marut. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, bukan tidak mungkin Jakarta akan menjadi kota rapih yang maju.

Mengurangi Polusi

photo by: Appai

Dalam beberapa bulan terakhir Jakarta dinobatkan sebagai kota yang paling berpolusi di dunia. Terbayang bukan, betapa bahayanya untuk tinggal di sini? Salah satu alasannya karena populasi yang membeludak dengan jumlah kepemilikan kendaraan bermotor yang terus meningkat. Oleh karena itu, perpindahan ibu kota yang direncanakan untuk segera dilakukan akan menjadi solusi untuk mengurangi polusi Jakarta.

Memperluas Pembangunan

photo by: Afif Kusuma

Selama ini bangunan perkantoran dan juga infrastruktur yang memadai hanya terpusat di Jakarta. Alhasil, daerah-daerah di luar Jakarta mengalami ketimpangan yang cukup ekstrim. Tentu saja dengan perpindahan ibu kota daerah-daerah yang sebelumnya tidak terfokus pembangunannya oleh pemerintah akan ikut terdampak. Maka, bukan tidak mungkin nantinya jika gedung-gendung pencakar langit ikut dibangung di Pulau Kalimantan.

Memicu Pertumbuhan Ekonomi

photo by: Al ghazali

Bukan hanya sebagai pusat pemerintahan, beban Jakarta juga sudah cukup berat karena menjadi penopang ekonomi Indonesia. Walaupun nantinya setelah perpindahan ibu kota Jakarta masih akan menjadi pusat perekonomian, setidaknya lokasi baru tersebut nantinya akan ikut bangkit dan menjadi lapangan pekerjaan baru bagi para pengadu nasib.

Itulah beberapa manfaat yang akan kita dapatkan dari perpindahan ibu kota. Semoga pemerintah cukup bijaksana dalam mengambil keputusan dan benar-benar mempertimbangkan dengan matang. Sehingga, kita sebagai masyarakatnya akan terus merasakan manfaatnya.

photo cover & thumbnail by: ekoherwantoro

oleh: Ayunda Sabrina


Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US