LakukanHalIniAgarTidakPanikMenghadapiBanjir

January 06, 2020Qubicle
Dapat dimengerti kepanikan pasti akan terjadi saat menghadapi banjir. Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindarinya.

Sebagai wilayah yang cukup sering terdampak oleh banjir, penting bagi warga Jakarta untuk memiliki bekal ilmu pengetahuan mengenai survival untuk menghadapinya. Karena semestinya saat-saat ini dapat dilalui dengan tenang agar tetap bisa fokus dalam menyelamatkan banyak hal. Tentu saja dapat dimengerti kepanikan dan shock pasti akan terjadi, tapi perlu diingat untuk melakukan beberapa hal ini agar semua tetap aman terkendali.

Tenangkan Diri

Pertama-tama hal paling penting yang harus dilakukan saat menghadapi banjir adalah menenangkan diri. Pasalnya, jika kita harus survive tapi dalam keadaan panik, dikhawatirkan dapat mempengaruhi produktivitas dan malah banyak hal yang terdampak. Coba tarik nafas panjang dan hembuskan dengan teratur selama beberapa kali. Dengan keadaan tenang, kita bisa melakukan lebhih banyak hal untuk menyelamatkan barang penting dan diri.

Selamatkan Barang-barang Berharga

Saat menghadapi banjir, pastikan untuk menyelamatkan barang-barang berharga. Biasakan diri untuk menyatukan dokumen-dokumen penting dalam satu wadah yang aman. Penting juga untuk menyelamatkan peralatan elektronik atau kendaraan ke tempat yang lebih tinggi. Dengan begitu, biaya untuk pemulihan dalam hal-hal tersebut bisa lebih diperkecil lagi.

Matikan Seluruh Aliran Listrik

Aliran listrik merupakan salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan saat menghadapi banijr. Cabut semua sambungan perangkat elektronik dari stop kontak sebelum air naik dan turunkan sekring setelah proses evakuasi selesai. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari tersengat aliran listrik dan malah menyebabkan korban.

Lakukan Evakuasi Diri

photo: mark chaves

Jika genangan air masih terus naik, saatnya menyelamatkan diri dengan melakukan evakuasi. Kamu bisa memulainya dengan naik ke lokasi yang lebih tinggi jika memang ada lantai dua rumah yang proper dengan sanitasinya untuk ditinggali. Jika tidak memungkinkan, tinggalkanlah rumah dan cari tempat mengungsi yang aman bersama anggota keluarga. Jangan lupa untuk packing kebutuhan seadanya paling tidak untuk mengungsi 3 hari kedepan.

Ketahui Kontak Bantuan Evakuasi

photo: @killianfoto

Untuk menghindari kepanikan lain saat banjir tiba, penting untuk mengetahui kontak dari tim evakuasi. Catat nomor telepon instansi terkait dengan melihatnya di internet atau carilah informasi mengenai keberadaan mereka dengan bertanya pada orang-orang sekitar. Dengan begitu, akan lebih mudah jika diperlukan bantuan evakuasi yang lebih major saat banjir tiba.

Pantau Informasi Agar Tetap Siaga

photo: Eric Nopanen

Agar terus siaga saat menghadapi banjir, penting untuk memantau informasi mengenai perkembangan dan pemberitaan saat banjir. Mendengarkan siaran televisi, radio atau kanal berita online bisa membuatmu tetap up date mengenai kabar terkini. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui tentang apa langkah selanjutnya untuk diambil.

photo cover & thumbnail: Jonathan Ford

oleh: Ayunda

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US