LakukanKebiasaaniniUntukMerawatSepticTank

November 08, 2019Qubicle
Ternyata, merawat septic tank bukan hal sepele dan kadang terlupakan oleh banyak orang.

Baru-baru ini warga Jakarta dikejutkan dengan kabar mengenai ledakan yang terjadi pada lubang septic tank. Bahkan, dikabarkan juga telah menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Bagaimana bisa? Tentu saja hal ini mengejutkan banyak pihak, mengingat sejauh ini sering luput dari perhatian banyak orang. Ternyata, merawat septic tank bukan hal sepele dan kadang masih terlupakan. Padahal jika tidak benar-benar diperhatikan, hal ini bisa membahayakan layaknya sillent killer. Untuk menghindarkan kita dari hal yang tidak diinginkan ternyata hal ini bisa dicegah tanpa harus menunggu berbahaya, misalnya dengan memberi perhatian lebih lewat kebiasaan sehari-hari. Berikut kami rangkum tipsnya di bawah ini. 

Biasakan Buang Sampah Pada Tempatnya 

Hal pertama yang paling sederhana untuk kamu lakukan dalam merawat septic tank adalah dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Alasannya, sampah yang dibuang ke dalam kloset dapat menyebabkan septic tank ikut tersumbat. Oleh karena itu, jauhkan kebiasaan buruk membuang tissue toilet bekas pakai maupun pembalut ke dalam lubang kloset kamu. Pastikan untuk menyediakan tempat sampah di dalam kamar mandimu dan selalu flush kloset setelah kamu selesai “ritual”.   

Manfaatkan Jasa Sedot WC 

photo: surya jaya jasa

Sudah bukan rahasia lagi kalau menyedot septic tank bukan perkara mudah. Di sinilah jasa sedot WC dibutuhkan untuk membantu merawat septic tank agar tetap terjaga. Kebanyakan orang tidak terlalu concern dengan hal ini, itu sebabnya mereka sangat jarang memanggil jasa sedot WC untuk membersihkan tinja yang sudah menumpuk pada septic tank. Oleh karena itu, pastikan kamu memanggil petugas setiap satu tahun sekali untuk menghindari tinja menumpuk, menjadi keras dan menjadikan WC-mu mampet. Pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu agar mendapatkan jasa sedot WC terbaik yang sudah professional untuk menghindari kejadian berbahaya.

Pahami Safety pada Septic Tank 

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan adalah dengan memahami keamanan septic tank. Misalnya dengan mencari tahu apa saja yang terdapat di dalamnya. Faktanya, gas metana yang ada pada lubang septic tank merupakan senyawa yang mudah terbakar. Karenanya, perlu ekstra hati-hati saat melakukan pengecekan pasca septic tank kamu selesai disedot. Hindari untuk meminta petugas penyedot kotoran untuk mengecek dengan memasukan api ke dalam lubang karena akan membahayakan diri seperti kasus yang sudah terjadi. Bila petugas tetap berinisiatif sendiri, kamu bisa mengingatkannya. Sebagai alternatif, kamu bisa meminta petugas untuk mengeceknya dengan senter atau mengukur kedalamannya dengan kayu.     

Ternyata tidak sulit kan untuk menjaga septic tank agar tetap terawat? Pastikan untuk memperhatikan setiap detilnya agar keselamatan kamu dan keluarga serta para petugas tetap aman. Jangan lupa untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baik dimulai dari diri sendiri untuk menjaga kebersihan WC. Selamat mencoba!

photo cover & thumbnail: Filios Sazeides

oleh: Ayunda

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US