LakukanKegiataniniSaatMatiListrik

August 05, 2019Qubicle
Jangan takut mati gaya saat mati listrik tiba, berikut inspirasi kegiatannya

Belum hilang dari ingatan betapa menyebalkannya mati listik yang terjadi secara masif dan berjam-jam pada hari Minggu, 4 Agustus 2019 kemarin. Tidak tanggung-tanggung, pemadaman terjadi lebih dari 6 jam di sekitar wilayah pulau Jawa dan Bali. Bahkan, ada juga wilayah yang padam hinggal 12 jam lebih. Kawasan Pondok Petir, Sawangan misalnya. Seorang warga mengaku mengalami pemadaman aliran listrik selama 19 jam sebelum akhirnya kembali padam dini hari. Saya sendiri sempat terjebak pada Minggu sore di stasiun Cisauk, Tangerang selama kurang lebih 3 jam karena layanan Commuter Line belum beroperasi. Bahkan untuk memesan layanan ojek online saja sangat sulit akibat sinyal lemah yang terus-menerus menghilang. Sangat menyedihkan, bukan?

Usut punya usut, PLN menyatakan pemadaman listrik terjadi pada transmisi SUTET 500 kV di Ungaran – Pemalang. Akibatnya, kejadian ini menyebabkan ketidakstabilan pada jaringan lainnya yang kemudian berdampak pada aliran listrik di sejumlah gardu induk. Sejak pukul 6 sore kemarin, beberapa wilayah memang sudah kembali teraliri daya dengan normal. Namun, tidak sedikit juga yang masih mengalami gangguan. Hingga kini, PLN pun masih mengupayakan normalisasi daya dengan melakukan pemadaman bergilir di beberapa wilayah. Lantas, apa yang harus kita lakukan jika pemadaman ini terjadi lagi? Jangan bersedih, berikut inspirasinya untuk dicoba.

photo by: Anna Dziubinska

Mengungsi ke Tempat yang Terang

Cara pertama yang bisa kamu lakukan biar nggak mati gaya adalah mengungsi ke tempat yang terang dan ada dayanya. Biasanya, beberapa tempat umum seperti mall dan hotel mempunyai genset yang dapat memasok listrik dalam kurun waktu tertentu. Kamu bisa menjadikannya tempat mengungsi selama pemadaman berlangsung. Pastikan juga kamu me-recharge device-device penting selama menungsi ke tempat ini agar ketika kembali ke rumah dan masih mati lampu juga sudah memiliki energi.

photo by: Nina Strehl

Berbincang dengan Tetangga

Kalu hari-hari biasa kita disibukkan dengan kegiatan masing-masing yang membuat jarang keluar rumah, ada baiknya saat mati listrik terjadi dimanfaatkan untuk berbincang dengan tetangga. Disaat-saat seperti ini, kemungkinan besar para tetangga yang gabut dan kepanasan juga memutuskan untuk keluar rumah. Jangan lewatkan kesempatan ini, kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk catch up bersama. Topik-topik terkini maupun sesimpel mengeluh soal komplek yang gelap bisa kalian bahas. Selain menyambung tali silaturahmi, kamu juga tidak akan merasa kesepian saat berbincang dengan tetangga.

photo by: Tran Mau Tri Tam

Bermain Bersama Binatang Peliharaan

Sudah bosan berbincang dengan tetangga? Sayangnya, kamu belum juga ngantuk dan akan sangat mati gaya jika harus pulang ke rumah. Tidak perlu sedih, kalau kamu punya hewan peliharaan kamu bisa meluangkan waktu untuk bermain dengan mereka. Kamu bisa main menggunakan objek seperti bola untuk anjingmu dan bulu bertangkai dengan kucingmu. Atau, kamu bisa quality time sambil menyayangi mereka dan menyisir bulu-bulu sampai kalian berdua tertidur. Cara ini juga akan sangat membantu bagi kalian yang tidak punya teman tidur dan sedikit parno saat mati listrik.

photo by: rawpixel

Bebenah Rumah

Saat mati listrik mungkin masih ada sedikit pencahayaan dari lilin yang kamu pasang di rumah. Untuk mengisi waktu, kamu bisa bebenah kecil-kecilan sambil menunggu ngantuk dan listrik menyala. Mulailah dari ruang lingkup yang lebih kecil, seperti kamarmu. Kamu bisa mengelap debu di meja rias atau membuang botol-botol bekas skincare dan mengumpulkannya ke dalam satu plastik yang sama. Atau, kalau punya kolong tempat tidur, kamu bisa mulai menyapu sambil menunggu listrik menyala.

photo by: JD Mason

Olahraga Ringan

Tidak sedikit yang merasa anxious saat mati listrik. Ruangan yang tiba-tiba menjadi gelap, pengap dan panas membuat kita berpikiran macam-macam. Apakah akan ada Demogorgon yang muncul dari bawah tanah? Atau Demodog yang tiba-tiba muncul dari kegelapan untuk mencokotmu? Tentu tidak, mungkin kamu perlu waktu untuk menenangkan pikiran. Ambil sisi positifnya, olahraga ringan seperti yoga atau meditasi akan lebih fokus jika dilakukan saat suasana gelap. Kamu bisa menyalakan lilin aromaterapi favoritmu sambil melakukan yoga. Atau, kamu juga bisa menyetel musik untuk bermeditasi sambil duduk dan mengatur napas selama pemadaman tiba. 

photo cover & thumbnail: Syd Wachs

oleh: Ayunda Sabrina

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US