Lomba17AgustusLegendarisFavoritParaWarga

August 14, 2019Qubicle
Lomba pada hari kemerdekaan Indonesia di 17 Agustus dipercaya dapat mempererat rasa persaudaraan dengan kerjasama dan kekompakan antar tim.

Hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke 74 sebentar lagi datang. Tentu banyak sekali yang bersiap-siap untuk memperingati hari yang penting ini dengan perayaan-perayaan seru. Salah satunya yang paling umum dilakukan adalah dengan lomba. Mengapa demikian? Lomba dipercaya dapat mempererat rasa persaudaraan dengan kerjasama dan kekompakan antar tim. Namun, banyak sekali pilihan lomba 17 Agustus sehingga membuat sebagian orang merasa bingung. Lantas, lomba apa yang kira-kira layak untuk dipertaruhkan saat 17 Agustus tiba? Berikut rangkumannya di bawah ini.

photo by: Bimo W.A.

Tarik Tambang

Tarik Tambang merupakan salah satu lomba 17 Agustus yang paling dijagokan. Layaknya pahlawan kita saat mengusir penjajah, lomba ini sangat mewakili kerjasama juga semangat juang antar tim. Pada Tarik Tambang biasanya terdapat dua tim dengan lebih dari 5 orang peserta pada masing-masing tim. Untuk memenangkan lomba ini, tempatkan temanmu yang punya kekuatan paling besar di ujung tambang belakang. Pastikan juga untuk melangkah mundur ke belakang saat menarik.

Balap Kelereng

Lomba 17 Agustus yang satu ini pasti mengingatkan akan kebersamaan di gang rumah pada masa lampau. Bagaimana tidak? Lomba yang tergolong legendaris ini dulu selalu menjadi semangat para warga saat memperingati hari kemerdekaan. Lomba ini bisa dimainkan dengan dua cara, yaitu tunggal dan estafet. Pada lomba tunggal, peserta cukup membawa kelereng dengan sendok di mulut sambil menuju garis finish. Peserta yang berhasil membawa kelereng tetap di atas sendok adalah pemenangnya. Sedangkan untuk lomba estafet memang agak sedikit sulit, karena peserta harus saling mengoper kelereng menggunakan sendok di mulut sampai tiba di garis finish.

photo by: WANITA.me

Balap Karung

Balap Karung adalah salah satu lomba 17 Agustus yang tidak kalah legendaris. Permainan tradisional ini memiliki makna yang sangat berarti. Lomba ini memiliki makna tentang para pekerja paksa pada zaman penjajahan Jepang yang terpaksa harus mengenakan karung goni sebagai pakaiannya karena distribusi pakaian diperlambat oleh para penjajah. Lewat lomba ini, semangat mereka kembali dikumandangakan untuk bersaing menuju garis finish di hari kemerdekaan Indonesia.

photo by: Kebaron Jaya

Lomba Makan Kerupuk

Berbicara soal lomba 17 Agustus, salah satu lomba legendaris yang paling menjadi favorit adalah lomba makan kerupuk. Di lomba ini peserta harus memakan kerupuk yang digantung sampai habis tanpa menggunakan tangan. Tentu saja lomba ini menjadi favorit para warga, terutama yang memiliki warung. Dengan lomba makan kerupuk, kita bisa membantu usaha toko kelontong yang perlahan redup akibat kehadiran minimarket yang menjamur.

Nah itu dia beberapa lomba 17 Agustus legendaris favorit para warga. Tentu tidak sulit bukan untuk mempersiapkan lomba-lomba ini? Ayo, kita lestarikan tradisi budaya kita dan jangan sampai mati!

photo thumbnail & cover by:  The Daily Californian

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US