MelihatWajahMudaCalonMenteriKabinetJokowi

October 21, 2019Qubicle
Berikut beberapa nama baru yang beredar akan masuk ke dalam deretan calon menteri kabinet Jokowi pada periode dua.

Tanggal 20 Oktober 2019 kemarin, Presiden Jokowi resmi dilantik untuk melanjutkan periode keduanya hingga 2024 yang kali ini didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Pasangan ini juga diharapkan dapat memberikan perubahan yang semakin baik lagi untuk Republik Indonesia. Salah satu yang menjadi sorotan adalah ditunjuknya wajah-wajah baru untuk bergabung menjadi menteri kabinet Jokowi. Meski belum pasti, beberapa nama dikabarkan telah diminta Presiden untuk ikut serta dalam membangun negara. Berikut sejumlah nama-nama baru yang beredar akan masuk ke dalam kabinet Jokowi pada periode ini.

Nadiem Makarim

photo: sepositif.com

Nama pertama yang paling hangat diperbincangkan mengenai kabarnya dalam menjadi calon menteri kabinet Jokowi adalah Nadiem Makarim. Bahkan, Nadiem dikabarkan mengundurkan diri dari Gojek, perusahaan Decacorn yang telah ia rintis selama kurang lebih sepuluh tahun yang lalu dan berhasil hingga merambah beberapa Negara di Tenggara. Nadiem dikabarkan akan menduduki posisi Menteri Ekonomi Digital pada periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi ini. Melihat background kuatnya bersama Gojek, nama Nadiem pun patut dipertimbangkan untuk bergabung dan membawa Indonesia kepada perubahan yang lebih baik lagi.

Yenny Wahid

photo: rmoljatim.com 

Sosok Yenny Wahid tentu sudah cukup familiar di kuping masyarakat karena merupakan Puteri kedua Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid. Sebelum menemani sang Ayah dan menjadi direktur Wahid Institute, Yenny pernah memulai karirnya menjadi wartawan pada surat kabar asal Australia yakni, The Sydney Morning Herald dan The Age. Ia juga pernah menjadi staf khusus bidang komunikasi Presiden SBY. Bukan hanya itu, Yenny juga pernah didepak dari partai politik yang diikutinya, yaitu PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) oleh ketua umum saat itu, Muhaimin Iskandar. Ia pun mendirikan partai PKB sendiri (Partai Kedaulatan Bangsa) dan menjadi ketua umumnya. Melihat sepak terjangnya sendiri, Yenny Wahid terlihat pas untuk ditunjuk menjadi calon menteri kabinet Jokowi di bidang sosial pada periode kedua.

AHY

photo: nasionaltempo

Tidak ketinggalan, nama AHY juga disebut-sebut untuk ikut menjadi calon menteri kabinet Jokowi perwakilan dari Partai Demokrat. Putra pertama Presiden ke-6 SBY ini memiliki karir dalam bidang militer hingga pangkat mayor sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri pada tahun 2016 lalu. Ia pun memulai karir politik pertamanya pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada 2017 bersama pasangan Wakil Gubernur Sylviana Murni. AHY sendiri diperkirakan akan mengisi posisi menteri pemuda dan olahraga.

Tsamara Amany

photo: hetanews.com

Sebelum namanya santer terdengar untuk mengisi posisi calon menteri kabinet Jokowi, Tsamara Amany adalah seorang staf magang Ahok saat menjabat menjadi Gurbernur DKI. Ia kemudian mengembangkan karirnya di bidang politik dengan bergabung bersama partai politik PSI dan menjadi ketua DPP. Walaupun PSI tidak lolos ke dalam parlemen pada pilpres kemarin, Presiden Jokowi tetap mempertimbangkan Tsamara Amany sebagai nama anak muda yang berprestasi dengan kapasistas kepemimpinan untuk bergabung dengan kabinetnya saat ini.

Wishnutama

photo: wowkeren.com

Nama Wishnutama tentu lebih dikenal berseliweran di layar kaca. Pria yang sebelumnya memulai karir di bidang pertelevisian ini ikut dipanggil Presiden Jokowi ke istana setelah pelantikan. Wishnutama dikenal melalui karirnya sebagai Kepala Divisi Produksi Trans TV tahun 2001 sebelum akhirnya terus berkembang hingga menjadi Direktur Utama Trans TV tahun 2008. Kemudian Wishnutama mendirikan stasiun televisinya sendiri di tahun 2013, yakni NET. Ia mulai dilirik bidang politik setelah berkontribusi sebagai Creative Director pada perhelatan Opening dan Closing Ceremony ASEAN Games 2018. Pada periode kedua ini, ia dikabarkan akan menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Itulah beberapa nama yang sedang cukup sering diperbincangkan untuk bergabung ke dalam calon kabinet Jokowi periode kedua. Walaupun nantinya masih akan ada wajah lama yang menghiasi kabinet, harapan kami sebagai warga negara tentunya tidak luput kesungguhan untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi.

photo cover & thumbnail: google.com

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US