MengenalPenyakitHepatitisAdanCaraPencegahannya

December 05, 2019Qubicle
Penyakit Hepatitis A yang memiliki gejala mirip flu biasa ini ternyata dapat dicegah dengan kebiasaan baik sehari-hari.

Baru-baru ini, warga Jakarta dan sekitarnya dihebohkan oleh pemberitaan ratusan siswa yang terjangkit penyakit Hepatitis A di sebuah sekolah di Depok. Tentu kabar ini membuat kita cukup waspada akan merebaknya wabah ini di lingkungan sekitar kita, mengingat tidak sedikit yang terdampak. Hepatitis A juga memiliki gejala yang kurang lebih cukup serupa dengan penyakin flu biasa yang meliputi tubuh terasa ngilu dan mual. Lalu, bagaimana caranya agar kita dapat mencegah terpapar penyakit ini? Simak ulasan berikut.

Biasakan Untuk Mencuci Tangan Hingga Bersih

Kalau kamu merupakan tipe orang yang lebih sering menggunakan fasilitas umum seperti toilet, sebaiknya lebih cermat lagi untuk memperhatikan kebersihan. Alasannya, beberapa jenis hepatitis dapat ditularkan melalui kotoran ke mulut. Itu sebabnya, perlu dibiasakan kebiasaan untuk mencuci tangan hingga bersih dengan sabun setelah selesai menggunakan toilet umum agar tangan sudah bersih saat akan makan. Tujuannya untuk membunuh bakteri dan virus hingga memperkecil kemungkinan kita dapat tertular oleh penyakit Hepatitis A tersebut. Agar lebih higienis lagi, kamu bisa membawa hand sanitizer untuk kebersihan ekstra. Pastikan untuk mencuci tanganmu dengan air bersih yang mengalir.

Biasakan Untuk Memasak Hingga Matang

Menurut investigasi yang dilakukan pada ratusan siswa di Depok, kebiasaan mereka adalah memakan lalapan. Pasalnya, masyarakat Depok masih mengadaptasi budaya Sunda yang menyertakan lalapan pada menu makanan mereka. Sebenarnya tidak salah mengkonsumsi sayuran mentah, karena tidak perlu diragukan lagi kebaikannya untuk tubuh. Namun, apa yang terjadi jika pencuciannya tidak bersih? Virus dan bakteri akan bertumbuh subur pada lalapanmu. Pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan matang untuk menghindari hal itu, atau membawa lalapanmu sendiri dari rumah yang sudah dicuci dengan bersih dan menyeluruh.

Batasi Berbagi Barang

Berbagi memang hal yang baik, tapi kalau kamu menjadi tertular penyakit Hepatitis A karena berbagi sesuatu yang personal, sebaiknya lebih selektif lagi dalam hal ini. Biasakan untuk menggunakan barangmu sendiri untuk menghindari penyakit ini, seperti membawa sikat gigi, pisau cukur dan perlengkapan medis lainnya untuk menghindarimu tertular. Tentu saja hal ini baik untuk menghindarkanmu terpapar cairan tubuh maupun darah dari para pasien yang ternyata terjangkit hepatitis.

Hindari Jajan Sembarangan

Umumnya, kebiasaan ini sudah tertanam pada benak sebagian orang yang masa kecilnya cukup terkontrol orang tua. Biasanya mereka selalu disertai bekal saat sekolah agar tidak jajan sembarangan. Adapun yang mendapatkan pengalamannya sendiri saat terkena suatu penyakit saat jajan sembarangan. Sebenarnya hal ini ada benarnya, mengingat penularan Hepatitis A juga melalui makanan. Pastikan kamu selalu memperhatikan kebersihan tempat jajanmu agar sehat selalu.

Lakukan Vaksinasi

Selain melakukan kebiasaan baik yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa melakukan vaksinasi sebagai bentuk pencegahan lainnya. Vaksinasi untuk Hepatitis A dapat dilakukan mulai usia 2-18 tahun sebanyak dua kali dalam jangka waktu 6-12 bulan. Walaupun vaksinasi ini tidak wajib di Indonesia, sangat dianjurkan untuk beberapa profesi yang berhubungan dengan kebersihan dan makanan agar menghindari penularan.

photo cover & thumbnail: Daan Stevens

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US