PerhatikanHaliniSebelumMengadopsiAnjing

November 21, 2019Qubicle
Mengadopsi memang jauh lebih baik daripada membeli, tapi apakah kamu sudah mempertimbangkan hal ini sebelum melakukannya?

Sudah bukan rahasia lagi kalau anjing merupakan hewan yang luar biasa. Banyak sekali orang-orang yang menganggap mereka sahabat, bahkan merasakan manfaat dari memeliharanya. Anjing sendiri merupakan salah satu hewan yang pintar dan memiliki kecerdasan lebih tinggi diatas rata-rata. Itu sebabnya tidak sedikit yang merasa ingin mengadopsinya. Mengadopsi memang jauh lebih baik daripada membeli, tapi apakah kamu sudah mempertimbangkan hal ini sebelum melakukannya?

Alasanmu Ingin Memelihara Anjing

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum memelihara anjing adalah apa alasannya. Kenapa kamu ingin memelihara anjing? Apakah untuk menjaga rumah? Atau menjadi sahabat untuk bermain bersama. Sebenarnya semua alasan itu sah-sah saja, selama kamu berkomitmen untuk menjaga dan menyayanginya sampai mereka tidak lucu lagi. Jangan sampai kamu hanya ingin mengadopsinya karena mereka lucu saja.

Jenis Anjing yang Akan Dipelihara

Selanjutnya, kamu perlu mencari tahu lebih jauh soal jenis anjing yang akan dipelihara. Sebagai contoh, alasanmu memelihara anjing karena butuh penjagaan lebih ketat lagi di rumah. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan breed anjing penjaga seperti Rottweiler atau jika sebagai family dog dan menemanimu, breed seperti French Bulldog bisa kamu coba untuk adopsi.

Pahami Karakter Anjing

Setelah mengetahui breed apa yang kira-kira sesuai untuk kamu adopsi, penting juga untuk memahami karakter anjing. Alasannya, tidak semua anjing punya karakter sama. Sebagai contoh, anjing breed besar seperti Golden Retriever belum tentu galak. Sebaliknya, Dachsund yang termasuk breed kecil ternyata jauh lebih violent. Pelajari lebih jauh mengenai karakter mereka dan jangan sampai salah adopsi lalu malah kamu terlantarkan begitu saja. Usahkan untuk mengadopsi mereka yang memang benar-benar punya personality cocok denganmu.

Riwayat dan Latar Belakang Anjing

Beberapa hal di atas sudah kamu pertimbangkan, lalu apalagi yang perlu kamu perhatikan sebelum memelihara anjing? Ya, riwayat dan latar belakang anjing adalah dua hal yang tidak kalah penting untuk kamu pertimbangkan. Coba tanyakan adakah penyakit yang diderita oleh anjing tersebut, atau apakah latar belakang anjing tersebut sebelum kamu adopsi tidak bahagia dan mempengaruhi karakternya? Tentu penting untuk diketahui karena jika tidak siap pasti akan menjadi tantangan yang cukup berat.

Apakah Kamu Siap Berkomitmen?

Hal terakhir yang perlu kamu tanyakan kepada diri sendiri sebelum memutuskan untuk mengadopsi anjing adalah, apakah kamu siap untuk berkomitmen? Memiliki anjing berarti kamu harus menyisihkan banyak waktu, tenaga dan juga finansial agar hidup mereka tetap sejahtera. Sebab mereka juga perlu diajarkan supaya tertib dan tidak merugikan orang lain. Disamping itu, kalau mereka tidak berkegiatan dengan positif bisa jadi output yang keluar malah merupakan hal negatif. Kamu juga perlu menyisihkan sejumlah budget untuk pos finansial mereka, misalnya untuk makanan, kesehatan dan perlengkapan sehari-hari.

Itulah beberapa hal penting yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mengadopsi anjing. Perlu diingat mereka juga mahluk hidup yang membutuhkan perhatian dan kegiatan. Selain itu, bagi mereka kamu adalah seluruh hidupnya. Jadi, perlu totalitas dan tanggung jawab untuk memeliharanya.

photo cover & thumbnail: ipet photo

oleh: Ayunda


Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US