SudahTahuApaSajaLaranganSaatDemo?

September 26, 2019Qubicle
Sebenarnya menyampaikan pendapat tidak dilarang, terlebih di negara demokrasi. Tapi, ada larangan saat demo yang perlu dipatuhi.

Demonstrasi merupakan sebuah kegiatan yang menyuarakan pendapat secara massive. Biasanya dilakukan dalam kurun waktu tertentu dan dengan jumlah orang yang banyak. Sebenarnya menyampaikan pendapat dengan demonstrasi tidak dilarang. Terlebih jika hidup di negara demokrasi, dimana itu merupakan hak sebagai seorang warga negara. Tapi ternyata ada beberapa peraturan yang harus diikuti untuk bisa berpendapat dengan baik. Tentu saja ada larangan saat demo yang perlu dipatuhi dan mungkin selama ini belum diketahui oleh banyak orang. Kira-kira apa saja larangan tersebut? Simak ulasan berikut!

Membawa Hewan

photo: Camilo Arango 

Pernah melihat seseorang membawa babi saat demo? Atau membawa anjing peliharaan mereka turun ke jalan? Ternyata hal itu masuk ke dalam larangan saat demo. Alasannya, Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Hewan-hewan ini nantinya ditakutkan akan membahayakan para pengguna jalan dan mengganggu ketertiban umum. Selain itu, jika dilihat dari sisi hewannya sendiri, keselamatan mereka juga bisa terancam. Terlebih suasana demonstrasi tidak tertebak, dikhawatirkan hewan tersebut ikut menerima kekerasan.

Demo Tanpa Pemberitahuan Tertulis

photo: Aaron Burden

Penyampaian pendapat yang dilakukan tanpa pemberitahuan secara tertulis kepada pihak kepolisian ternyata tidak diperbolehkan. Pemimpin, penanggung jawab kelompok, atau perwakilannya harus menyampaikan pemberitahuan tersebut kepada Polri setempat secara tertulis, paling tidak pemberitahuan diterima 3x24 jam sebelum kegiatan dimulai.

Menyatakan Permusuhan dan Kebencian

photo: golegal.co.za

Pasti kita sering mendengar orasi-orasi dan yel pedas yang dikumandangkan oleh para demonstran. Ternyata menurut peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2019, menyatakan permusuhan, kebencian dan penghinaan merupakan larangan saat demo. Misalnya menghina agama tertentu, menyiarkan kebencian dan penghinaan terhadap golongan tertentu, atau menghasut untuk melakukan kekerasan hingga perbuatan pidana.

Membawa Benda-Benda Berbahaya

photo: Till Kraus

Sampai saat ini masih banyak peserta demo yang melanggar aturan dengan membawa benda-benda berbahaya yang bersifat menyerang. Rupanya hal ini sudah diatur dalam larangan saat demo untuk tidak membawa benda-benda berbahaya yang dapat menimbulkan ledakan dan mencelakakan jiwa atau barang.

Menyampaikan pendapat di muka umum memang boleh, dan itu merupakan hak kita sebagai warga negara. Terlebih jika ditujukan untuk memberikan kritik dan mengarahkan kepada perubahan yang lebih baik. Tapi, harus selalu ingat jika ada beberapa peraturan dan larangan saat demo yang perlu dipatuhi. Jika melanggar, sanksinya sendiri adalah pembubaran aksi bahkan pidana.    

photo cover & thumbnail: Monica Melton

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US