TipsAmanBerkendaraIniDapatMenghindariKecelakaan

September 04, 2019Qubicle
Sudah tahu tips aman berkendara apa saja untuk menghindari kecelakaan?

Diberitakan beberapa hari yang lalu terjadi kecelakaan beruntun yang mengakibatkan korban jiwa di ruas jalan tol Cipularang, tepatnya di KM 91-92. Penyebabnya diduga sebuah truk terguling lalu mengakibatkan kendaraan lainnya ikut terdampak dan kemudian mengalami tabrakan beruntun. Namun, apakah kejadian serupa bisa diantisipasi? Tentu saja bisa, salah satunya adalah dengan selalu memahami tips aman berkendara. Bila belum paham, berikut kami jabarkan tipsnya untuk menghindari kejadian serupa.

Cek Kondisi Kendaraan

photo by: Marc Steenbeke

Sudah bukan rahasia lagi jika kecelakaan yang terjadi di jalanan biasanya diakibatkan karena kondisi kendaraan yang kurang prima. Entah itu rem blong, ban yang tidak terisi penuh sehingga membuat kendaraan oleng dan lain-lain. Bukan tidak mungkin hal ini terjadi kepada kita jika tidak membiasakan diri untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum bepergian. Hal ini tentu dapat merugikan orang lain dan diri sendiri. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu melakukan tips aman berkendara yang satu ini, terlebih sebelum melakukan perjalanan jauh.

Fokus Saat Menyetir

photo by: Art Markiv

Mungkin menyetel track dari band kesukaan bisa membuatmu merasa bersemangat saat menyetir. Tapi, jangan sampai hal ini memecah fokusmu saat seharusnya tetap berkonsentrasi dengan jalanan dan kendaraan lain. Tips aman berkendara yang tidak kalah penting adalah memastikan dirimu untuk selalu fokus saat menyetir. Usahakan untuk headbanging secukupnya, jangan sampai terlalu asyik kemudian menyundul bumper kendaraan di depanmu. Atau mungkin hilang kontrol saat menerima telepon dari pacar yang mengajak berdebat. Coba untuk tetap fokus saat menyetir agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan untuk terjadi.

Selalu Patuhi Peraturan

photo by: John Gibbons

Tips aman berkendara selanjutnya sangat penting untuk dipatuhi, yaitu selalu menaat peraturan. Terkadang di beberapa KM jalan tol ada beberapa rambu yang harus diikuti oleh pengendara, misalnya memacu kendaraan hingga kecepatan tertentu saja hingga harus berhati-hati karena jalanan di depan akan berkelok. Jangan menantang maut, pastikan untuk selalu mematuhi peraturan berkendara agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sabuk pengaman untuk memperkecil kemungkinan-kemungkinan terburuk.

Pastikan Tubuh Cukup Prima

photo by: Avel Chuklanov

Tantangan terbesar saat berkendara di jalan tol yang paling besar umumnya adalah kantuk, terlebih jika perjalanan panjang dengan medan yang berbeda-beda. Bukan hanya itu, seseorang yang dituntut untuk mobile kadang kurang tidur dan tidak prima jika diharuskan berkendara, apalagi dengan jarak yang jauh. Untuk itu, pastikan kamu selalu mengajak co-pilot dalam berkendara yang juga bisa menggantikan kamu saat tubuh kurang fit atau kantuk menyerang. Bukan tidak mungkin, hal se-simple itu dapat berdampak negatif cukup besar jika terus diabaikan.

Atur Emosi

photo by: Tarutoa

Ada truk super besar yang tiba-tiba menyelip dan ugal-ugalan? Atau mobil keluarga yang kecepatannya super lamban padahal jalan di depan kosong melompong? Hati-hati, jangan biarkan emosi mengambil alih setirmu lalu kemudian kehilangan kontrol, karena hal ini akan membahayakan diri kamu dan orang lain. Cobalah untuk menghindari para pengendara aneh seperti itu dan tidak panik. Jika ada kesempatan, kamu bisa menyalipnya untuk menjauhi gangguan itu. Jangan lupa untuk selalu memanjatkan do’a sesuai kepercayaanmu agar perjalanan selalu dilancarkan dan dijauhkan dari hal-hal tidak terduga, hati-hati di jalan!

photo cover & thumbnail: Xan Griffin

oleh: Ayunda Sabrina

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US