TipsBelanjaHematOnlineKebutuhanSehari-hari

September 27, 2019Qubicle
Agar tidak menghamburkan uang dan sangat boros, kami punya tips belanja hemat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Semua pasti setuju kalau belanja adalah kegiatan yang menyenangkan. Memilih barang dengan fungsi yang berbeda dan kelebihan tertentu menjadi terapi tersendiri, terlebih untuk para pencinta shopping. Walaupun ada bermacam-macam tipe belanja, semuanya sama-sama mengasyikkan untuk menghabiskan waktu. Salah satu tipe belanja yang paling umum dilakukan adalah belanja kebutuhan sehari-hari. Hampir setiap bulan, bahkan minggu seseorang meluangkan waktunya untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Namun, jika tidak dilakukan secara cermat, kegiatan belanja ini malah menjadi bumerang untuk menghamburkan uang dan sangat boros. Jangan khawatir, di bawah ini kami punya tips belanja hemat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tentukan Budget yang Akan Digunakan

Photo: pexels.com

Tips belanja hemat pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyiapkan sejumlah budget yang akan digunakan. Menyisihkan budget belanja juga tidak bisa asal saja, kamu harus bisa membuat pembukuan secara sederhana terlebih dahulu. Mulai dengan mencatat pengeluaran per bulan dan ketahui berapa jumlah keperluan yang harus kamu keluarkan. Sisihkan nominal tertentu yang kamu dapatkan dari pemasukan bulanan, misalnya sebanyak 10%. Jangan lupa untuk disiplin kepada diri sendiri agar tetap fokus pada pengeluaran tersebut, sehingga tidak perlu menarik anggaran berlebihan dari pos lain.

Cek Pasokan Bahan-bahan Di Rumah

photo: google.com

Selanjutnya, tips belanja hemat yang bisa dilakukan adalah rutin mengecek stok kebutuhan di rumah. Tujuannya untuk mengetahui barang apa saja yang harus dibeli, karena terkadang kebutuhan sehari-hari masih banyak tersisa jika dari belanja sebulan lalu. Jika kondisinya masih layak pakai, kamu tidak perlu membelinya lagi. Hal ini bertujuan untuk menghindari penimbunan berlebihan dari barang yang tidak terpakai hingga expired date tiba dan malah terbuang. Oleh karena itu, cek lagi pasokan kebutuhan sehari-hari di rumah kamu sebelum berbelanja. 

Buat Daftar Belanja

photo: unsplash.com

Setelah mengetahui apa saja yang perlu dibeli, tips belanja hemat lainnya yang tidak kalah penting adalah membuat daftar belanja. Terkadang yang membuat boros adalah tergiur untuk membeli produk apa saja tanpa tau fungsi yang sesungguhnya. Tapi, ternyata itulah salah satu penyebab yang membuatmu boros. Pastikan untuk membuat daftar belanja untuk mengerucutkan kebutuhan apa saja yang perlu dibeli. Jangan sampai memilih sesuatu karena bungkusnya lucu atau bintang iklannya adalah artis favoritmu tapi tidak sesuai dengan budget yang sudah ditentukan dan kebutuhan. 

Pilih Tempat Belanja yang Tepat

photo: pxhere.com

Memilih tempat belanja juga merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam tips belanja hemat. Sebagai contoh, jika kamu tidak terbiasa tawar-menawar pasti berbelanja di pasar menjadi sebuah tugas yang memberatkan. Kalau merasa tidak nyaman dengan tempat belanja yang dikunjungi, alhasil daftar belanja yang sebelumnya sudah dibuat pun malah menjadi tidak terpenuhi. Tidak harus di pasar, kalau butuh kemudahan lebih dalam berbelanja, memilih supermarket juga bisa menjadi opsi yang tepat. Selain itu, saat ini juga banyak platform online yang menyediakan layanan berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan cara yang lebih mudah. Cukup memanfaatkan aplikasi untuk langsung berbelanja kalau tidak sempat datang langsung ke tempatnya.

Manfaatkan Promo dan Diskon

photo: Shopee

Memanfaatkan promo dan diskon juga bisa menjadi salah satu tips hemat belanja kebutuhan sehari-hari yang akan membantu kamu. Terlebih jika kamu merupakan orang yang cukup concern dengan pengeluaran, tentu hal ini akan menjadi solusi setiap bulannya. Misalnya mengikuti Shopee 10.10 Brands Festival untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan lebih mudah dan hemat. Kamu juga bisa mendapatkan promo menarik mulai dari gratis ongkir dengan minimal belanja Rp 0,- hingga cashback besar-besaran! Yang pasti kamu bisa berhemat lebih banyak lagi dengan menyimpan budget belanja yang lebih untuk keperluan lainnya. Happy Shopping!

photo cover & thumbnail:  thehealthy.com


Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US