TipsJituMenghadapiAnjingAgresif

September 09, 2019Qubicle
Apa yang harus dilakukan kalau kita bertemu dengan anjing agresif?

Bagi pecinta anjing, mereka memang merupakan hewan yang menggemaskan. Sifatnya yang ceria dan menghibur seringkali menyentuh hati. Tidak heran hewan ini sering disebut sebagai sahabat manusia. Namun, tidak jarang juga ditemukan anjing yang sifatnya agresif. Pastinya jadi menakutkan dan terasa mengancam. Hal ini juga yang membuat anjing menjadi phobia banyak orang, terlebih bagi mereka yang punya pengalaman kurang mengenakkan dengan mamalia ini. Lalu, apa yang harus dilakukan kalau kita bertemu dengan anjing agresif? Untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan, coba lakukan langkah di bawah ini.

Usahakan Untuk Tetap Tenang

Sangat dimengerti kalau kamu panik dan merasa terancam saat bertemu dengan anjing agresif. Tapi, kalau kamu panik dan menunjukkan rasa takut mereka pasti akan tambah dominan. Kesempatan untuk melukaimu dan kemungkinan mereka untuk bertambah agresif pun semakin besar. Untuk itu, pastikan untuk mengendalikan rasa takutmu dan usahakan untuk tenang. Jangan lupa untuk mengontrol pernapasanmu dan tetap berpikir positif.

Pastikan Tidak Ada Eye Contact

Untuk urusan bahasa tubuh, anjing terbilang sensitif akan hal itu. Salah satu hal yang paling terlarang saat bertemu anjing agresif adalah menghindari eye contact. Alasannya, eye contact merupakan kegiatan yang menantang bagi mereka, apalagi saat tempramen mereka sedang tidak terkontrol, eye contact bisa jadi sebuah tantangan untuk mereka. Pastikan untuk memalingkan tubuhmu ke samping dan menghindari eye contact. Jangan lupa untuk melakukan gerakannya secara perlahan agar mereka tidak menganggapmu ancaman. Dengan begitu, posisimu akan jauh lebih netral.

Hindari Untuk Berlari

Hal yang akan dilakukan ketika ada ancaman tentu menghindarinya, kan? Begitu juga saat ada anjing agresif, pasti inginnya segera berlari. Tunggu dulu, kamu malah akan membahayakan dirimu sendiri. Secara natural, anjing memang diciptakan untuk berburu dan memangsa. Kalau kamu melakukan gerakan secara tiba-tiba, kamu akan dianggap mangsa mereka yang berencana untuk segera kabur. Oleh karena, itu pastikan untuk tenang, hindari eye contact dan jangan berlari.

Buat Distraksi

Jika anjing agresif ini terus mendekati dan mengancammu, mungkin saatnya kamu bersiap-siap untuk berlari. Tapi, jangan langsung melakukannya. Seperti langkah sebelumnya, kamu perlu tenang dan jangan membuat gerakan secara tiba-tiba. Kalau perlu, buat distraksi seperti melempar sesuatu yang mereka akan suka, seperti sendal, bola atau apapun yang ada di dekatmu jauh-jauh. Setelah mereka terdistraksi, baru rencanakan untuk pergi perlahan. Jangan lupa untuk tetap percaya diri dan berpikiran positif karena mereka bisa merasakannya.

Lindungi Bagian Vital Tubuh

Lalu, apa yang harus dilakukan kalau si anjing agresif ini semakin dekat dan mulai akan menyerangmu? Pastinya kamu harus melindungi diri, kan. Lindungi bagian vital seperti kepala dan leher. Usahakan untuk meminta pertolongan dan bersabar hingga ada kesempatan untuk melawan. Jangan sungkan untuk menyerang balik jika keadaan sudah mendesak dan keselamatanmu terancam, ya!

Sebenarnya tidak ada anjing yang nakal atau galak. Memang beberapa anjing punya tempramen yang berbeda. Tapi, semuanya balik lagi bagaimana pemilik dalam mendidik dan bertanggung jawab terhadap mereka. Jika kamu sayang anjingmu, pastikan untuk mengajarinya hal yang baik untuk menghindari agresi. Jadilah pemimpin yang baik dan jangan biarkan sahabatmu dibenci orang karena menjadi anjing agresif.    

photo cover & thumbnail: @worldsbetweenlines

oleh: Ayunda Sabrina

Like what you read? Give Qubicle your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle

    Find latest news and top stories updates from across the world.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US