10 Chunky Sneakers Paling Hits Saat Ini

Tren selalu berputar. Setelah beberapa tahun sneakers warna putih yang clean dan simpel menguasai, kini saatnya sneakers bergaya sebaliknya yang jadi sorotan. Chunky sneakers, sebagian juga menyebutnya ugly sneakers atau dad sneakers, kini tampak terlihat di mana-mana dan menjadi salah satu tren fashion terbesar tahun ini.

Sepatu dengan bentuk yang sangat besar, kaku dan bersol tebal ini memang sekilas tidak wearable, tapi nyatanya arusnya tak bisa dihentikan. Mulai dari Bella Hadid hingga Kendall Jenner, high fashion brand seperti Balenciaga dan Louis Vuitton hingga label sneakers favoritmu seperti Nike dan Adidas, semuanya berlomba menghadirkan chunky sneakers ini.

Tertarik bernostalgia menjadi Sporty Spice di tahun 1995? Simak 10 deretan chunky sneakers pilihan Qubicle di bawah ini!


1. Balenciaga Triple S

Balenciaga Triple S. (Foto: dok. istimewa)

Kamu tidak bisa berbicara tentang chunky sneakers tanpa menyebutkan Balenciaga. Rumah mode asal Spanyol ini telah mengeluarkan banyak produk unik yang jadi perbincangan beberapa musim belakangan dan Triple S adalah pemenangnya. Produk ini terinspirasi oleh orthotic footwear dan sepatu-sepatu yang dikenakan oleh para turis.


2. Fila Disruptor 2

Fila Disruptor. (Foto: dok. istimewa)

Putih dan besar. Tampilan Fila Disruptor ini sangat mendeskripsikan term “dad sneakers”. Aslinya didesain tahun 90-an namun kini hadir kembali dengan bahan kulit premium dan EVA foam yang sangat ringan.


3. Puma Thunder Electric

Puma Thunder Electric. (Foto: dok. istimewa)

Terinspirasi dari Cell System running sneakers tahun 90-an, Puma Thunder Electric adalah salah satu chunky sneakers terlaris saat ini. Gaya color-block dan perpaduan beragam material menjadi ciri khasnya.


4. Reebok Insta Pump Fury

Reebok Insta Pump Fury. (Foto: dok. istimewa)

Meski teknik Pump cushioning system telah diciptakan brand asal Inggris ini pada tahun 1994, namun Reebok Insta Pump Fury terbilang cukup stylish dan modern.


5. Raf Simons X Adidas Ozweego III

Raf Simons X Adidas Ozweego. (Foto: dok. istimewa)

Raf Simons X Adidas Ozweego pertama kali muncul tahun 2013, jauh sebelum Balenciaga Triple S yang disebut-sebut sebagai pionir tren chunky sneakers ini. Sebuah bukti bahwa sebuah desain bisa saja tidak langsung diterima atau langsung menjadi tren.


6. Dior Homme B22

Dior Homme Dad B22. (Foto: dok. istimewa)

Diciptakan dengan craftsmanship berkualitas tinggi, detail mengagumkan dan sentuhan warna neon, sneakers ini telah menjadi favorit para selebriti mulai dari rapper Big Sean hingga model Bella Hadid.


7. Nike Air Max 95

Nike Air Max 95. (Foto: dok. istimewa)

Jika ingin mengikuti tren chunky sneakers tanpa berusaha terlalu keras, Nike Air Max ini dapat menjadi pilihan tepat karena harganya terjangkau dan mudah didapat. Sneakers ini pertama kali hadir tahun 1995 dengan teknologi visible air. Kini kembali lagi dengan desain yang lebih sleek dan cushion tambahan untuk kaki yang lebih nyaman.


8. Valentino Bounce Runner

Valentino Bounce Runner. (Foto: dok. istimewa)

Rumah mode asal Italia ini ikut terjun ke dunia chunky sneakers, namun membuat yang spesifik untuk berlari. Perpaduan warna yang kontras membuat sepatu ini mudah jadi pusat perhatian.


9. Louis Vuitton Archlight

Louis Vuitton Archlight. (Foto: dok. istimewa)

Terinspirasi dari sepatu basket 90-an yang digabungkan dengan unsur futuristik, sepatu ini telah mencuri hati banyak pesohor mulai dari Jaden Smith hingga blogger Aimee Song. Seluruh desain dianggap mewakili ketertarikan sang desainer, Nicolas Ghesquière terhadap hal-hal berbau sci-fi seperti Stranger Things dan Starwars.


10. Chanel Trainers

Chanel Trainers. (Foto: dok. istimewa)

Sepatu keluaran Spring/Summer 2018 ini memiliki sentuhan warna-warna cerah seperti oranye dan pink yang mewakili musim panas. Materialnya terbuat dari kulit sapi dan kulit domba terbaik yang dihargai Rp.13.000.000 untuk low top dan sekitar Rp.16.000.000 untuk high top.


Penulis: Poppy Septia