10FilmAnimasiDisneyTerbaikdalam30TahunTerakhir

December 06, 2018Qubicle Film and TV
Dalam rangka merayakan hari ulang tahun Walt Disney, kami menderetkan 10 film animasi Disney terbaik yang dirilis sekitar 30 tahun terakhir.

Setiap tanggal 5 Desember kita merayakan ulang tahun dari pionir industri animasi yang paling berpengaruh di dunia, Walt Disney. Dari masa ke masa, karya Walt Disney selalu mewarnai masa pertumbuhan setiap generasi.

Kami sepenuhnya sadar bahwa membuat peringkat film animasi Disney bukan hal yang bisa dilakukan dengan sembarangan. Oleh karena itu, artikel ini hanya akan membahas film animasi Disney yang dirilis dalam rentang tahun sekitar 30 tahun terakhir, atau mungkin tepatnya film animasi Disney yang kebanyakan dari Anda sempat saksikan semasa tumbuh. Berikut deretannya!

10. Tarzan (1999)

Tarzan bertemu dengan Jane di hutan Afrika ketika Jane tengah datang bersama ayahnya yang merupakan seorang penjelajah. Jane mengenal kehidupan Tarzan, seorang anak manusia yang besar di hutan bersama kawanan gorila dan hewan-hewan lainnya. Konflik datang ketika Clayton, seorang pemburu sekaligus pemandu penjelajahan Jane dan ayahnya, menyerang dan berusaha untuk mengeksploitasi kawanan gorila. Setelah konflik berakhir, Tarzan menetap di hutan bersama Jane untuk memimpin kawanan gorila yang kehilangan pemimpinnya, Kerchak, akibat konflik. Tarzan akan selamanya lekat di ingatan kita bersama lagu-lagu soundtrack karya Phil Collins.

(Foto: Bustle)

9. Zootopia (2016)

Zootopia menceritakan tentang persahabatan seorang kelinci aparat bernama Judy Hopps dan seekor rubah bernama Nick Wilde. Unik bagaimana film animasi Disney ini membuat seekor kelinci dan predatornya—rubah—bisa berteman dan bekerja sama mencapai suatu tujuan. Zootopia dipandang sebagai cermin dari iklim pemilu presiden yang berlangsung di AS pada tahun 2016. Dikutip dari Business Insider, sutradara Byron Howard menyatakan bahwa gagasan yang coba ia sampaikan lewat Zootopia adalah agar generasi yang mendatang dapat bekerja sama dan memahami satu sama lain terlepas dari adanya perbedaan.

(Foto: Bustle)

8. Hercules (1997)

Putra Zeus, Hercules, harus berhadapan dengan Hades yang mencoba mengooptasi Olympus. Konflik ini hadrus dihadapi Hercules di tengah upayanya untuk mendapatkan kekuatan dewa. Masalah yang dihadapi oleh Hercules semakin pelik ketika ia mengetahui bahwa pujaan hatinya, Megara, menjebak sang putra Zeus demi terpenuhnya permintaan yang ia ajukan kepada Hades. Lagu soundtrack “Go the Distance” dalam film Hercules menjadi salah satu soundtrack Disney yang paling digemari.

(Foto: The Great Movie Debates)

7. Ralph Breaks the Internet (2018)

Ralph Breaks the Internet merupakan cerita lanjutan dari kisah Wreck-it-Ralph yang dirilis pada tahun 2012. Selain memiliki jalan cerita serta animasi yang baik, film animasi Disney ini juga berangkat dari latar belakang dunia internet yang begitu lekat dengan kehidupan kita sekarang. Forbes melaporkan bahwa Ralph Breaks the Internet merupakan sekuel dari film animasi Disney yang memperoleh keuntungan terbesar.

(Foto: IMDB)

6. Lilo & Stitch (2002)

Lilo & Stitch termasuk salah satu film animasi Disney bertema fiksi ilmiah yang paling ikonik. Lilo bertemu dengan dengan seorang buronan luar angkasa yang kemudian ia beri nama Stitch. Animasi ini meleburkan elemen aksi ilmiah dengan latar kehidupan di Hawaii, menjadikannya terlihat begitu unik. Lilo & Stitch kita dekap erat dalam ingatan lewat salah satu kutipannya yang paling memorable, “’ohana means family”.

(Foto: Variety)

5. Aladdin (1992)

Aladdin mempertontonkan nuansa magis dari kota fiskional Agrabah. Film animasi Disney ini sarat akan nilai tentang menjadi diri sendiri. Keegoisan yang ditunjukkan oleh Aladdin pada awal cerita ia bayar di bagian akhir dengan mengajukan permintaan terakhir yang sangat mengharukan; membebaskan Genie. Aladdin kita kenal akrab lewat adegan di mana ia menunggang karpet terbang bersama Jasmine dan menyanyikan “A Whole New World”.

(Foto: The Hollywood Reporter)

4. Mulan (1998)

Mulan mungkin menjadi film animasi Disney yang memberontak anngapan bahwa seorang putri Disney tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri. Selain itu, Mulan juga menjadi salah satu putri Disney—selain Pocahontas (1995) dan Jasmine—yang merepresentasikan golongan ras selain kaukasoid. Mulan bercerita tentang seorang wanita yang menyamar sebagai laki-laki demi dapat bergabung dengan tentara dan membela dinastinya.

(Foto: Yahoo!)

3. Moana (2016)

Moana mengangkat kisah heroik seorang gadis asal kepulauan Pasifik. Ia melawan sekat-sekat sosial masyarakat untuk menyalamatkan sukunya. Bersama dengan Maui—suara diisi oleh Dwayne “The Rock” Johnson, Moana berusaha untuk mengembalikan batu yang merupakan hati dari Te Fiti, seorang dewi yang memberikan kehidupan dalam kisah Moana.

(Foto: London Bridge City)

2. Beauty and the Beast (1991)

Kemunculan tokoh Belle dalam Beauty and the Beast merupakan penanda awal dari “era baru” Disney princess; walau masih diangap sebagai bagian dari kelompok putri “konvensional”, ia menunjukkan tindakan berani yang rasanya mustahil ditunjukkan oleh Disney princesses sebelumnya. Beauty and the Beast juga mempertontonkan kemajuan aspek teknis yang dicapai oleh Disney, ia hadir dengan grafik yang lebih kaya juga kompleks.

(Foto: Disney Wiki)

1. The Lion King (1994)

The Lion King merupakan film animasi Disney yang mencapai keberhasilan komersial terbesar hingga saat ini. Selain keberhsilan komersialnya, The Lion King juga merupakan sebuah klasik yang menjembatani ragam usia penggemar film animasi Disney; ia disaksikan oleh penggemar dari masa sebelum maupun sesudah kemunculannya. The Lion King berfokus pada kisah putra mahkota Pride Lands, Simba, yang menghadapi konflik dari pihak-pihak yang mencoba merebut kedaulatan golongan monarki Pride Lands. Pertengahan tahun depan, The Lion King akan dibuat ulang dan dirilis dalam format live action.

(Foto: UNILAD)

Oleh: Adam Bagaskara

Like what you read? Give Qubicle Film and TV your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Film and TV

    All of the latest film and tv.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US