100 Kota 1 Bahasa: Suara dari Timur Indonesia

Tanggal 7 April 2018 lalu, gelaran dari Soundsation bertitel 100 Kota 1 Bahasa hadir di timur Indonesia, Makassar. Bertempat di Lapangan Hasanuddin, acara ini menampilkan line- up yang sangat seru untuk disimak, seperti Barasuara, Pusakata, dan Oom Leo berkaraoke. Selain deretan penampil utama tersebut, gelaran ini juga bisa dibilang merupakan ajang unjuk gigi bagi " Harta Karun" scene musik Makassar.

Ada lima band lokal Makassar yang terpilih untuk tampil yaitu, Synopsis Band, Iant Idea, Paradivya, Natinson, dan juga Big Deal. Melalui obrolan yang Tim Soundquarium lakukan dengan mereka, ternyata scene musik Makassar tidak kalah berkembang dengan scene musik kota lain. Mereka dengan yakin bisa membuktikan bahwa karya dari anak timur Indonesia tidak kalah menarik dibanding daerah lainnya. Hal itu juga diutarakan oleh Is, atau Pusakata, yang memang asli dari Makassar. “Banyak band atau musisi bagus di daerah Makassar, saya juga belum sempat mengenal mereka satu persatu, semoga bisa satu project dengan mereka”. 

Gelaran 100 Kota 1 Bahasa ini diharapkan bisa mengangkat potensi seniman dan musisi lokal yang tumbuh serta masih butuh banyak wadah untuk mengekspresikan karya mereka.