4 Karya Seniman Besar Dalam Major Scale

Tahun ini Go Ahead Challenge (GAC) punya sesuatu yang baru! Dimana kamu bisa melihat karya dari 4 kurator GAC yaitu Ade Darmawan, Ajeng Dewi Swastiari, Anton Ismael dan Iga Masardi di pameran A Space. Menurut Ale “Sebagai curator mereka adalah ahli di bidangnya masing-masing yang memiliki latar belakang keilmuan serta pengalaman yang amat luas. Selain itu, keempatnya juga merupakan individu yang visioner terhadap perkembangan kebudayaan serta memiliki pengaruh di dalam komunitas di sekitarnya.” Dan dengan adanya Major Scale ini, diharapkan para peserta Go Ahead Challenge bisa membawa perubahan di masyarakat dengan menggunakan pendekatan media yang sesuai.


Ade Darmawan, membawa 6 kanvas hasil cetak saring bentuk-bentuk mutasi mahluk hidup. Keseluruhannya merupakan kolase dari gambar temuan tentang hewan yang berkelompok dan beberapa jenis tumbuhan spora dan umbi-umbian. Karya ini merefleksikan perhatiannya mengenai sistem control patriaki kapitalis pada masyarakat modern yang bersifat sporadic sekaligus senang berkerumun.

Ajeng Swastiari, memamerkan 3 bola yang menggantung, yang merepresentasikan perjalanannya dalam dunia fashion. Bola pertama adalah perumpamaan waktu dan juga bentuk apresiasi melalui alat jahit serta kain-kain bekas. Bola kedua adalah sebuah titik balik, dimana kita hanya sekecil partikel debu di dunia yang besar. Sedangkan untuk bola ketiga merupakan kejadian setelah saya menemukan diri sendiri; menemukan sahabat; tak takut berkata pada dunia, bahwa saya bisa terlahir kembali dan bersih.

Anton Ismael, memamerkan ilustrasi yang mengingatkan kepada rumah. Dengan lukisan gunung dan pemandangan ini, ia mengajak kita untuk berani keluar rumah, yang merpakan sebuah batasan yang telah mencetak kita menjadi siapa diri kita sekarang.

Iga Massardi, instalasi dari 4 efek gitar dengan judul ‘Patahan’ yang jika dipencet akan mengeluarkan bunyi yang berbeda-beda. Ia ingin mengajak pengunjung untuk memodulasi, merusak, memodifikasi dan mendaur ulang bunyi lewat persepsi masing-masing.

So buat kamu yang penasaran seperti apa karya para kurator dan ingin melihat langsung karya-karya mereka, kamu bisa datang langsung ke Go Ahead Challenge di kota-kota seperti Samarinda, Lampung, Yogyakarta, Bandung dan akan berakhir di acara Artwarding Night di Jakarta.

Untuk info lebih lanjut kamu bisa langsung cek di goaheadpeople.id