4MieAyamEnakIniDijaminBikinKalianNgiler

December 07, 2018Qubicle Culinary
Ini empat mie ayam enak di sekitaran Jakarta yang topping-nya banyak dan harus banget kalian cicipin

Murah, enak, kenyang. Itu adalah tiga kata yang tepat buat mendeskripsikan mie ayam. Kapan pun dimakannya, mau pas sarapan, makan siang, atau makan malam, sah-sah saja! Beberapa mie ayam langganan kami justru jualannya di pinggir jalan. Tapi tetap enak kok, soalnya mienya sudah dibumbui dengan minyak ayam spesial. Sudah gitu, topping-nya banyak sampai bikin kenyang.

Nah kalo sudah ngomongin mie ayam, di Jakarta ada banyak kedai mie ayam lezat yang harus kalian cicipin. Mie ayam enak ini biasanya punya topping lebih dari satu. Jadi, kalian nggak cuma menemukan ayam cincang manis saja di atas piringnya karena ada juga topping enak lainnya. Gimana, mau nyoba mie ayam yang topping-nya banyak nggak? Kalo iya, mampir saja ke empat kedai mie ayam di bawah ini:

Mie Ayam Bakso Yunus, Tebet

Mie ayam Yunus, Tebet (Foto: Zaky Akbar)

Lokasinya yang sangat strategis bikin mie ayam enak ini hits dan cukup legendaris di kalangan pecinta kuliner Tebet. Salah satu kuliner wajib di Tebet pokoknya! Lokasinya ada di sebelah Pasar Tebet. Walau jualan bakso juga, tapi menurut para pelanggan, mie ayamnya yang jadi primadona. 

Di sini, tekstur mienya lurus halus. Sebelum disajikan, mie dicampur dengan minyak ayam, garam, dan bumbu penyedap. Setelah itu, diberi topping daging ayam cincang tanpa tulang yang sudah dimasak ala semur, sawi hijau, dan pangsit goreng. Nah, yang bikin mantap, bumbu topping ayamnya juga dituang ke mienya sehingga memperkuat rasa gurih di menu ini. Ayamnya lembut dan empuk. Kalau beruntung, kalian bakalan dapat bakso sapi yang tengahnya masih kemerahan. Kalau mau makan mie ayam enak yang satu ini, siap-siap antre ya.


Alamat: Jalan Tebet Barat Dalam VIII D, Tebet, Jakarta Selatan

Bakmi Babah Tong (BBT), Matraman

Mie ayam BBT (Foto: Qubicle)

Buat yang baru pertama kali mau coba, pasti sulit menemukan kedai ini karena lokasinya mungil dan eksteriornya mirip warteg. Kenapa begitu? Soalnya mie ayam enak ini sudah lama ada di Jakarta. Kalian jangan kaget ya kalau memasuki kedai ini langsung tercium wangi durian, karena memang selain mie ayamnya, kedai ini juga terkenal dengan es duriannya yang hits!

Mie ayam enak ini disajikan cukup penuh dalam mangkuk hijau. Mienya agak keriting berwarna kekuningan. Topping-nya ada ayam suwir dengan potongan jamur, sawi, bakso halus, dan pangsit rebus. Mienya cenderung agak kering, tapi ada kuah kaldu yang disajikan di mangkuk terpisah. Tiap topping punya rasa sendiri-sendiri. Ayam suwir dan potongan jamur yang manis, bakso yang garing, pangsit dengan isian ayam yang gurih, dan kulit ayam yang lembut. Mari bayangkan semangkuk kenikmatan dari mie ayam, lalu ditutup dengan es durian? Pasti mantap!

Alamat: Jalan Matraman Raya No.131, Palmeriam, Matraman, Jakarta Timur

Bakmi Alek, Meruya

Bakmi Alex, Meruya (Foto: jakartarandomeats)

Walaupun baru setahun lebih bakmi ini buka, tapi ramainya mengalahkan kedai mie biasa. Awalnya bakmi ini ramai dibicarakan di sosial media karena tampilannya yang mirip bakmi ala China, tapi tenang, bakmi di sini halal kok!

Beda sama mie ayam lain yang dikasih topping daging ayam cincang manis, di sini topping mienya pakai daging ayam kampung yang direbus, lalu disuwir-suwir. Mienya agak tebal dan keriting mirip bakmi China karena berwarna putih. Kuah kaldunya disajikan terpisah dengan bakminya. Kalau mie ayam lain pakai sawi, di sini sayurannya pakai daun selada. Ada pangsit goreng dan bakso goreng juga. Kalau ngomongin bakso gorengnya, harus cepet datang ke sini, karena si bakso goreng cepat habisnya! Bakso gorengnya sendiri berisi kulit ayam, jadi renyah di luar dan lembut di dalam.

Alamat: Jalan Meruya Ilir Raya, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat

Pangsit Mie & Lemper Ayam Spesial 168, Kelapa Gading

Mie ayam 168, Kelapa Gading (Foto: Qubicle)

Ini jadi salah satu mie ayam enak yang kami rekomendasikan banget nih buat kalian coba. Topping-nya banyak banget sampe mienya ketutupan! Mie Ayam di sini terkenal juga sama lemper ayamnya yang jumbo. Tapi kalau ditanya menu favorit? Tentu mie ayamnya. 

Mienya tipe keriting dengan deretan topping melimpah seperti ayam cincang, jamur, udang, dan kacang mede yang dikasih taburan daun bawang dan bawang goreng. Daging ayam cincangnya separuh mangkuk sendiri. Potongan jamurnya sangat besar dan kacang medenya memberi tekstur renyah yang unik. Topping-nya saja sudah memenuhi seluruh bagian atas mie. Mie ayam enak ini memang patut dicicipin.

Alamat: Jalan Gading Elok Raya Utara Blok FA2 No. 7, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara

Sebagai pecinta mie, kalian harus banget mencicipi empat mie ayam enak yang kami rekomendasikan di atas. Lokasinya deket kok, cuma di sekitaran Jakarta. Akhir pekan besok, bisalah mampir sebentar buat makan mie ayam, daripada penasaran kan? Selamat mencoba!


Oleh: Ainin Dita Z

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US