4TempatWisataMistisdiIndonesia

November 01, 2018Qubicle Travel
Wisata mistis bisa dikunjungi untuk traveling sambil menguji batasan nyali. Di balik keseremannya, ternyata ada kisah menarik di dalamnya

Negara kita Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya dengan legenda. Indonesia beri kita keindahan alam, keunikan budaya sejarah dan bahkan wisata-wisata yang semua bersentuhan dengan aroma mistis termasuk bangunan-bangunan tua saksi kolonialisme masa penjajahan.

Kalau bicara bangunan tua, kuburan dan kematian, seakan langsung membuat bulu kuduk kita berdiri. Namun demikian, bangunan tua maupun kuburan yang identik dengan kesan menyeramkan malahan bisa menjadi daya tarik wisata mistis yang diminati. Kali ini kami ingin mengajak untuk jalan-jalan mendatangi tempat wisata mistis di Indonesia.

Goa Londa

Deretan Tau-tau di atas pintu masuk Goa Londa (Foto: Qubicle)

Eksotis dan mistis jadi perpaduan kata yang sempurna untuk menggambarkan sebuah kuburan yang bernama Londa di Tana Toraja yang bisa dikatakan sebagai objek wisata mistis dalam goa yang berada di sebuah bukit. Di dalamnya terdapat peti mati, tulang-belulang dan tengkorak jenazah yang sudah berumur ratusan tahun.

Londa letaknya ada di Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Ketika sampai di sini, kami langsung melihat barisan patung kayu yang merupakan perlambangan jenazah yang dikuburkan di sana. Patung-patung tersebut dikenal dengan sebutan Tau-Tau. Di dalam goa tidak ada penerangan lampu sama sekali, sehingga kita sangat membutuhkan senter untuk bisa masuk ke dalam dan melihat bagaimana para jenazah orang Toraja disemayamkan. Biasanya di depan goa banyak masyarakat sekitar menyewakan lampu petromak dan menawarkan jasa untuk mengantar kita kedalam goa sekaligus menjelaskan sejarah tentang Londa.

Di salah satu sudut goa kita dapat melihat sepasang tengkorak yang dikenal dengan sebutan Romeo dan Juliet-nya Tana Toraja. Dari penuturan masyarakat lokal pada kami, Kedua pasangan tersebut bunuh diri dengan menggantungkan lehernya di pohon yang sama. Gara-garanya apalagi kalau bukan adanya sebuah cinta terlarang, keduanya masih dalam satu ikatan keluarga. Larangan tersebutlah yang akhirnya membuat mereka bunuh diri. Coba deh buat datang ke Londa Tana Toraja, di sini merupakan salah satu wisata mistis favorit di Indonesia.

Bori Parinding Kalimbuang

Batu-batu besar yang terletak di area belakang Bori Parinding Kalibuang (Foto: Qubicle)

Masih di Tana Toraja, Wisata mistis lainya adalah Bori Parinding Kalimbuang yang memiliki batu-batu zaman megalitik. Kalau kita melihat, batu-batu di sini tersusun rapi dan beraneka ragam ukuran seperti membawa kita kembali ke zaman purbakala. Batu-batu menhir ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari prosesi upacara kematian. Denger-denger, salah satu syarat untuk bisa menaruh batu menhir di Bori Parinding Kalibuang kita harus menyembelih 24 ekor kerbau sampai 100 kerbau, jumlah yang dikorbankan sesungguhnya tidak berdampak pada ukuran tinggi dan rendahnya batu menhir tersebut, karena sama saja nilainya menurut adat.

Tidak jauh dari berdirinya batu-batu menhir, kalau kita berjalan sedikit ke arah atas kita akan melihat deretan kuburan batu besar yang ditata secara manual hingga berlubang dan berbentuk balok. Di dalam lubang tersebutlah jenazah orang Toraja yang sudah meninggal disimpan, diberi penutup atau pintu dan ditandai dengan nisan beserta foto jenazah semasa hidupnya. Lubang-lubang batu tersebut tidak hanya untuk menyimpan satu jenazah saja tetapi bisa untuk beberapa keluarga dan bahkan untuk bisa memiliki lubang dibatu besar ini orang Toraja harus mengeluarkan uang hingga ratusan juta rupiah.

Desa Trunyan

Jajaran tengkorak yang di tumpuk di atas batu (Foto: Istimewa)

Nyebrang ke Pulau Dewata, Kita berangkat ke Desa Trunyan, Bali. Pemandangan tengkorak yang tersusun rapi di atas sebuah batu menjadi pemandangan yang lumrah saat kita menyusuri Desa Trunyan. Mirip seperti di Londa, jenazah hanya diletakkan di atas tanah dan dibiarkan begitu saja sehingga terkesan mistis dan menyeramkan. Namun yang menarik disini adalah kondisi jenazah tidak mengeluarkan bau yang menyengat, bahkan berganti dengan bau harum yang menyeruak disekitar area makam. Kata orang-orang di sini, bau busuk yang keluar dari tubuh jenazah diserap oleh pohon taru menyan yang berada ditengah perkuburan Trunyan ini.

Banyak hal unik lain dari wisata mistis di Desa Trunyan, salah satunya adalah aturan khusus tentang siapa yang boleh disemayamkan di sana. Hanya jenazah yang meninggal secara wajar dan pernah menikah yang boleh diletakkan di sini. Setelah menjadi tulang belulang jenazah akan dikumpulkan. Tulang badan, tangan dan kaki akan ditumpuk di samping pintu gerbang. Tengkorak dan kepala akan disusun di atas fondasi batu yang tersusun berjajar dengan rapi.

Kandang Menjangan

Kandang Menjangan di Yogyakarta (Foto: Istimewa)

Beralih ke Pulau Jawa, tepatnya ada di Yogyakarta. Kita akan menemukan sebuah tempat yang disebut sebagai Kandang Menjangan. Kandang Menjangan nama aslinya adalah Panggung Krapyak. Cuma, karena Panggung Krapyak ini awalnya digunakan sebagai tempat berburu raja-raja Kasultanan Yogyakarta, khususnya berburu kijang. Tempat ini lebih familiar dipanggil Kandang Menjangan. Kijang kalau dalam Bahasa Jawa berarti menjangan.

Kandang Menjangan dipercara masyarakat setempat menyimpan cerita mistis di dalamnya. Apalagi kalau malam tiba, suasana mencekam bisa kamu dapatkan dan cocok banget buat kamu jadikan wisata mistis sembari uji nyali.

Itulah beberapa tempat-tempat yang bisa dijadikan pilihan untuk mencoba wisata mistis. Walaupun penuh dengan kengerian, siapa tau kamu berminat buat datang dan nyoba ke sana sambil menguji nyali kamu di sana.


Oleh : Wahyu Prabowo 

Like what you read? Give Qubicle Travel your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Travel

    The ultimate place for reflective travel and adventure experience.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.ūüéČ
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US