5LangkahFaceContouringParipurnauntukPemula

August 06, 2018Qubicle Beauty
Sekarang kamu dapat mempelajari bagaimana cara melakukan teknik face contouring yang tepat agar sesuai dengan bentukan wajahmu!

Bagi para pecinta kosmetik, istilah face contouring mungkin terdengar tidak asing. Teknik memberikan ilusi bayangan pada wajah ini sebenarnya telah lama dikenal oleh para penggiat makeup, tapi popularitasnya memang baru meroket setelah diperkenalkan kembali oleh Kim Kardashian melalui jejaring sosial.

Nah, sekarang kamu dapat mempelajari bagaimana cara melakukan teknik face contouring yang tepat agar sesuai dengan bentukan wajahmu berdasarkan panduan Kurtis Dam-Mikkelsen, yang juga dikenal dengan nama Miss Fame dari RuPaul’s Drag Race dan makeup artist asal New York, Ashley Rebecca. Tenang saja, teknik ini mudah aplikasikan oleh amatir dan pro, kok. Cek dulu langkahnya di bawah ini supaya makeup look kamu tampak paripurna:

Langkah 1 : Kenali Bentuk Wajah

Kenali bentuk wajahmu sebelum melakukan teknik contouring. (Foto: Leoptique)

Menentukan bentuk wajah adalah langkah paling pertama dan penting ketika melakukan teknik face contouring. Bagi setiap bentuk wajah, ada sedikit perbedaan penempatan area contour. Ada enam bentuk wajah yakni bentuk lonjong (oblong), oval, bulat (round), kotak (rectangle), hati (heart), dan intan (diamond). Untuk membantumu menentukan bentuk wajah, cek gambar yang telah tersedia, ya.

Langkah 2: Aplikasikan Produk Contour

Teknik face contouring dapat dilakukan menggunakan foundation dan produk khusus contour berbasis krim atau bubuk. Kamu bisa memilih salah satu atau menggunakan ketiganya sekaligus sesuai dengan keinginanmu. Setelah melakukan langkah pertama, kamu bisa mengaplikasikan produk contour ini sesuai dengan tips Ashley Rebecca seperti yang dilansir dari Makeup.com berikut ini:

Bentuk Lonjong (Oblong) : Aplikasikan produk contour di area atas dahi, sisi luar hidung, dan tiap sisi garis rahang.

Bentuk Oval: Berikan dimensi dengan mengaplikasikan produk contour di bagian bawah tulang pipi agar fitur wajahmu nampak lebih menonjol.

Bentuk Bulat (Round): Aplikasikan produk contour di kedua sisi dahi, bagian bawah tulang pipi dan sepanjang tulang rahang.

Bentuk Kotak (Rectangle): Pulas produk contour di dahimu dan di bawah tulang pipi dengan sapuan kuas mengarah ke area dagu.

Bentuk Hati (Heart): Aplikasikan produk contour di kedua sisi dahi dekat dengan garis rambut, di bagian bawah tulang hingga area rongga pipimu.

Bentuk Intan (Diamond): Pulas produk contour di bagian paling bawah tulang pipi dengan sapuan kuas mengarah ke area dagu.

Langkah 3: Blend atau Baur Produk Sampai Merata

Inilah langkah yang paling mudah sekaligus penting! Baurkan seluruh produk yang telah kamu aplikasikan sesuai panduan di bagian sebelumnya hingga merata dengan warna kulit. Kamu bisa menggunakan kuas atau spons beauty blender. Pastikan tidak ada garis tegas yang nampak di wajah, ya!

Langkah 4: Tambahkan Highlighter

Berikutnya, bubuhi sedikit highlighter pada bagian wajah yang paling menonjol seperti tulang hidung, tulang pipi, puncak teratas dahi, area dagu, dan tulang alis. Kalau kamu merasa produk highlighter yang kamu bubuhi terlalu banyak, jangan panik. Baur semua kelebihan produk dengan spons beauty blender atau spons foundation yang kamu pakai sebelumnya.

Langkah 5: Tabur dengan Bedak

Yang terakhir, dengan menggunakan kuas besar, pulas wajah dengan bedak tabur. Pilihlah bedak tabur translucent (tanpa warna) untuk mengunci produk berbahan dasar krim yang telah kamu aplikasikan sebelumnya. Untuk produk contour berbahan bubuk, setelah kamu selesai merias wajah, semprotkan setting spray agar riasanmu tahan seharian.

Teknik face contouring sejatinya merupakan teknik riasan yang dapat membantumu menonjolkan fitur wajah secara alami. Dengan melakukan kelima langkah di atas dan tekun berlatih setiap hari, kamu pun bisa mendapatkan makeup look yang cantik alami ala Kim Kardashian serta selebriti papan atas lainnya! Yuk, cobain kelima langkah di atas dan ceritakan pengalamanmu menyempurnakan teknik face contouring ini di kolom komentar!


Penulis: MLR

Like what you read? Give Qubicle Beauty your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Qubicle Beauty

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US