5MaskapaiPenerbanganyangSajikanMakananTerbaik

December 08, 2018Qubicle Culinary
Selamat Hari Penerbangan Sipil Internasional, berikut adalah 5 maskapai penerbangan yang punya makanan terbaik.

Selamat Hari Penerbangan Sipil Internasional! Oh iya, buat kalian yang belum tahu atau kelupaan, kami mau mengingatkan kalo setiap tanggal 7 Desember itu ada peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional. Dilansir dari Un.org, tujuan peringatan hari tersebut untuk mendukung kesadaran global atas pentingnya penerbangan sipil internasional pada perkembangan sosial dan ekonomi negara-negara.

Ngomong-ngomong soal penerbangan, kami jadi kangen terbang keliling kota atau negara. Pas banget, sekarang sudah mau memasuki liburan akhir tahun. Buat kami, naik pesawat nggak cuma mempercepat waktu perjalanan, tapi juga membuat kami bisa merasakan makanan enak yang disajikan oleh maskapai penerbangan. Sebagai penumpang, kami dilayani bak raja dan ratu dengan sajian makanan terbaik.

Nah, untuk menghargai hidangan lezat yang disajikan di pesawat, konsultan asal Inggris yang menilai dan mengulas maskapai, SkyTrax pada tahun 2017 telah memilih lima maskapai yang punya sajian makanan terbaik. Maskapai itu antara lain:

1. Thai Airways

Maskapai asal Thailand ini berhasil menempati peringkat pertama dengan hidangan yang menunjukkan cita rasa lokal sebuah negara. Maskapai yang melayani 80 destinasi dengan 32 negara berbeda ini punya sajian makanan enak untuk kelas ekonomi. Tidak hanya menu khas Thailand yang diambil dari petani negara tersebut, ada juga makanan barat dan menu lain seperti nasi ayam kare, babi dengan kentang, udang, salmon, seafood, dan mie lengkap dengan selada, buah segar, serta roti. Semua menu tersebut berhasil menjadikan Thai Airways sebagai maskapai urutan pertama yang menyajikan makanan terbaik di kelas ekonomi.

Dilansir dari Telegraph.co.uk, koki asal Amerika Serikat keturunan China bernama Ken Hom turut memilih Thai Airways sebagai maskapai yang berhasil menyediakan makanan terbaik di udara. Salah satu menu terbaik yang ia dapatkan adalah mie dengan kaldu, cukup sederhana.

2. Turkish Airlines

Berasal dari Turki, maskapai yang memiliki 300 armada ini menjadi runner-up dalam kategori maskapai dengan makanan terbaik. Dilansir dari situs resmi Turksihairlines.com, maskapai yang berdiri sejak tahun 1933 ini bekerja sama dengan perusahaan katering Turkish DO & CO untuk menyajikan beberapa hidangan seperti roti lapis, makanan pembuka yang diberikan minyak zaitun, dan pencuci mulut untuk penumpang kelas ekonomi.

Menurut Luxurytravel.com, kalian juga bisa mendapatkan makanan pembuka seperti sapi panggang yang dibumbui dengan krim terong di maskapai terbaik Eropa ini. Sedangkan Liveandletsfly.boardingarea.com mengulas makanan barat yang ada di maskapai ini seperti roti lapis keju, pasta bolognaise, selada Yunani, kue ceri, dan anggur buatan Turki. Makanan standar seperti nasi ayam juga bisa kalian cicipi di Turkish Airlines.

3. Asiana Airlines

Dengan 78 destinasi internasional, maskapai ini menyajikan makanan khas Korea untuk para penumpangnya. Dilansir dari Flyasiana.com, penumpang bisa mendapatkan hidangan berupa nasi, daging, dan sayuran dengan nama yeongyang ssambap, juga potofu bossam yang terdiri dari babi, tahu, serta sayuran. Menu lain yang jadi favorit penumpang yaitu bibimbap yang terdiri dari nasi, telur, daging sapi, dan saus pedas. Walaupun tetap menyajikan makanan barat, cita rasa kuliner lokal yang ditonjolkan Asiana Airlines berhasil menempatkannya di peringkat ketiga.

4. Qatar Airways

Maskapai asal Qatar yang melayani 150 destinasi penerbangan ini juga melayani penumpangnya dengan makanan terbaik. Kalau kalian terbang dengan Qatar Airways, kalian akan disajikan selada dengan nama tabbouleh, sayuran kacang dan paprika bernama muhammara, saus Timur Tengah seperti hummus yang merupakan kombinasi dari kacang giling, roti, kare, serta camilan India bernama pakora. Selain menyajikan makanan terbaik, 99% alat makannya seperti piring, gelas, dan kotak dari maskapai ini juga bisa didaur ulang.

5. Japan Airlines

  Menu musiman di Japan Airlines (Foto: Jal.co.jp)  

Seperti nama depannya, maskapai yang memiliki nama lain JAL ini telah hadir sejak tahun 1951. Selain mendapatkan gelar kursi ekonomi terbaik, Japan Airlines juga menyajikan salah satu makanan terbaik di udara yang menempatkannya di posisi kelima. Makanannya dimasak oleh enam koki muda dari RED U-35 yaitu acara kompetisi kuliner terbesar di Jepang yang mencari koki berbakat.

Dilansir dari situs resminya, Jal.co.jp, hidangan yang disajikan untuk penumpang adalah makanan Jepang, Perancis, Italia, dan China. Maskapai yang menyajikan salah satu makanan terbaik ini juga bekerja sama dengan restoran lain seperti Soup Stock Tokyo untuk menyajikan menu sup. Lalu bekerja sama dengan kepala koki L’Effervescence bernama Shinobu Namae yang menghasilkan menu-menu spesial untuk penumpang yang terbang ke Hawaii, Amerika Serikat. Sebagai penumpangnya, kalian dapat menyantap sup miso, aneka jenis ikan, jamur shitake, dan nasi yang dilengkapi kacang edamame.

Maskapai Lainnya

Tentunya ada beberapa maskapai lain yang juga berhasil menyajikan makanan yang berkualitas. Seperti yang dilansir dari Cntraveler.com, LAN airlines dari Chile menyediakan menu Italia berupa lasagna, Virgin America menyediakan cemilan Spanyol dengan nama tapas, JetBlue menyediakan roti lapis dengan steak sirloin, Hawaiian Airlines menyajikan nasi, telur, dan daging burger dengan nama loco moco, Cathay Pacific memiliki nasi ayam kare Hong Kong, dan Austrian Airlines menyajikan schnitzel atau daging tepung. Menu-menu menarik tersebut juga patut dilirik.

Kalo kalian teliti lagi, maskapai-maskapai yang berhasil menduduki urutan lima besar dalam menyajikan makanan terbaik merupakan maskapai yang memiliki sajian makanan sesuai ciri khas negaranya. Pasti senang banget deh kalo kami bisa mencicipi semua makanan lezat dari lima maskapai itu.

Kalau kalian tertarik buat mencicipi makanannya, buruan atur jadwal liburan dan pesan pesawat dari maskapai itu ya!



Oleh: Bramantyo Indirawan

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Culinary

    Explore what happens behind the kitchen, what serves on the menu, and global F&B trends.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US