5PemilikMobilPertamadiIndonesia

May 13, 2016Qubicle Automotive

Tahukah Anda jika orang Indonesia termasuk pionir dalam hal kepemilikan mobil? Buktinya adalah pada tahun 1894 sudah ada orang Indonesia (saat itu masih bernama Hindia Belanda) yang memiliki Benz Phaeton, mobil pertama di dunia. Padahal mobil tersebut baru diproduksi oleh Carl Benz pada tahun 1886! Bahkan di Belanda yang notabene saat itu sedang menjajah Indonesia, Benz Phaeton baru ada pada tahun 1896.

Siapakah pemilik Benz Phaeton tersebut dan siapa saja pemilik mobil berikutnya? Berikut 5 pemilik mobil pertama di Hindia Belanda seperti dilansir situs kompasiana dan koleksimobil.

1. Sunan Pakubuwono X di Surakarta pada tahun 1894

Orang pertama yang memiliki mobil di Hindia Belanda adalah Sunan Pakubuwono X dari Surakarta pada tahun 1894. Mobilnya sendiri adalah Benz Phaeton yang mengusung mesin satu silinder, 2.0 liter dan bertenaga 5 hp.

2. Prof. Dr. W. Schrüffner di Medan pada tahun 1902

Pemilik mobil kedua sekaligus pemilik Benz berikutnya di Hindia Belanda adalah Prof Dr W Schrüffner di Medan pada tahun 1902. Benz ini bermesin dua silinder, berpendingin air, bertenaga 5 hp. Lampu depannya menggunakan sepasang lentera.

3. Raden Mas Arjo Tjondro di Brebes pada tahun 1904

Orang ketiga yang tercatat sebagai pemilik mobil di Hindia Belanda yaitu Bupati Brebes, Raden Mas Arjo Tjondro yang membeli sebuah Orient Backboard lansiran tahun 1904. Mobil satu silinder dengan tenaga 8 hp ini dilengkapi transmisi maju dan mundur, serta sistem penggerak roda berupa rantai.

4. Kanjeng Raden Sosrodiningrat di Surakarta pada tahun 1907

Berikutnya pada tahun 1907, Kanjeng Raden Sosrodiningrat yang masih keluarga raja Surakarta membeli sebuah mobil merk Daimler. Mobil bermesin empat silinder ini sama dengan kendaraan yang dipakai oleh Gubernur Jenderal (orang Belanda) di Batavia kala itu.

5. Haji Muhammad Usman Syah di Maluku pada tahun 1913

Last but not least, pemilik mobil berikutnya adalah Haji Muhammad Usman Syah yang adalah seorang Sultan Ternate pada tahun 1913. Sultan membeli mobilnya setelah merasakan nikmatnya perjalanan keliling Maluku di dalam mobil King Dick yang dikemudikan oleh seorang Belanda.

Boleh juga ya taste dan pilihan mobilnya kala itu?

Like what you read? Give Qubicle Automotive your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Automotive

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US