6FaktaUnikTentangVespayangPerluKamuTahu

September 08, 2016Qubicle Automotive

Sampai saat ini skuter bisa dibilang sebagai kendaraan yang dapat diandalkan untuk moda transportasi harian. Mudah dalam pengoperasian dan perawatan, memiliki kompartemen bagasi dan tidak mengotori alas kaki saat hujan menjadi beberapa kelebihan skuter. Bahkan, salah satu merek skuter tidak lagi hanya berfungsi sebagai alat transportasi, namun sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Skuter ini bernama Vespa.

Memperingati hari jadi Vespa ke-70 yang jatuh pada tahun 2016, tentu menarik untuk mengulik kembali beberapa fakta unik tentang skuter ikonik ini. Berikut ini 6 fakta unik tentang Vespa yang perlu kamu tahu.

Apa arti Vespa?

Vespa berarti ‘tawon’ dalam bahasa Italia. Enrico Piaggio (putra dari founder Piaggio) memberi nama ini setelah untuk pertama kalinya ia melihat purwarupa Vespa MP6. Bodi belakang yang membulat dan suara mesinnya yang mendengung membuat ia spontan berkomentar, “Sembra una Vespa,” (Ini terlihat seperti tawon).

Sejak kapan Vespa dianggap keren?

Meski Vespa berhasil terjual sebanyak 60.000 unit per tahun di tahun 1950, skuter ini baru dianggap keren pada tahun 1953, saat dimana Gregory Peck dan Audrey Hepburn mengendarai Vespa di film Roman Holiday. Film ini sukses mendongkrak penjualan Vespa hingga 100.000 unit di tahun berikutnya. Dan saat James Dean, John Wayne dan Marlon Brando terlihat berfoto di atas Vespa, makin kerenlah image skuter asal Italia ini.

Apa yang membedakan Vespa modern dengan klasik?

Perbedaan terbesar ada di bagian mesin, dimana Vespa modern mengadopsi dapur pacu empat tak yang tak lagi mengeluarkan bunyi dan asap seperti pendahulunya yang mengusung mesin dua tak. Selain itu kapasitas mesin Vespa modern juga telah meningkat drastis, bahkan ada yang hingga 300cc. Meski memiliki banyak perbedaan, satu hal yang tetap dipertahankan oleh Vespa adalah desainnya yang timeless.

Siapakah desainer Vespa?

Desain ikonik Vespa dirancang oleh seorang insinyur aeronautical bernama Corradino D’Ascanio yang kala itu menganggap sepeda motor secara umum tidak nyaman, kotor dan sulit mengganti roda saat ban kempis. Ia menemukan solusinya dengan mendesain Vespa menggunakan bodi tertutup, mekanisme penggerak tanpa rantai dan gigi di tangan agar pakaian serta kaki pengendara tetap bersih. Ia bahkan mendesain lengan ayun di roda depan untuk memudahkan pengendara dalam mengganti ban saat kempis. Kala itu, desain D’Ascanio merupakan terobosan yang cukup brilian.

Dimanakah Vespa dibuat?

Pabrik Vespa berada di Pontedera, Italia. Selain Vespa, ada enam merek lain yaitu Piaggio, Aprilia, Scarabeo, Derbi, Gilera dan Moto Guzzi yang diproduksi di Pontedera dimana semuanya dibawah naungan Piaggio. Seluruh Vespa yang dijual di pasar Eropa merupakan keluaran pabrik Pontedera, sementara varian yang dipasarkan di Asia adalah produk lansiran Vietnam dan pabrik Baramati di India.

Vespa apakah yang paling terkenal di dunia?

Bisa jadi jawabannya adalah Vespa 150S buatan tahun 1962 yang diberi sentuhan artistik berupa torehan cat bertuliskan ‘Gala’ oleh Salvador Dali, pelukis surealis ternama dunia. Skuter yang kini berada di musium Vespa di Pontedera ini diyakini sebagai Vespa yang paling terkenal sekaligus memiliki nilai yang sangat tinggi di dunia.

Sumber: motorcyclenews

Like what you read? Give Qubicle Automotive your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Automotive

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US