6MakananTerbaikuntukMengatasiPerutKembung

December 06, 2018Qubicle Beauty
Saat merasa perut kembung, coba konsumsi 6 makanan ini untuk mengatasinya seperti di bawah ini.

Nggak ada yang lebih menyebalkan daripada rasa jengah yang diakibatkan oleh perut kembung. Ini serius. Entah ketika kamu sedang jalan-jalan di mall, di tengah-tengah meeting setelah makan siang, atau sedang leha-leha di rumah sambil nonton Netflix. Perut kembung selalu menimbulkan rasa yang nggak nyaman, kan? Jadi, bagaimana cara mengatasi perut kembung? Jawabannya mudah saja, pilihlah dengan baik apa saja makanan yang kamu makan.

A little bit great info for you. Menurut Nutritious Life, perut kembung merupakan gas yang menumpuk dalam perut, biasanya dikarenakan oleh proses pencernaan atau udara yang tertelan. Perasaan kembung ini dapat pula dihasilkan oleh kelebihan pertumbuhan bakteri dalam usus kecil. Nah, bakteri ini akan mengurai makanan yang masuk ke tubuh, dan dari proses itulah tercipta gas yang menyebabkan perut kembung. Untuk mengatasi perasaan nggak nyaman ini, ada enam makanan terbaik untuk mengatasi perut kembung tersebut.


Kimchi

Makanan fermentasi kol khas Korea ini dapat membantumu mengatasi perut kembung yang menyebalkan. (Foto: Getty Image)

You heard that right, dudes and dudettes. Makanan fermentasi kol khas Korea ini dapat membantumu mengatasi perut kembung yang membuat tubuh terasa tidak nyaman. Oleh karena proses pembuatannya yang terpusat pada fermentasi, kimchi mengandung banyak probiotik atau bakteri baik untuk pencernaan. Dari mulai menghilangkan gas dari perut, hingga memperbaiki perut kembungmu. Kamu nggak harus makan kimchi banyak-banyak kok. Cuma beberapa gigitan kimchi bisa membuatmu merasa jauh lebih baik.


Dark Chocolate

Cokelat pahit yang terbuat dari 70% kakao baik untuk mengatasi perut kembung. (Foto: Getty Image)

Kamu pasti nggak menyangka bahwa cokelat dapat menghilangkan perut kembung. Cokelat yang seperti apa dulu, nih? Cokelat pahit atau yang dikenal dengan istilah barat dark chocolate yang kami maksud. Menurut Red Book Mag, cokelat pahit yang terbuat dari 70% kakao baik untuk mengatasi perut kembung, itu berkat kandungan serat dan polyphenols-nya. Nah, kedua kandungan itu dapat membuat perut kamu rata dan nyaman kembali. Hanya saja, ingat-ingat ya untuk jangan makan cokelat ini kebanyakan. Satu sampai dua gigitan saja sudah cukup.


Ketimun

Ketimun juga dapat digunakan untuk mengatasi perut kembung. (Foto: Getty Image)

Banyak orang menggunakan ketimun untuk mengurangi kantong bawah mata, tapi ada hal yang luput dari perhatian mereka: ketimun juga dapat digunakan untuk mengatasi perut kembung, lho. Sayuran crunchy ini mengandung kalori yang sedikit dan termasuk kategori diuretics alami. Artinya ketimun dapat membantu mengeluarkan kelebihan air dalam perut dan mengatasi perut kembung akibat kebanyakan minum.

Nggak berhenti di sana, ketimun juga mengandung quercetin, sebuah antioksidan flavonoid yang dapat mengurangi pembengkakan pasca aktivitas enzim dengan kecenderungan resiko terjadinya peradangan. Terjawab sudah kenapa kantong bawah mata bisa langsung hilang dalam sekejap setelah ditempeli ketimun, kan? Proses yang sama berlaku pula pada usus yang membengkak akibat kembung. Jadi, selalu sediakan ketimun untuk meredakan perut kembung ya!


Yogurt dengan Probiotik

Untuk mengatasi perut kembung di pagi hari, tambahkan yogurt dalam menu sarapan pagimu. (Foto: Dok. Getty Image)

Kamu susah mendapatkan makanan fermentasi sebaik kimchi dimana-mana saat perut kembung melanda? Sebenarnya, ada makanan alternatif lainnya, yaitu yogurt. Telah dikenal selama bertahun-tahun di dunia kuliner sehat, yogurt yang mengandung probiotik yang baik untuk memelihara kesehatan pencernaan. Untuk mengatasi perut kembung di pagi hari, tambahkan yogurt dalam menu sarapan pagimu. Kamu bisa mencampurkan selai, granola, atau madu sebagai pemanis serta penambah tekstur.


Pisang

Potasium dalam pisang membantumu mengatasi perut kembung. (Foto: Dok. Getty Image)

Buah-buahan yang kaya akan potasium seperti pisang juga dapat membantumu mengatasi perut kembung. Potassium meregulasi hidrasi tubuh dan level elektrolit yang penting untuk melawan efek negatif makanan olahan. Sementara sodium menahan air dalam badan, potasium memiliki efek yang berkebalikan dari itu. Dikutip dari Shape, sebuah penelitian dalam jurnal Anaerobe meminta 34 wanita sehat untuk makan satu buah pisang, minum minuman perisa pisang, atau minum air putih dua kali sehari sebelum makan. Diantara ketiga golongan tersebut, wanita yang memakan pisang memiliki 50 persen lebih kurang merasakan perut kembung. Don’t let that yellow thing out of your sight from now on!


Asparagus

Asparagus merupakan sebuah diuretic alami yang dapat membantumu mengatasi perut kembung. (Foto: Dok. Getty Image)

Selain ketimun, asparagus juga merupakan sebuah diuretic alami. Hal ini berarti sayuran asparagus dapat pula membantu mengatasi perut kembung. Dilansir dari Shape, Cara Harbstreet, R.D., yang memiliki website Street Smart Nutrition, sebagai diuretik alami, asparagus mengandung asam amino bernama asparagine. Nah, diuretic ini membuat kamu lebih sering pipis, yang berarti semua gas atau kelebihan air dapat keluar dari tubuh. Perut kamu pun jadi bebas kembung, deh!

Itu dia 6 makanan terbaik untuk mengatasi perut kembung. Demi menghindari perasaan nggak nyaman akibat perut kembung, mari selalu sediakan makanan dari berbagai pilihan yang terlah disebutkan diatas. Simpan dalam kulkas dengan rapi dan kamu akan lebih tenang untuk mengatasi perut kembung yang mungkin dialami pada waktu yang tidak diinginkan. Punya sahabat atau keluarga yang sering mengalami perut kembung? Jangan lupa share tips diatas ya!



Oleh : MLR 

Like what you read? Give Qubicle Beauty your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Beauty

    The place to stay-in-the-know about beauty and cosmetology.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US