7 Lokasi Sensasional untuk Menikmati Tarian Bali 

Mengunjungi pantai-pantai di Bali sudah lumrah. Kalau mengunjungi Bali untuk menikmati tarian-tarian bali itu baru istimewa. Berikut lokasi-lokasi sensasional di Bali versi Dancetraction untuk kamu yang ingin menikmati tarian-tarian khas Bali dengan cara yang istimewa.

1. Pura Luhur Uluwatu

Lokasi berada di dalam lingkungan pura yang berada di atas tebing curam langsung menghadap ke Samudera Hindia. Tari Kecak Api menjadi salah satu fragmen yang disajikan dalam tarian Ramayana secara utuh. Aksi para penari laki-laki yang berkerumun di tengah-tengah dan meneriakkan kata cak cak cak membuat suasana pura uluwatu menjadi lebih sensasional.

2. Barong Batubulan Gianyar

Sepanjang jalan dari Kuta menuju ke Ubud kita akan melewati Batubulan. Tempat ini juga dikenal sebagai kawasan sebagai pengrajin pahatan batu dan patung-patung khas Bali. Namun selain suguhan karya seni patung tersebut ada salah satu tempat yang rutin menyajikan Tari Barong dan keris untuk para wisatawan. Sebuah pendopo yang dibangun secara professional dapat menampung lebih dari 300 pengunjung dalam satu kali pementasan.


3. Puri Saren Gianyar

Dari sekian banyak istana pangeran yang dibangun di sekitar kawasan Ubud bali ada satu istana yang disebut dengan Puri Saren. Istana yang dibangun oleh Ida Tjokorda Putu Kandel ini sudah ada sejak tahun 1800 masehi. Sesuai misinya Puri ini memang dibangun untuk mempertahankan dan melestarikan budaya-budaya tradisional Bali. Oleh sebab itu tak heran kalau kita dapat menikmati sajian tari Legong Keraton yang memang dikhususkan sebagai tarian dalam istana tradisional kerajaan Bali.


4. Puri Ubud

Puri Ubud atau yang sering di sebut sebagai Ubud Palace ini adalah salah satu istana raja Bali yang sangat terkenal di Ubud. Lokasinya yang sangat strategis berada di jantung Ubud memiliki rangkaian tarian yang rutin dilakukan oleh masyarakat Puri Ubud. Sajian tarian disini sangat bervariasi. Pengunjung yang beruntung bahkan bisa menikmati tarian khas Bali yang cukup menawan yaitu Tari Kebyar Duduk. Penari mengkombinasikan tarian kebyar dengan memainkan gamelan bali secara bersamaan.


5. Arma Museum & Resort

Arma adalah singkatan dari Agung Rai Museum of Art. Sebelum dibangun menjadi resort yang mewah, lokasi ini memang digunakan sebagai tempat para seniman Bali mengaktualisasikan diri dalam sebuah gallery seni. Meski pada dasarnya gallery seni Arma diperuntukkan untuk kegiatan seni rupa, namun ada pertunjukkan tari yang cukup memukau di tempat ini yaitu pertunjukkan Wayang Wong Bali dan Kecak Sanghyang.


6. Bentuyung Village Ubud

Sebagai desa wisata yang berada di kawasan ubud Bali, Desa Bentuyung juga tidak ketinggalan untuk menarik perhatian para wisatawan. Meski pementasan tari-tarian yang disuguhkan adalah tari kreasi baru, namun nuansa Bali masih sangat kental dirasakan. Gamelan Jegog sendiri berasal dari bahan baku bamboo khas Jembrana Bali. Sedangkan pementasan tarian dan gamelan jegog didominasi oleh para penari dan penabuh kalangan pemuda dan pemudi desa Bentuyung.


7. Lotus Pond Garuda Wisnu Kencana

Kesan mewah, indah dan rapi memang menjadi ciri khas lokasi Lotus Pond Garuda Wisnu Kencana (GWK). Ketika pergi ke GWK sebenarnya kita tidak hanya ditakjubkan dengan kemegahan patung kepala Garuda dan setengaj Badan Dew Wisnu. Kita juga dapat menikmati keindahan taman bunga teratai yang ada dikawasan tersebut sekaligus menyaksikan suguhan tarian Janger. Tarian Remaja khas Bali ini dilakukan oleh penari yang saling berpasangan dan saling menunjukkan rasa kebahagiaan.

Kanjeng