8‘INFINITYPOOL’DIRAJAAMPATYANGASYIKBUATBERENANGCANTIK

November 29, 2016Qubicle Travel

Teks: Mayawati NH (MyTrip Magazine) 

 Foto: Buntoro S, Eddy S, Mayawati NH, Priyo TH

Infinity pool biasanya ada di hotel atau resort mewah, yang posisinya memberi kesan seolah-olah kolam tersebut menyatu dengan laut atau pemandangan lain di depannya. Keren lah pokoknya, dan bikin tamu betah berlama-lama di situ. Nah, kalau di Raja Ampat, ‘infinity pool’-nya bukan lagi seolah-olah menyatu dengan laut dan pemandangan keren di sekitarnya, tapi memang ‘pool’ yang dimaksud di sini adalah laguna atau pantai yang tentunya berada di laut.

Disebut pool alias kolam karena memang airnya tenang, tidak terlalu dalam sehingga warna airnya pun tidak biru gelap melainkan hijau toska, dan aman direnangi. Yang istimewanya lagi, hampir semuanya sepi dari pengunjung! Kalian bisa bebas berenang, berfoto-foto tanpa perlu berebutan spot keren dengan pengunjung lain. Paling banter berebutan sama teman sendiri, haha.

Apa saja ‘infinity pool’ di Raja Ampat? Ini dia!


1. Pasir Timbul

Pasir Timbul atau gosong pasir ini berada di Selat Dampier, di depan Pulau Kri (salah satu pulau yang ngetop di Raja Ampat) dan dekat dengan Pulau Koh. Selain bisa berfoto-foto di atas pasirnya yang menyembul hanya pada saat air surut, kalian juga bisa berenang di sekitarnya. 

Area yang dangkal sangat luas dan jauh, jadi aman bahkan bagi yang tak bisa berenang sekalipun. Banyak ikan kecil warna-warni di antara pasir putihnya. Saat cuaca cerah, langitnya sangat biru dan gumpalan awan putih menambah keren pemandangan.


2. Pantai Wayag

Kalau ke Wayag biasanya orang begitu turun dari speedboat langsung bersiap naik ke bukitnya untuk melihat bird-eye view dambaan sejuta umat dari puncaknya. Turun dari bukit sudah kelelahan dan atau sudah waktunya untuk pulang kembali naik speedboat, jadi tidak sempat berendam di pantainya. Padahal pantai Wayag asyik banget buat direnangi. Sangat landai dan airnya tenang, dasarnya pun pasir putih sehingga kalian tak perlu takut menginjak terumbu karang. Keberadaan pulau mirip tumpeng di tengahnya juga menambah latar untuk berfoto.


3. Laguna Piaynemo

Nah, para wisatawan ke Piaynemo juga biasanya hanya naik ke view point utama yang ada pagarnya dan ke Bukit Bintang. Itu aja. Padahal di seberangnya ada gugusan pulau yang di tengahnya terbentuk laguna. Memang tidak setiap pemandu atau motorist speedboat tahu kalau gugusan pulau melingkar itu punya celah masuk. Celahnya memang sempit dan hanya bisa dilewati speedboat kecil. Masuknya pun harus hati-hati, sambil mematikan mesin, supaya tidak sampai mengenai terumbu karang yang cukup rapat di celah itu. Begitu sampai di dalam laguna, speedboat bisa ditambatkan di pantainya, dan byurrr.... Berenanglah di lagunanya yang sangat tenang. Kalau memakai fin dan kuat berenang, teruslah berenang hingga ke sisi lain laguna di mana terdapat dermaga kecil. Dari situ kalian bisa naik ke pos jaga untuk melihat laguna dari atas yang bentuknya cantik berkelok-kelok. Tapi tanya dulu ke pemandu apakah pos jaga tersebut masih kokoh. Karena belakangan terlihat kayunya banyak yang mulai rapuh. Keselamatan nomor satu ya, Guys!


4. Laguna Yapap

Masukkan tempat yang satu ini ke dalam daftar kalau kalian berkesempatan ke Misool, Raja Ampat kawasan selatan. Kalau nggak, bakal nyesel deh! Laguna berair hijau toska dengan dasar pasir putih ini airnya tenang dan dangkal. Ada sedikit terumbu karang, jadi kalian harus hati-hati jangan sampai menginjaknya. Paling enak sih di sini berenang ngambang (pakai life vest bagi yang tidak bisa berenang) sambil melihat pemandangan di sekitar yang aduhai! Gugusan batu-batu karst di sekeliling laguna ini membentuk rupa-rupa struktur unik. Ada yang seperti layar, bidak catur, candi, dan –maaf—seperti penis. Sumpah, keren abis deh foto-foto di sini. Yang lain bakal sirik to the max!


5. Laguna Balbulol

Penanda tempat yang juga berada di Misool ini adalah dua pulau karst yang dilapisi tanaman hijau menyerupai dua pohon Natal atau ada juga yang melihatnya seperti tumpeng raksasa. Perairannya tidak terlalu dangkal dan ada bagian yang lumayan dalam, tapi sangat tenang.

Bagi yang tak bisa berenang wajib memakai life vest. Terumbu karang dan ikan-ikannya banyak dan sangat menarik. Jadi siapkan masker kalian ya!


6. Pantai Namlol

Pantai andalan Misool yang satu ini terbilang unik. Saat air pasang memang tidak kelihatan keunikannya. Tapi saat air surut maka akan terlihat ada kolam yang cukup besar di pantai ini, terpisah dari laut di depannya. Saat pasang barulah area daratan pasir di depannya terendam dan kolam ini pun menyatu dengan laut. Di depannya ada formasi karang runcing-runcing yang menambah cantik suasana. Eits, jangan berpuas hanya berenang-renang di kolam ini terus langsung pulang. Berjalan kakilah ke arah belakang pantai, maka kalian akan menemukan laguna yang airnya sebening kaca.


7. Pantai Farondi 

Farondi lebih dikenal sebagai tempat favorit menyelam di Misool karena memiliki gua bawah laut yang spektakuler. Tapi jangan bekecil hati dulu kalau kalian bukan penyelam karena pantainya nggak kalah kece! Cobalah snorkeling ke arah kanan pantai, di sana kalian akan menemukan dunia bawah laut yang ciamik.


8. Pantai Banos

Salah satu pulau wisata di Misool ini selain memiliki pantai pasir putih halus, juga kaya akan ikan-ikan dan makhluk laut lainnya di perairan sekitar pulaunya. Perairannya cukup dangkal dan tenang, jadi kalian yang tak bisa berenang pun aman berenang hingga beberapa meter dari bibir pantai. Tapi memang ikannya lebih beragam di tempat yang lebih dalam. Jadi siapkan masker, snorkel dan fin serta life vest kalian. Susuri bawah lautnya hingga jauh dari bibir pantai dan nikmati keindahannya. Jangan lupa, harus buddy system ya, jangan berenang jauh-jauh sendirian.


Penasaran?? #DecideYourFlow and MOVE.  


Like what you read? Give Qubicle Travel your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Qubicle Travel

    The ultimate place for reflective travel and adventure experience.

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US