Adu Panas Temuan Terbaru Di #HAKTEKNAS

Posisi Makassar sebagai poros penghubung Indonesia bagian Barat dan Timur mungkin saja menjadi alasan dipilihnya kota ini sebagai tuan rumah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2017 (HaktekNas). Ratusan stand yang memamerkan teknologi terkini mereka selama 4 hari ( 10 s/d 13 Agustus 2017) di kawasan Centre Point of Indonesia yang masih sedang dalam tahap pembangunan. 


Makassar memang sedang mengalami iklim Hawa Panas sih beberapa hari terakhir, tapi salut buat semangat para peserta dan pengunjung yang rela menikmati panas menuju area tersebut untuk berinteraksi satu sama lain meskipun ada sebagian besar area pamer bertempat di indoor yang dilengkapi pendingin. Disini pun jadi ajang adu pamer beberapa temuan terbaru dari berbagai peneliti yang jadi peserta yang kali ini lebih menonjolkan temuannya seirama dengan kampanye Indonesia sebagai Negara Maritim yang kuat dan mandiri.

Ada 3 Area yang jadi tempat berkumpulnya beberapa perusahaan nasional, BUMN dan Perguruan Tinggi yaitu 2 area indoor di Wisma Negara CPI dan tenda Roader serta 1 Area outdoor dengan stage dan refreshment zone. Walaupun persiapan menurut saya terlihat kurang siap karena tempat yang terkesan dipaksakan dan kurangnya materi promo di Makassar sendiri, namun acara tetap berlangsung. Padahal secara konten acara ini cukup menarik untuk didatangi apalagi buat kamu yang sudah jarang datang ke pameran sejenis terlebih tidak dipungut biaya sama sekali.

Setelah dibuka langsung Wakil Presiden Bapak Jusuf Kalla dihadiri juga oleh Bapak Teknologi Indonesia B.J Habibie, beberapa produk baru jadi showcase pameran di acara ini selain seminar dan talkshow yang padat diantara susunan acara yang disiapkan di salah satu kawasan sunset point kota ini. Saya pun sempat mencoba mendatangi beberapa booth yang membuat penasaran. Atmosfer inventors memang lebih kental keliahatan di acara ini dimana beberapa penemu yang rata-rata muda jadi host untuk menceritakan langsung proses dan fungsi temuan mereka tersebut. Mulai Komunitas Robot dan Start Up, Pembuat Senjata, Kostum terapi penyakit Kanker, budidaya jamur sehat dan kepiting, pesawat terbang, hingga perahu dengan bentuk bawah tidak lumrah akan mengisi timeline otak kamu selain postingan social media yang itu-itu saja jika kamu singgah disini.

Berikut beberapa footage dari booth yang jadi peserta di #Hakteknas di Ritech Expo 2017 Makassar tahun ini,



video shot and edited by Karthamijaya Kahar

music backsound 'Technologic' courtesy of Daft Punk