Agnez Mo Pemilik 17 Juta Follower Twitter Terbanyak di Indonesia 


Twitter Indonesia pada Rabu (6/12) di Jakarta mengumumkan apa yang ramai terjadi selama tahun 2017 di Twitter. Tahun 2017 menjadi saksi penting terjadinya peningkatan keberagaman topik di linimasa Twitter di Indonesia. Dengan sifatnya yang live dan conversational , Twitter menjadi platform pilihan generasi muda Indonesia untuk secara aktif mencari tahu dan menyuarakan tentang apa yang menarik perhatian mereka; mulai dari musik, film, budaya, olahraga, politik, hingga kegiatan sosial. 

Dari momen berskala global hingga nasional yang menarik perhatian dunia. Twitter mewakili keberagaman topik dari beragam lini menjadikannya platform terbaik untuk melihat berbagai hal yang #RameDiTwitter dari berbagai sisi secara real-time. Demikian penjelasan dari Novita Jong, Country Industry Head Twitter Indonesia.

Golden Tweet 2017
 tahun ini, Tweet yang paling influensial diraih oleh Persela Lamongan ( @PerselaFC ). Tweet ini terkait dengan tragedi meninggalnya kapten dan kiper legendaris Persela Lamongan, Choirul Huda, yang berpulang karena insiden di saat pertandingan melawan klub Semen Padang. Ucapan belasungkawa yang membanjiri linimasa Twitter tidak hanya datang dari dalam negeri tapi juga dari pemain dan klub internasional. Tagar #RIPChoirulHuda langsung menjadi trending topic pertama di Indonesia kala itu. Sementara #PersibDay menjadi tagar paling banyak digunakan selama tahun 2017.

Bicara tentang festival musik tercatat ada 10 nama yany ramai di Twitter selama tahun 2017. Peringkat pertama jatuh pada Java Jazz Festival, We The Fest, Prambanan Jazz, Soundrenaline, DWP, Synchronize Fest, JogjRockarta, Jazz Gunung, 90’s Festival dan Hammersonic. Semua festival tersebut pernah kami tulis di Musiclife. Presiden Joko Widodo tercatat hadir di dua festival musik tahun 2017 ini, We The Fest dan Synchronize Festival.

Salah satu konser paling banyak dibicarakan adalah Bangtan Boys di Jakarta
. Bangtan Boys ( @BTS_twt ) yang juga dikenal sebagai BTS, adalah salah satu boy band Korea yang sangat populer saat ini. Penampilan mereka di Jakarta membanjiri linimasa Twitter dikarenakan jumlah penggemar mereka yang sangat besar, tak hanya di Indonesia tapi juga secara global. Para A.R.M.Y (sebutan untuk fans BTS) menggunakan tagar #wingstourinjakarta , #BTS , #BTSArmy #BTS1000Days untuk berbagi keseruan terkait konser mereka di Jakarta.

Rich Chigga, seorang rapper asal Indonesia yang ketenarannya meroket dan mengubah nasibnya dari anak muda biasa dari kota Jakarta menjadi artis hip-hop internasional. Dia juga menyebutkan dalam sebuah wawancara, bahwa dia membangun citra dan memulai semuanya di Twitter dengan harapan dia akan ditemukan oleh seseorang yang mengapresiasi bakatnya. 

Hingga saat ini ia masih aktif berbagi cerita perjalanan keseharian dan karirnya melalui Twitter. Rich Chigga yang akan tampil di DWP 2017, menempati posisi pertama sebagai musisi yang paling banyak dibicarakan di Twitter. Menyusul Melody JKT 48, Agnez Mo, Shani JKT 48, Addie MS.

Sementara untuk Agnez Mo tercatat (6 Desember 2017) menjadi orang Indonesia paling banyak pengikutnya di Twitter dengan 17,4 juta follower. Posisi kedua ditempati Raditya Dika dengan 16,3 juta follower, Sherina Munaf berada di posisi 6 dengan 11 juta follower dan Afghan di posisi 10 dengan 9,93 juta follower. 

Mari kita bikin #RamaiDiTwitter lagi dengan postingan-postingan positif kita. 


Oleh: Widya. S 

Foto: Twitter Indonesia