Apakah K-pop bisa dikategorikan sebagai genre Dance?

Dance sudah menjadi sesuatu yang melekat di anak muda dan menjadi identitas sebagian milenials di Indonesia. Tidak sedikit mereka mengaku dirinya ballerina atau street dancers agar memiliki identitas yang unik di masyarakat. Namun apakah K-pop bisa dikategorikan sebagai sebuah genre dance?

K-pop dancer, tidak sedikit sebutan ini mulai disematkan oleh mereka sebagai identitas. Sebagai seorang K-pop dancer pastinya sudah jelas jika lagu yang ditarikan adalah lagu-lagu K-pop.

K-pop atau juga disebut Korean Pop adalah sebuah genre music yang booming di era 2006 keatas dan hingga kini menjadi salah satu alasan kecintaan sebagian masyarakat terhadap negara ini. Dari produk hingga drama televisi yang menjadi populer dikarenakan boomingnya industri music ini menjadikan K-pop sebagai aset negara dan budaya yang boleh dibanggakan oleh negara Korea selatan.

Namun apakah K-pop bisa dikategorikan sebagai sebuah tarian? Sebuah tarian dinyatakan sebagai genre jika memang memiliki gaya dasar dan juga fondasi gerak yang diciptakan dengan alasan dan juga maksud tujuan si pelaku tari terhadap budaya tari tersebut.

Hingga kini bisa di pastikan bahwa K-pop masih menjadi sebuah genre music yang booming karena negara asal ini berhasil mendobrak pasar dunia. Namun baiknya jika kita ingin mempelajari dance yang video klipnya selalu fenomenal ini harus melihat bagaimana K-pop ini di rancang. Tidak sedikit choreographer dari seluruh Amerika Serikat sebagai pusat dunia entertaiment di hadirkan untuk proses pembuatan video dan juga konser sebuah grup dan artis K-pop.

Tapi kehebatan genre musik ini adalah fanatis fans dan juga pengikut yang sudah mengikuti dan juga menciptakan istilah gerak yang ada di dance ini. Berikut alasan K-pop sudah dikategorikan sebagai genre dance.

Hand signs adalah hal yang pertama kali ada di hip-hop street culture, namun K-pop juga memiliki hand signs dengan pembawaan yang lebih ceria dan ekspresif. Dance steps, K-pop memiliki banyak dance steps yang disesuaikan dari setiap lagu yang akhirnya menjadikan fans meniru detil gerakan-gerakan tersebut. Yang paling mendasar bahwa K-pop adalah sebuah tarian adalah K-pop memiliki dancers yang siap mempertahankan idialis mereka mengenai kecintaan terhadap genre ini.

Penjoged