Backdated Sportster - Lahir 2016, Tampilan 1957

Tahun lalu, Harley-Davidson Sportster merayakan hari jadinya yang ke-60 tahun. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1957, Sportster terus berevolusi dengan berbagai macam penambahan namun tetap menjaga garis keturunan yang jelas hingga kini.

Memperingati ulang tahun ke-60 tersebut, seorang builder asal Spanyol bernama Efraón Triana tergerak untuk membangun sebuah Sportster secara unik. Dengan restu dari Harley-Davidson Spanyol, Efraón membangun sebuah Sposrter XL1200 lansiran tahun 2016 menjadi Sportster produksi akhir tahun 50an atau yang dikenal juga dengan nama Ironhead seperti gambar di atas. 

Ubahan yang dilakukan cukup signifikan, diantaranya adalah tangki bahan bakar menggunakan milik Sportster tahun 1957 yang dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat terpasang di rangka Sportster modern. Lingkar roda berdiameter 19’ di depan dan 18’ di belakang juga mengikuti Sportster era 50an, lengkap dengan spakbor replika XL yang telah dilebarkan oleh Efraón.

 

Berbagai parts juga dibuat agar aura Sportster awal dapat muncul, diantaranya knalpot yang dibuat oleh GR dengan mengikuti garis original saluran gas buang era 1957. Begitu juga dengan setang, jok dan berbagai emblem reinkarnasi Sportster era 50an yang dibuat sendiri oleh Efraón.

Tampilan khas Ironhead terasa kental dengan pemasangan lampu depan Hella yang dilengkapi dengan cover lampu Sposrter generasi pertama tersebut. Begitu juga dengan penggunaan filter udara Sportster lawas yang telah dimodifikasi agar dapat bekerja pada sistem injeksi di mesin Evlution generasi terkini.

Pilihan warna kombinasi emas dan putih yang dilabur oleh Efraón seolah makin mempertegas kesan ‘tua’ di motor ini. Efraón memilih kombinasi ini dengan mengacu pada warna Sporster tahun 1957 yang terdapat pada Harley-Davidson Museum.

 

Hmm, boleh juga nih konsepnya. Tampilan klasik era 50an, teknologi era kekinian.

Sumber: BikeExif