Berburu Kuliner Khas Palangkaraya

Palangkaraya belakangan ini menjadi banyak banget diperbincangkan. Alasannya karena kabar pindahnya ibu kota Indonesia ke Palangkaraya ini muncul lagi.

Jika kuliner Palangkaraya merupakan masih “asing” untuk kita, kali ini tim FoodieS akan membagikan beberapa kuliner khas dari Ibu Kota Kalimantan Tengah yang bisa kita coba.

1. Umbut Rotan

Salah satu yang unik dari menu ini adalah rotan bisa dijadikan makanan oleh masyarakat Palangkaraya. Jika biasanya kita menggunakan rotan sebagai pengganti kayu, namun di sini dijadikan sebagai makanan.

Yang digunakan adalah rotan yang masih muda. Kemudian dipotong kecil-kecil dan dimasak bareng dengan terong dan ikan baung. Umbut rotan juga dikenal dengan nama lain uwut nang’e.

2. Wadi

Salah satu makanan yang menggunakan bahan dasar dari ikan atau babi. Tetapi kebanyakan menggunakan daging ikan. Yang menarik, untuk membuat makanan ini kita tidak bisa instan, karena harus memakan waktu yang lama. Kurang lebih selama lima hari.

Mungkin bisa juga dibilang kalau ikan atau daging babi yang digunakan perlu difermentasi dulu, makanya butuh waktu lama. Akhirnya setelah difermentasi, daging ikan digoreng dan dicampur dengan bumbu-bumbu khusus.

3. Kalumpe

Adalah makanan yang bisa dibilang makanan sehat dari Kalimantan Tengah. Karena kalumpe menggunakan daun singkong yang sudah ditumbuk halus. Kalumpe juga dikenal dengan nama karuang.

Selain daun singkong, juga ditambahkan terong kecil. Juga bagi yang sudah pedas bisa ditambahkan juga sambel terasi.

4. Bangamat

Bisa dibilang bangamat ini adalah panikinya dari Kalimantan Tengah. Bangamat memiliki bahan dasar dari kelelawar yang dimasak bareng dengan sayur hati batang pisang. Sayangnya kuliner ini cukup susah ditemui karena terbilang cukup ekstrem.

Kelelawar yang digunakan adala yang pemakan buah yang memiliki ukuran tubuh paling besar di antara kelelawar lainnya.

5. Kenta

Kenta adalah makanan kue dari suku Dayak. Terbuat dari ketan padi yang sebelumnya disangrai serta ditumbuk menggunakan lesung kayu hingga bentuknya pipih.

Kenta enaknya dimakan bersama parutan kelapa, air kelapa muda, dan taburan gula pasir. Pembuatannya yang rumit membuat Kenta sedikit sulit untuk ditemui.

---

Feature image: Kompas.

Image credit: Kooliner, hello-pet, getborneo.