BMWR80RTModifikasiBrutalMotorEksKepolisian

July 06, 2018Qubicle Automotive
Apa jadinya jika sebuah motor bekas kepolisian disulap menjadi motor balap drag? Ini dia wujudnya.

Brutal! Kata tersebut nampaknya cocok untuk menggambarkan BMW R80RT ini. Bayangkan saja, sebelum bertransformasi menjadi motor balap drag, R80 ini merupakan motor patroli kepolisian Swiss yang kemudian dibeli dan dikustomisasi oleh Dani Weidmann, punggawa bengkel VTR Customs. Seperti apa proses kustomisasinya?

Foto: Pipeburn

Karena konsepnya motor balap, modifikasi fokus pada sektor jantung pacu. Diawali dengan mesin yang dibangun ulang, lalu sistem supply bahan bakar ke mesin diubah menjadi injeksi berikut pemasangan ECU baru yang dapat di-adjust langsung lewat switch pada bagian setang. Kemudian agar tenaga mesin lebih merata, dipasang supercharge berlabel Rotrex dan Nitrous Oxide System (NOS). Diperkirakan kini tenaga mesin motor ini melonjak tiga kali lipat dari standar.

Foto: Pipeburn

Hebatnya kuda besi yang dinamakan ‘Polizia 1.9’ sudah mempunyai beberapa prestasi pada ajang balap di Eropa, salah satunya adalah juara 3 di Glemseck tahun 2016 lalu. Seiring berjalannya waktu, para kompetitor melakukan penyempurnaan pada tunggangan andalannya untuk mengikuti ajang balap selanjutnya.

Foto: Pipeburn

Maka dari itu Dani berpikir untuk melakukan penyempurnaan pada motor balap kesayangannya ini. Agar dapat mengimbangi tenaga mesin yang buas dan menjaga traksi pada roda depan, diputuskan untuk mengubah stance dengan cara menambah panjang swingarm sebanyak 15cm, lalu shock depan dipangkas 8cm dan memodifikasi sudut setang.

Foto: Pipeburn

Selain bagian kaki, bodi motor ini dibuat lebih kurus dibanding sebelumnya. Salah satu bagian yang dikustomisasi adalah tangki yang dibuat ulang beserta fairing yang dibentuk lebih membulat pada bagian depannya. Kemudian pada bagian seatcowl bentuknya diubah untuk pemasangan jok custom.

Foto: Pipeburn

Jika diperhatikan secara keseluruhan, terdapat detail unik pada bagian tuas rem berupa pemasangan bone plate yang diambil dari tulang leher Dani. Sedikit informasi tambahan, bone plate tersebut berfungsi untuk menyambung bagian tulang yang patah.


Sumber: Pipeburn


Facebook : dreamridesqube | Instagram : dreamridesqube

Like what you read? Give Qubicle Automotive your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Qubicle Automotive

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US