BuatyangSukaMotretGigsCobaPerhatikanBeberapaHalIni

June 30, 2018Qubicle Music
Beberapa hal yang perlu jadi perhatian buat kalian yang suka motret gigs.

Kalian pasti lumayan sering lah ya datang ke gigs atau pertunjukan musik. Suka sebel ngga sih kalo lagi nikmatin acaranya atau bahkan lagi nonton band kesayangan lagi main, tiba-tiba ada yang cekrak cekrek ngga jelas sampai terkadang ngerasa keganggu.

Nah, kali ini Soundquarium mau berbagi tips buat kamu-kamu yang suka motret gigs, mulai dari persiapan alat, diri sendiri, sampai ketika sudah berada di lokasi. Supaya semua nyaman dan semua senang waktu nonton dan motret gigs tersebut.

1. Perhatikan Gear

Sebelum motret atau bahkan ketika masih di rumah, coba perhatikan dulu gear apa yang kamu punya dan akan kamu bawa ke gigs. Jangan sampai jadi terkesan maksa dengan gear yang kamu punya, tapi kamu pengen lebih dari itu. Misal: kalo kamu ngga punya lensa tele atau ngga cukup terjangkau untuk dapetin close up personel band, ya jangan maksa, apalagi sampe nyoba deket ke panggung menerobos penonton yang lagi asik nikmatin musiknya. Ingat, motret gigs bukan perkara close up aja lho. Masih banyak sudut lain yang bisa dimainkan. Telusuri lebih dalam lagi kemampuan kalian merekam situasi dan momen.

2. Peduli Sekitar

Perhatikan sekelilingmu ya pas motret, gaya motret juga ngga perlu berlebihan, jangan sampai pas kamu motret, taunya ada orang di sebelahmu yang kena siku tanganmu gara-gara gaya motretmu yang berlebihan. Peduli dengan sekitarmu lebih baik dan terlihat sopan, karena ini bukan private gigs, yang nonton orangnya banyak. Memperhatikan sekelilingmu waktu motret juga akan membantu kamu fokus dengan apa yang harus kamu bidik. Jadi, ngga perlu juga semua band yang tampil atau setiap detik momen kamu foto. Ingat, kamu datang ke gigs selain motret juga perlu kan nikmatin acaranya. Yah, biarpun kita dikejar tenggat waktu, boleh lah satu atau dua lagu dulu dari band kesukaan.

3. Baca Rambu-Rambu yang Ada

Nah, ini juga penting, baca rambu-rambu peringatan yang ada. Jelas-jelas motret ngga boleh pakai lampu kilat (flash), eh masih juga dipakai. Ini jelas mengganggu penonton yang lain. Juga perkara masuk pit fotografer, meskipun kamu seorang fotografer, bukan berarti ketika kamu berada di pit fotografer kamu bisa motret seenaknya, perhatikan juga kalo banyak fotografer lain yang ngga berada di pit jug ingin motret. Saling menghargai itu intinya. Jadi, biarpun kamu sudah dibekali dengan identitas yang membolehkan kamu mengakses setiap sudut panggung, kamu juga harus tetap memperhatikan setiap rambu larangan yang berlaku untuk semua pengungjung. Identitas bukan jadi alasan untuk kamu bisa seenaknya bertindak.

4. Kenali Panggung dan Situasinya

Mungkin terlihat sepele, tapi kalo kita mau motret gigs, ada baiknya kalo kita kenali dulu panggung dan situasinya seperti apa. Ini bisa menunjang performa memotret kita lho. Contohnya: ada beberapa festival musik di Indonesia yang mengambil tempat di sebuah taman besar, lapangan parkir, monumen perjuangan, maupun stadion. Tempat itu cukup besar untuk kita kelilingi dari satu panggung ke panggung lainnya, kalo kita tidak cukup paham dengan situasi panggungnya, yang ada bukannya motret malah kebanyakan duduk-duduknya karena lelah. Untuk itu, dibutuhkan riset terlebih dahulu sebelum kamu pergi ke sebuah gigs. Cari tahu kira-kira apa saja yang ada di sana yang akan jadi panduan kamu untuk memotret.

5. Persiapkan Gear Dengan Baik

Ini lebih sepele lagi daripada poin sebelumnya, tapi jadi penting ketika kita sudah di lapangan, siap motret, ngga taunya batre kamera belum dicas, memory card belum di transfer ke computer, atau hal-hal yang dianggap remeh lainnya. Persiapkan gear dengan baik di rumah sebelum pergi ke gigs, biar kegiatan motretmu jadi lebih nyaman. Tidak ada salahnya melakukan cek ulang peralatan kamu sebelum kamu pergi ke gigs. Terutama baterai kamera dan memory card, pastikan semuanya dalam kondisi prima dan siap kamu gunakan untuk membidik setiap objek yang menjadi targetmu.

Nah, begitulah kira-kira beberapa tips yang bisa jadi panduan kamu sebelum kamu motret sebuah gigs. Bisa dibilang kecil dan sepele sih, tapi justru yang sepele itu terkadang tidak kamu pikirkan dan justru dapat membuat kegiatan memotretmu menjadi tidak menyenangkan. Selamat memotret.

Like what you read? Give Qubicle Music your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Qubicle Music

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US