BukanCumaNama,IniKisahdiBalikMenuKopiKekinian

November 08, 2018Qubicle Culinary
Kalian sudah tahu belum kalau setiap kedai kopi kekinian ternyata punya menu kopi yang namanya nyeleneh?

Kopi kekinian udah jadi minuman wajib kami setiap hari, apalagi kalau kerjaan di kantor lagi numpuk, wajib banget hukumnya buat minum kopi. Beruntungnya, sekarang kami nggak perlu bikin kopi lagi untuk membangkitkan mood yang lagi suram. Kami bisa pesan langsung kopi kekinian di banyak outlet yang tersebar di dekat kantor kami.

Lucunya, setiap kedai kopi kekinian ternyata punya menu kopi yang namanya nyeleneh. Kadang sesuai sama kenyataan hidup kami, kadang bikin ketawa pas baca namanya. Kreatif banget deh pokoknya. Jadi bukan cuma biji kopi, teknik pembuatan, atau komposisi kopinya, para pemilik kedai kopi sengaja menarik perhatian kalian dengan strategi marketing yang mungkin saja di luar dugaan kalian, salah satunya memberi nama nyeleneh buat kopinya. Tentunya biar itu kopi semakin jadi kopi kekinian yang nggak mudah hilang dari ingatan kalian.

Kalau nggak percaya, simak nama-nama kopi kekinian yang nyeleneh menurut kami. Mungkin kalian tertarik buat mencobanya atau langsung ketawa terbahak-bahak waktu membacanya. Berikut ini daftar kedai kopinya:


Es Kopi Susu Tetangga, Kopi Tuku

Kopi susu tetangga (Foto: Qubicle)

Ini salah satu kopi favorit kami, kalau kalian gimana? Tapi menurut kalian, kopi kekinian yang dijual di Kopi Tuku itu, buatan mereka atau buatan tetangga? Jangan bingung ya, kopinya tentu saja buatan toko Kopi Tuku tapi karena para tetanggalah Kopi Tuku bisa laris manis seperti sekarang. Awalnya sang owner, Andaru mengembangkan kopi susu dengan riset kepada para tamu Tuku (baca: Tetangga Tuku) di sekitaran, baik yang bekerja di kantor ataupun rumahnya di sekitaran Tuku.

Ternyata cara itu berhasil mempopulerkan konsep kopi susu kekinian yang diusung Kopi Tuku sejak tokonya dibuka tiga tahun lalu. Keunggulan es Kopi Susu Tetangga adalah harganya terjangkau, tapi masih terasa aroma roasting kuat pada seruputnya. Biji kopinya juga asli dari Indonesia, ada yang dari Sumatera seperti Lintong, Aceh Gayo, ada juga Jawa Barat, Bali, dan Flores Bajawa. Campuran biji kopi khas Indonesia dan proses roasting yang dilakukan sendiri inilah yang menjadi andalan Es Kopi Susu Tetangga. Kalau penasaran dan mau coba kopi kekinian dari toko Kopi Tuku, kalian bisa datang ke Jalan Cipete Raya Blok B No.7, RT 6 RW 3, Cilandak, Jakarta Selatan.


Es Kopi SKSD, Kopi Denganmu

Kopi SKSD (Foto: Qubicle)

Nah kalau yang satu ini biasanya kami manfaatkan buat PDKT sama gebetan. Soalnya, Kopi Denganmu punya slogan ‘kopi sama kamu lebih enak’ yang tertera bagian tutup cup-nya. Kopi kekinian ini punya singkatan KODE, dengan arti di balik segelas kopi bisa menjadi kode untuk teman, pacar, rekan kerja, atau bos di kantor. Jadi kalian jangan heran kalau semua postingan media sosialnya menggunakan hashtag #kodeinaja.

Salah satu menu kopi kekinian dari Kopi Denganmu yang punya nama unik yaitu SKSD, singkatan 'Sok Kenal Sok Dekat'. Itu istilah yang sering digunakan ketika kalian baru berkenalan dengan orang kemudian menjadi sok akrab karena memang ingin dekat dengan orang tersebut. SKSD di sini juga berarti Kopi Susu Denganmu memang sangat nyambung dengan konsep membangun relationshipJadi, kalau punya Kopi SKSD, mau PDKT sama siapa nih? Intinya, sebelum PDKT, beli dulu kopinya di Jalan Batang Hari No 1, RT 6 RW 3, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat. Setelah itu, baru deh deketin targetnya. Biar lebih cair!


Es Kopi Kenangan Mantan, Kopi Kenangan

Kopi kenangan mantan (Foto: Qubicle)

Kalau kopi kekinian yang satu ini, bikin kami selalu ingat sama mantan. Abis gimana, setiap minum kopinya, selalu kebaca tulisan ‘kenangan’. Sebenernya, tujuannya biar kalian bisa ingat kopi ini dengan mudah juga setiap orang yang minum kopi ini dari berbagai gender dan usia pasti punya kenangan, bisa indah bisa juga menyakitkan. Setuju nggak?

Jadi kalau diibaratkan, kopi sama dengan mantan. Keduanya mudah diingat dan memiliki rasa pahit manis bagaikan Es Kopi Kenangan Mantan, yaitu salah satu menu andalan dari Kopi Kenangan. Biji kopi yang digunakan asli dari Indonesia dan rasa manis pada kopinya berasal dari gula aren yang dihasilkan petani lokal. Rasa kopi kekinian di sini cukup strong. Biji kopinya asli dari Jawa, susunya cukup creamy karena dari sapi lokal, dan gula aren lokalnya yang kental turut memberi rasa manis yang khas dan legit. Karena gula arennya kental, jadi kalian bisa aduk sesuai selera untuk mendapat tingkat kemanisan yang ingin kalian rasakan.

Selain Es Kopi Kenangan Mantan, ada menu kopi lain yang nggak kalah nyeleneh seperti Kopi Mantan Menikah (kopi susu campuran vanilla/caramel/hazelnut), Kopi Selingkuhan (milo dinosaurus), Kopi Teh Andilau (antara dilema dan galau), atau Kopi Kenangan Masa Lalu (menggunakan arabica berusia 8 tahun). Jadi mau kopi mana nih yang dikenang? Buruan deh beli kopinya di Menara Standard Chartered, Jalan Prof. DR. Satrio No. 164, RT 4 RW 4, Karet Semanggi, Jakarta Selatan.


Es Kopi Buatan Istri, KopiMana 27

Kopi buatan istri (Foto: Qubicle)

Buat yang belum pernah punya istri, sudah tahu belum kalo kopi buatan istri harus dibilang enak? Makanya di KopiMana 27, kopi kekiniannya diberi nama es Kopi Buatan Istri yang artinya kopi buatan istri harus dibilang enak, kalau nggak nanti istrinya bisa marah lho! Tapi menurut kami rasanya memang enak sih, isinya kopi susu manis yang diisi dalam botol. Kemasan botolnya pun praktis dibawa, mirip dengan bekal atau minuman buatan istri. Rasanya memang manis dan sedikit nendang karena pakai biji kopi arabica campuran Flores dan Garut.

Nggak cuma buatan istri, kopi kekinian lain buatan KopiMana 27 banyak yang namanya aneh. Ada Kopi Dangdut yang isinya es kopi susu vanilla creamy atau Kopi Wicak singkatan dari wih cakep yang berupa es kopi susu vanilla less milk jadi lebih terasa kopinya. Buktikan sendiri deh nikmatnya Kopi Buatan Istri di Jalan Prof. DR. Soepomo No.45J, RT 14 RW 6, Tebet, Jakarta Selatan.


Es Kopi Aku Sayang Kamu, Kopi Kohlie

Kopi aku sayang kamu (Foto: Qubicle)

Waktu minum kopi kekinian yang satu ini, kami langsung lirik-lirikan mata. Tapi nama nyeleneh ini nggak aneh kalau menurut Kopi Kohlie, karena es kopi susunya punya rasa manis sampai akhirnya dikorelasikan dengan sayang atau cinta. Katanya melalui kopi ini pemilik toko kopinya juga mau menyebarkan cinta kepada kalian. Wah romantis banget ya, cinta melalui kopi. Tapi memang kopinya manis. Kopinya dibuat dari biji kopi arabika dan robusta local, rasanya lumayan creamy dan bold. Dominan manis, sedikit pahit, beneran kaya cinta ya?

Ternyata nggak cuma Aku Sayang Kamu, menu lain di Kopi Kohlie juga unik-unik nih. Ada Es Mbak Echa yang merupakan pelesetan dari kata Matcha atau teh Jepang, Mbak Novi singkatan dari Banoffee (Banana Coffee), dan Choki yang merupakan minuman coklat. Semua diberi nama orang-orang biasa karena di Kopi Kohlie dasarnya adalah rumah sangrai kopi, jadi penamaannya seperti nama orang di rumah. Jadi, kamu mau sayang sama mbak yang mana nih? Yuk cari namanya di Jalan Duta Raya, RT 2 RW 2, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kami sih jadi senyum-senyum sendiri setelah baca nama menu kopi yang unik itu. Tapi rasa kopinya memang ajib kok, cocok buat diminum kalau bad mood di siang hari. Kalau kalian gimana? Pengen ketawa juga nggak setelah baca menu kopi kekinian di atas? Oh ya, jangan lupa cobain kopinya ya!



Oleh: Ainin Dita Z

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Qubicle Culinary

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US