CaraAkaliRambutBerponiyangLepek

November 08, 2018Qubicle Beauty
Bukan karena malas keramas, tapi kami mencoba akali rambut berponi yang sering lepek.

Bangun telat dan belum sempat keramasan. Saat berkaca, eh, baru sadar kalau rambut terutama bagian poni kelihatan jorok dan lepek. Aduh!



Pernah nggak sih kalian menyesali keputusan memotong poni? Bukannya merasa fresh dan lebih muda sehabis memotong poni seperti yang diinginkan, hal-hal seperti lepek ini menjadi mimpi buruk karena permasalahan rambut. Apalagi, masalah klasik yang umum dialami rambut berponi, sering terjadi sebab minyak dan keringat pada dahi ikut menempel pada poni. Lalu, gimana cara mengatasi poni lepek ini biar rambut berponi tampak flawless seperti Lisa Blackpink atau Zooey Deschanel? Simak dulu cara-cara akali rambut berponi lepek di bawah ini:


Sedia Dry Shampoo atau Bedak Bayi

Atasi rambut berponi lepek dengan dry shampoo atau bedak bayi. (Foto: She Finds)



Poni lepek yang sudah menempel dan memberi jarak memperlihatkan dahi membuat tampilan kita terkesan kotor dan tak terawat. Salah satu cara untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan dry shampoo. Nggak punya dry shampoo? Pakai bedak bayi aja! Eh, tapi jangan pakai terlalu banyak ya. Nanti dikira kalian ubanan lagi.

Cara paling pas menggunakan bedak bayi adalah dengan menuang sedikit ke telapak tangan, membaurkan taburan bedak ke seluruh telapak, kemudian usapkan perlahan di poni. Kalau poni kalian tampak putih, berarti kalian terlalu banyak membubuhkan bedak bayinya.


Perhatikan Produk Perawatan Kulit

Punya poni depan untuk sebagian orang itu bisa cenderung menyebabkan jerawat di daerah dahi. Ini dapat terjadi karena kondisi kulit berminyak atau sisa produk skincare yang tidak terangkat sepenuhnya. Alhasil, bukan Cuma poni lepek tapi juga menghasilkan jerawat! Demi menyiasati hal ini, selalu pastikan produk perawatan wajah telah benar-benar meresap sebelum kalian membiarkan poni tergerai, ya!


Manfaatkan Tisu dan Kertas Minyak

Poni kalian lepek karena sering mengenakan helm atau topi? Ada cara ampuh yang bisa kalian tempuh nih! Bermodal selembar tisu di dahi, kalian bisa bebas poni lepek. Sebelum mengenakan helm atau topi, angkat poni kamu lebih dulu, lalu tempelkan selembar tisu di dahi dengan posisi kepala agak mendongak ke atas supaya tisu tidak terjatuh. Setelahnya, turunkan kembali poni kalian di atas tisu yang telah ditempelkan di dahi. Kemudian kenakanlah helm atau poni kamu. Gunakan tisu wajah supaya daya serap keringat lebih optimal ya.

Selain tisu, kalian juga dapat memanfaatkan kertas minyak untuk mengatasi poni lepek. Cukup usap-usap kertas minyak pada rambut berponi. Kertas minyak akan melakukan tugasnya dan poni kalian nggak lagi tampak lepek!


Hindari Menyentuh Poni dengan Tangan

Hindari menyentuh poni dengan tangan karena bisa membuat rambut berponi lepek. (Foto: Reviewwali)

Selain keringat, minyak, dan sisa produk skincare, poni lepek juga dapat disebabkan karena kalian sering menyentuh poni dengan tangan. Perlu kalian sadari, tangan merupakan tempat berkumpulnya kotoran. Nah, karena kalian suka menyentuh poni dengan tangan, alhasil kotoran berpindah serta bercampur bersama keringat dan minyak. Kalau kalian ingin menyentuh poni untuk menatanya, lebih baik gunakan sisir bersih.


Jangan Memakai Conditioner di Bagian Poni

Kalau kalian sudah melakukan semua hal di atas tapi masih merasa poni kalian lepek, bisa jadi itu terjadi karena kalian memakai conditioner di bagian poni. Untuk tipe rambut berminyak, hindari pemakaian conditioner di poni. Memang pemakaian produk tersebut akan membuat rambut mudah diatur, tapi juga makin mudah lepek karena produksi minyak berlebih.


Cuci Poni dengan Shampo dan Langsung Styling

Untuk si pemalas, cara ini bisa jadi cara yang jitu untuk atasi tampilan lepek karena belum kerasa. Cara pertama adalah dengan membagi rambut bagian depan menjadi seperti bentuk segitiga. Kedua, basahi hingga ke bagian akar rambut. Kemudian, bubuhkan sampo pada seluruh helaian rambut hingga ke akar. Langkah terakhir adalah dengan membilas hingga bersih dan keringkan dengan styling yang biasa kalian lakukan untuk poni.


Demikian cara mengatasi poni lepek yang dapat kalian lakukan. Intinya, dengan mengganti model rambut berponi depan, kalian memang harus berkomitmen lebih menjaga kebersihannya. Nggak mau kan dicap nggak terawat Cuma karena poni kalian lepek?


Oleh : MLR 

Like what you read? Give Qubicle Beauty your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Qubicle Beauty

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US