Stress Ternyata Bisa Jadi Teman, Tergantung Cara Lo Melihatnya

Semua orang pasti pernah menghadapi stress. Tapi tidak semua orang decide untuk menikmati masa stress itu. Yes, stress itu semestinya dinikmati lho! Dan, ada banyak cara untuk berdamai dan mengubah stress menjadi teman yang menyenangkan. Nah, berikut adalah hal-hal yang sebenarnya kecil tapi bisa membuat lo stay happy meskipun sedang menghadapi sejuta tantangan. Let’s dig those tips!


Senyum ke 100 orang gak dikenal

Mungkin lo akan dikira orang gila karena terus-menerus senyum. But, who cares? Karena yang paling penting adalah lo bisa merasa jauh lebih baik setelahnya. Menebarkan senyuman ke orang lain meskipun tak kenal akan bikin lo merasa ‘lepas’. Ini terjadi karena saat tersenyum otak akan memproduksi hormon endorphin yang membuat seseorang merasa happy dan mengurangi rasa sakit secara fisik maupun psikis.



Tonton gigs atau konser musisi favorit

Mendengarkan musik itu menyenangkan. Namun, momen menonton musisi favorit lo secara live di depan mata ada di level yang jauh lebih membahagiakan. Lagu yang biasa lo dengarkan sehari-hari bisa berubah jadi atmosfer yang berbeda, apalagi dengan hingar-bingar singalong bersama yang riuh saat chorus bergema.



Silence is bliss

Menyendiri di sebuah tempat terpencil adalah definisi kedamaian absolut. Momen syahdu ini memberikan lo kesempatan untuk menjauh dari hiruk-pikuk kesibukan lo. Dengan menyendiri, dalam ketenangan lo bisa dengan jernih melihat faktor-faktor permasalahan yang ada, dan menyiapkan langkah-langkah untuk memecahkan masalah tersebut. Stress no more!



Stay away from TV, Netflix, & YouTube!

Jika tayangan televisi membuat lo duduk bak patung hidup berjam-jam lamanya, maka tinggalkan saja. Faktanya, orang yang tak pernah menonton televisi lebih banyak menghabiskan waktu dengan beraneka ragam aktivitas. Dalam hal ini, lo jadi bisa melakukan banyak aktivitas untuk mengatasi stress lo. Tanpa televisi,YouTube, Netflix, dan berbagai tontonan ‘malas’, tentunya.



Menghabiskan waktu bareng hewan peliharaan

Pets are sometimes better than human. Percayalah, menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan akan niscaya membuat lo lebih bahagia dan tenang dibandingkan menghabiskan waktu bersama teman-teman. Berdasarkan riset dari University of New York di Buffalo, hewan peliharaan bisa sangat membantu lo menghadapi stress, karena apapun yang terjadi mereka akan tetap ada di sisi lo. Jadi, kalau stress buruan curhat ke peliharaan kesayangan lo!



Think of challenges as marathons not sprints

Tidak ada satupun orang di dunia yang bisa menyelesaikan marathon dalam 20 menit. Sama seperti hidup, hidup itu seperti marathon, bukan seperti lari sprint yang kilat. Butuh waktu panjang untuk lo bisa figure out bagaimana cara untuk menyeimbangkan hidup lo dan menghadapi masa buruk atapun baik. Jadi, saat dihadapkan dengan berbagai tantangan, jangan panik dan mencoba menyelesaikan semuanya di saat itu juga. Slow down, yang penting, lo punya skala prioritas mana yang harus dikerjain terlebih dahulu.

Dengan bekal tips di atas, lo harus percaya bahwa stress bukan lagi masalah besar untuk lo. Now are you ready to face all those challenges? You decide!

Decide untuk baca artikel-artikel lainnya? Klik di sini.