Celebes SunRide: We Are Family!

Ngomongin motor berarti ngomongin passion, kenapa suka mengendarai motor? setelah tim DNA Makassar melakukan survei kecil-kecilan, ternyata setiap orang memiliki jawaban yang berbeda-beda, kalau bikers sejati jawabannya karena hobi, balik lagi ke passion, karena hobinya motor-motoran dan ngutek-ngutek motor. Ada juga yang jawabnya karena motor lebih enak buat nyalip dan lebih cepat untuk menghindari macet, nggak sedikit juga yang jawab karena belum punya mobil, dan yang paling nyebelinnya lagi ada juga yang menjawab karena cuma motor ini yang bisa ngertiin aku mas. Ohh.. hemm… hening...

Menjadi seorang anak motor memang keren, tapi tidak bisa dipungkiri banyak orang awam yang berfikiran bahwa anak motor itu kerap identik dengan hal-hal yang berbau kriminalitas guys, namun itu semua berbeda dengan yang ada di Celebes Sunride yang bakalan gue bahas kali ini. 

Pertama yang perlu kalian ketahui sebelum membaca artikel ini lebih jauh bahwa Celebes Sunride bukanlah sebuah komunitas, tapi lebih menjadi wadah sentral untuk komunitas-komunitas motor yang ada di Makassar agar bisa saling berinteraksi satu sama lain tanpa peduli perbedaan komunitas mereka. Berawal dari kopdar (kopi darat) beberapa bikers Makassar pada Januari 2016 muncullah ide untuk membuat sebuah wadah yang dapat menjadi rumah yang nyaman bagi para anak komunitas motor agar dapat menghilangkan sekat-sekat yang ada.

Hingga sekarang ini Celebes Sunride boleh dibilang berkembang cepat, dalam jangka waktu 1 tahun mereka sudah mempunyai (±) 80 orang anggota dan terus bertambah, dan itu semua dari bermacam-macam latar belakang guys, mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan juga pekerja. Namun Celebes Sunride mengakui jika saat ini mereka lebih mengincar anak sekolah yang suka akan hal-hal yang berbau motor untuk dijadikan anggota, itu sebagai bentuk pencegahan akan maraknya anak sekolah yang tidak bisa menyalurkan bakat dan hasratnya tentang motorcycle dan berujung pada aksi ugal-ugalan dan hal-hal kriminal lainnya.

Setiap 2 minggu sekali, para anggota Celebes Sunride akan berkumpul di hari minggu di Jl. Topaz, Makassar melakukan riding santai menyusuri kota Makassar, terbukti dengan seringnya mereka berkumpul bersama, sekarang mau anak moge (motor gede), old skool bikers, anak vespa mulai saling menghilangkan sekat-sekat itu dengan perlahan-lahan setelah bergabung dalam Celebes Sunride ini. Dengan safety riding dan social movement sebagai senjata utama dalam kegiatan-kegiatan mereka, menjadikan mereka wadah yang sangat positif untuk para pecinta motor di Makassar.

Ini nih sedikit dokumentasi dari social movement mereka;

Cek juga video saat anak Celebes Sunride riding santai di jalanan kota Makassar guys...

Thanks to;
Photo Source: Celebes SunRide
Video Source: Asysyams Arif Mangopo