Childish Gambino Rilis Lagu & Video Provokatif "This Is America"

Dengan campur tangan Hiro Murai sebagai sutradara, Childish Gambino baru saja meluncurkan video musik terbaru "This Is America" yang penuh akan muatan politik dan metafor seni.

"This Is America" mempertontonkan banyak sisi kelam Amerika yang kerap terjadi akhir-akhir ini sekaligus menerjemahkan secara eksplisit bagaimana rasanya menjalani hidup sebagai kulit hitam di sana. Mulai dari kekerasan, drama hipokrit, represi ras tertentu, sampai kebrutalan polisi semuanya terekam dengan dramatis dalam video tersebut. Sulit untuk tidak bergeming tatkala melihat potongan adegan sekelompok paduan suara gospel yang sedang menyanyi ceria kemudian mendadak dibredel dengan satu momen tembakan oleh Gambino sesampainya ia di dalam ruangan koor tersebut; disinyalir adegan ini merupakan resonansi atas peristiwa penembakan oleh seorang pria kulit putih di salah satu gereja kulit hitam tertua di pusat kota Charleston, Carolina Selatan, Amerika, pada tahun 2015 lampau.

Di sisi lain, "This Is America" seakan menyirat poin-poin masalah yang sebenarnya sangat penting untuk dituntaskan namun dapat begitu saja terdistraksi oleh, salah satunya, perkara mengejar gaya hidup hedonis, dimana hal tersebut secara tidak sadar turut mengelabui kesadaran akan tata cara berkehidupan yang lebih peka terhadap bermacam masalah lebih besar lainnya yang menjalar ke sela-sela kehidupan sosial masyarakat majemuk Amerika. Sangat menarik melihat dikotomi tersebut ditranslasi apik pada sepanjang video melalui beragam rupa adegan kontradiktif yang memasangkan nuansa keceriaan dengan praktik sisi bengis manusia sebagai layar peristiwa di saat yang bersamaan.

Album terakhir Donald Glover sebagai alter ego hip-hop Childish Gambino akan dirilis segera tahun ini. Sebelum itu, mari tonton video "This Is America" di bawah.