DesainBalihoCalegAgarEnakDipandang

March 09, 2018Qubicle Art
Intip tips mendesign spanduk biar lebih kece di sini!

Juni 2018 ini akan diselenggarakan Pilkada serentak di beberapa kota. Dan di beberapa bulan sebelumnya akan bermunculan iklan-iklan kampanye yang menghiasi pinggir jalan raya. Memang iklan luar ruangan seperti spanduk, spanduk atau pun baliho menjadi media pemasaran yang jangkauannya luas agar informasinya lebih tersebar dengan cepat. Beberapa terlihat bagus, tapi banyak yang agak menggangu mata pengguna jalan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendesain iklan dalam media dengan ukuran besar ini. Kami rangkum dibawah ini ya…

Jumlah Informasi

Media iklan ini memang punya ukuran yang besar, tapi jangan disalah gunakan dengan memasukan semua informasinya. Cukup yang penting aja, kaya nama calon dan partai, nomor pilihan, dan bolehlah masukan jargon. Janganlah memasukan kata-kata puitis yang lumayan panjang. Bukannya gak boleh, tapi waktu pengguna jalan gak banyak buat mencerna informasi. Mereka hanya memiliki sekitar 7 detik untuk membaca informasi dari reklame yang dilihatnya.

Sumber Foto: Kompasiana.com

Layout

Masih berhubungan dengan point di atas. Penempatan jumlah informasi sangatlah penting. Dari informasi yang ada, nama caleg, jargon, atau nomor urutan, mana yang mau dikedepankan? Jangan semuanya dibuat besar karena nanti reklame tersebut akan kelihatan penuh. Dan akhirnya pengguna jalan akan bingung mau baca yang mana terlebih dahulu.

Foto

Banyak nih caleg membuat foto yang diedit menjadi superhero atau semacamnya. Cukup menarik perhatian sih. Tapi lebih bagus kalau foto tersebut, menggunakan resolusi yang lebih besar biar yang lihat inget muka caleg ini dengan jelas. Gak mau juga kan kalau mukanya pecah atau kotak-kotak karena resolusinya terlalu kecil?

Sumber Foto: gizanherbal.wordpress.com

Font

Ketika mau menginformasikan hal yang penting, pemilihan font ini berguna. Gimana coba kalau tulisan nama caleg pakai font Bloody Tronic? Serem juga ya, serasa mau kampanye film horor. Sesuaikanlah font dengan penglihatan pengguna jalan. Pilih font yang bold, tegas dan simpel agar terlihat lebih jelas.

Sumber Foto: Merdeka.com

Warna

Setiap warna memiliki arti dan kegunaan masing-masing. Cari warna yang merupakan turunan dari warna partai. Kalau mau dikombinasikan dengan warna lain, perhatikan juga komposisinya. Jangan coba warna background merah tapi warna font yang dipakai adalah pink atau magenta. Gak akan kelihatan.


Point penting lainnya adalah estetika. Biar baliho enak dipandang, nyaman buat mata yang ngelihat dan juga informasi yang disampaikan bisa ketangkap ke komunikan. Serta coba lihat juga target pasarnya. Kalau menargetkan ke millennials mungkin bisa dipakai desain yang simpel. Dan point terpenting dari point di atas adalah kejujuran dari caleg. Kalau desainnya udah keren banget tapi gak jujur, masih mau dipilih?


Like what you read? Give Qubicle Art your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Qubicle Art

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US