DKW W2000 - Motor Bermesin Rotary Pertama di Dunia

Kalau sebelumnya dreamrides sempat membahas motor bermesin diesel, kali ini kami akan membahas motor unik bermesin rotary yakni DKW W2000 atau dikenal juga dengan nama Hercules W2000.

Foto: Silodrome

Dilansir dari situs Silodrome, kuda besi ini pertama kali muncul di hadapan publik pada tahun 1970 di ajang Internationale Motorrad und Fahrrad-Ausstellung di Jerman. Meskipun tampil masih dalam bentuk purwarupa, motor satu ini mampu menyedot perhatian pengunjung karena keunikan teknologi mesin yang digunakan dan juga tampilannya.

Foto: Silodrome

Barulah pada tahun 1973, motor ini diproduksi dan dijual secara resmi dengan nama DKW W2000 untuk pasar Inggris. Untuk negara lainnya, motor ini dipasarkan dengan nama Hercules W2000. Uniknya, kuda besi buatan Jerman ini merupakan motor pertama di dunia yang mengadopsi mesin rotary atau biasa disebut Wankel Engine. Sebagai tambahan informasi, mesin rotary juga dapat ditemui (dan cukup populer) di mobil buatan Jepang, yakni Mazda RX-7 dan RX-8.

Foto: Silodrome

Dibilang unik, karena mesin rotary ini sama sekali tidak menggunakan piston, melainkan mengandalkan rotor yang digerakkan oleh eccentric shaft untuk menghasilkan tenaga. Adapun mesin rotary yang digunakan oleh DKW W2000 memiliki kapasitas 294cc yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 27 - 32 daya kuda pada 6.500 RPM. Untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang, digunakan transmisi manual 6-percepatan.

Foto: Silodrome

Sayangnya, umur motor ini tidak terlalu panjang. Pada tahun 1977 produksinya dihentikan karena penjualannya tidak sesuai dengan ekspektasi. Namun, justru karena hal itulah populasi DKW W2000/ Hercules W2000 (dalam kondisi baik dan laik jalan) menjadi langka. Salah satu contohnya adalah yang tampak pada artikel ini. Motor satu ini bakal dilelang dengan estimasi harga £ 4,500 atau setara dengan Rp 88 juta. Harga yang cukup pantas untuk bersejarah dengan predikat ‘motor bermesin rotary pertama di dunia’.


Sumber: Silodrome, Bonhams

Facebook : dreamridesqube | Instagram : dreamridesqube