DOCUMENTINGBMX

May 10, 2016Claude Hutasoit

Calling all documentary geeks!

Kali ini Sportsgear akan menampilkan 2 dokumenter yang menurut kami sangat menarik untuk ditonton, bukan hanya oleh pecinta BMX, tetapi untuk semua orang yang mempunyai waktu luang kira-kira 1 jam 30 menit.

Inilah 2 dokumenter yang paling pas untuk menceritakan sejarah BMX, check it out!

The Birth of Big Air (2010)

Dokumenter ini bercerita tentang rider BMX legendaris Mat Hoffman dan aksinya melakukan big air pertama di dunia. Tahun 1985, Mat memulai kariernya di BMX sebagai rider amatir pada umur 13 tahun dan 3 tahun kemudian dia sudah lulus menjadi seorang pro rider.

Sepanjang kariernya Mat Hoffman itu tidak pernah mempedulikan limitasi dan kata-kata “gak bisa” dan “gak mungkin”. Dia bukan seorang rider yang konvensional, dia selalu berusaha untuk “push the limits”. He loves BMX, ini terbukti dari ambisi pribadinya yang tidak pernah peduli dengan endorsments, sponsorship, ketenaran, fans, kamera, pokoknya semuanya adalah passion yang mendalam untuk membuktikan bahwa batas-batas gravitasi menggunakan BMX bisa di dorong dan bisa terus inovasi.

Dokumenter ini diproduseri oleh pemenang Academy Awards, Spike Jonze dan Johnny Knoxville dari Jackass. Dengan Jeff Tremaine sebagai sutradara, mereka menunjukan ke dunia asal usul Mat Hoffman, sang pembuat BMX big air.

Joe Kid on a Stingray (2005)

Dokumenter yang membahas sejarah BMX ini sangat menarik. If you’re a BMX veteran or beginner, dijamin film ini akan memuaskan passion akan sejarah tentang olah raga extreme yang cukup legendaris ini.

Film ini berisi rider-rider BMX yang influential menceritakan tentang sejarah dan perkembangan BMX. Sumber yang menceritakan sejarahnya sangat valid, sehingga para penonton dapat merasakan sejarahnya dan apa sebenarnya yang terjadi dulu pas awal-awal perkembangan olah raga extreme yang satu ini.

Yang paling menarik menurut gue adalah timeline dari dokumenter ini yang dimulai dari 30 tahun yang lalu hingga ke era modern sekarang. Para sutradara Mark Eaton dan John Swarr menampilkan sebuah kumpulan sejarah BMX dengan footage vintage dan wawancara menarik yang membuat para penonton merasa menjadi bagian dari sejarah BMX tersebut.

Photo credits: outyourbackdoor.com, bangpictures.com, singletrackworld.com, gorillaflicks.com, youtube.com

Like what you read? Give Claude Hutasoit your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Comments

    Qubicle User

    Claude Hutasoit

    Stay Updated.

    Every day, a dose of inspirations.🎉
    Subscribe Qubicle
    Qubicle Logo
    © 2018 Qubicle. All rights reserved
    FOLLOW US