Efek Rumah Kaca dan Bekraf Berbalas Klarifikasi Terkait SXSW


Efek Rumah Kaca (ERK) memutuskan mundur menjadi delegasi Bekraf dalam ajang SXSW 2018 di Austin, Texas. Keputusan itu terkait adanya beberapa hal menyangkut harga tiket yang menurut Efek Rumah Kaca janggal, maka ERK memutuskan memakai biaya sendiri. 

Informasi tentang mundurnya Efek Rumah Kaca dari delegasi Bekraf menurut laporan Tirto pada Rabu (7/3) langsung mendapat respon dari Bekraf pada tanggal 9 Maret 2018 mereka mengirim rilis klarifikasi.

Setelah Jumat (9/3) Bekraf mengeluarkan klarifikasi resmi mengenai beberapa hal menyangkut dukungan terhadap Efek Rumah Kaca (ERK) di SXSW Festival 2018, kali ini giliran pihak ERK yang merilis pernyataan mereka mengenai persoalan tersebut Sabtu (10/3).

Rilis resmi yang diposting melalui akun Instagram @sebelahmata_erk pun ternyata memiliki beberapa poin yang berbeda dari pernyataan pihak Bekraf yang telah lebih dulu dirilis.


Setelah membaca klarifikasi yang dibuat oleh pihak Bekraf, kami merasa justru poin alasan utama pengunduran diri kami yaitu pemilihan tiket dengan harga yang tidak wajar tidak dielaborasi lebih lanjut” jelas mereka melalui rilis tersebut.

Pihak Efek Rumah Kaca sendiri akan pergi dengan biaya sendiri pada hari Senin 12 Maret 2018. "Kami akan berangkat ke Amerika Serikat untuk mengikuti festival SXSW. Terima kasih banyak atas dukungan dan doa teman-teman semua selama sebulan terakhir. Awalnya, keberangkatan kami ke SXSW ini sebagian turut didukung oleh Bekraf. Namun seminggu sebelum keberangkatan, kami memutuskan untuk menarik diri sepenuhnya dari dukungan finansial Bekraf karena persoalan janggalnya harga tiket. Beberapa media sudah mengangkat persoalan ini dalam beberapa hari terakhir. Namun banyak pemberitaan yang sepertinya kurang tertuju pada persoalan yang sebenarnya menjadi alasan utama kami untuk menarik diri dari dukungan finansial Bekraf"

Beberapa poin perbedaan dari kedua pernyataan yang dikeluarkan pihak Bekraf dan ERK, antara lain;

1. Efek Rumah Kaca membantah pernyataan Bekraf soal alasan utama pengunduran diri mereka adalah karena pihak SXSW yang membatasi jumlah personel yang akan tampil (menjadi 5 orang, dari 9 personel yang diajukan ERK), namun alasan utama mereka adalah pemilihan tiket dengan harga yang tidak wajar dari pihak Bekraf.

2. Pihak ERK merasa tak pernah mendapat penjelasan yang memuaskan soal harga tiket dan akomodasi dari pihak Bekraf yang tidak wajar, anggaran akomodasi dari pihak Bekraf untuk proyek SXSW ini adalah Rp. 47 juta/orang dengan rincian Rp. 32 juta untuk tiket dan Rp. 15 juta untuk sewa tempat tinggal selama di Amerika. “Hal ini terus terang bertentangan hati nurani kami dan nilai-nilai yang selama ini kami suarakan melalui lagu-lagu kami” kata ERK.

3. Mengenai jumlah personel, dari awal ERK sudah mengkonfirmasi kepada Bekraf akan tampil dalam formasi 9 personel di atas panggung, namun Bekraf secara sepihak menyatakan kepada pihak SXSW bahwa ERK akan tetap tampil dengan formasi 5 personel, dan kemudian mengatakan hal itu kepada pihak ERK dengan alasan keterbatasan panggung (yang kemudian setelah ERK mendapat akses berkomunikasi dengan pihak SXSW secara langsung, mereka dengan mudah diizinkan tampil dengan personel lengkap).


Namun, meski dengan berbagai polemik yang terjadi, Bekraf tetap menghargai keputusan ERK dan tetap mendukung keikutsertaan ERK di SXSW 2018 sebagai bagian dari delegasi Indonesia. Selamat dan sukses untuk ERK di SXSW 2018, terima kasih atas perhatiannya” tulis pihak Bekraf pada rilis mereka pada 9 Maret 2018.

Bahkan dalam kolom komentar di instagram Efek Rumah Kaca, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf minggu dini hari (11/3) memberikan pernyataan: "Sebaiknya kita bertemu, tabayun, klarifikasi dulu sejelas-jelasnya. Sebelum berburuk sangka. Persoalan dan aturan dijelaskan dengan semua fakta. Kalau memang ada indikasi atau bukti korupsi dengan ikhlas kami akan bertanggung jawab."

Dok.Efek Rumah Kaca

Kimokal yang juga akan tampil di SXSW bersama Efek Rumah Kaca dalam jumpa media di Jakarta, Jumat (9/3) mengaku juga pergi tidak dengan biaya dari Bekraf. Namun atas dukungan pihak sponsor yang mendukung mereka, bahkan mereka akan melibatkan dua nama musisi dari band Semiotika dan Wake Up Iris dalam pentas mereka di SXSW.


Oleh Irvan Gaza / Foto: Dok.ERK & Bekraf