Efek Rumah Kaca Hangatkan Depok Bisa Dikonserkan


Untuk mengumpulkan dana bagi keberangkatan Efek Rumah Kaca ke Austin, Texas dalam rangka SXSW sejumlah show mereka gelar di berbagai kota di Indonesia. Dari mulai Jakarta, Palembang, Sukabumi, sampai Depok. Musiclife hadir menjadi saksi salah satu aksi mereka menjelang mereka berangkat besok Senin (12/3).

Dok.ERK

Malam itu (1/3) hujan yang mengguyur Depok seharian ternyata tak menyurutkan para penonton untuk hadir di sebuah konser bertajuk Depok Bisa Dikonserkan yang sukses digelar di Faculty Club UI. Konser yang digelar oleh Locker Media dan Flashcomm Event ini bertujuan untuk mendukung keberangkatan Efek Rumah Kaca ke Amerika dalam rangka ambil bagian di SXSW Festival, festival budaya yang setiap tahunnya diselenggarakan di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Konser yang terdiri dari dua sesi ini dipandu oleh MC Adjis Doa Ibu dan Gilang Gombloh yang selalu berhasil membuat lebih dari 2000 penonton yang hadir malam itu tergelak dengan jokes mereka. Sesi pertama malam itu Efek Rumah Kaca yang tampil full-team membawakan secara penuh materi dari album terbaru mereka Sinestesia

Baru di sesi kedua mereka membawakan total 17 lagu dari materi-materi terdahulunya seperti Hujan Jangan Marah”, “Cinta Melulu”, “Di Udara”, sebelum akhirnya menutup penampilan mereka malam itu dengan “Sebelah Mata”. Lagu "Sebelah Mata" belum lama ini mendapat respon banyak pihak saat dipakai menjadi lagu untuk mendorong penyelidikan pada pelaku penyerangan penyidik KPK, Novel Baswedan yang hingga kini belum ada titik terang.

Dok.ERK

Rencananya Efek Rumah Kaca akan berangkat untuk ikut ambil bagian di SXSW Festival 2018 yang kali ini digelar pada 9-18 Maret. Selain mereka, Rich Brian dan Kimokal juga akan tampil di salah satu festival budaya terbesar di dunia tersebut. Seperti kita telah baca sebelumnya, Efek Rumah Kaca akhirnya tidak melibatkan Bekraf dalam membantu pendanaan kepergian mereka kali ini. 


Oleh: Irvan Gaza / Foto: Dok.ERK & Locker Media