Everest Bukan Gunung "Tertinggi" di Dunia

Teks: Milika

Foto: Istimewa

https://als.wikipedia.org/wiki/Mount_Everest

Pasti tau dong Gunung Everest, puncak tertinggi di dunia? Banyak pendaki yang mati-matian mendaki puncak pegunungan Himalaya di Nepal ini supaya bisa mencapai predikat pendaki The World’s Highest. Kenyataannya, Everest itu bukanlah  gunung yang paling tinggi loh! Eiits jangan kaget dulu dong. Pertama, kita harus tahu bahwa Everest dinobatkan sebagai puncak tertinggi di dunia karena memiliki ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di atas permukaan laut, tidak ada gunung lain di seluruh dunia yang ketinggiannya melebihi Everest jika diukur dari permukaan air laut. Tapi setidaknya ada 2 gunung yang dianggap lebih “tinggi” dari Everest:



1. Mauna Kea, Hawaii
https://apod.nasa.gov/apod/ap080301.html

Mauna Kea adalah puncak tertinggi di Hawaii. Ketinggiannya “hanya” 4.207 meter di atas permukaan laut. Lantas kenapa gunung ini dianggap lebih tinggi dari Everest? Mauna Kea adalah sebuah gunung yang berupa pulau, sebagian besar badan gunung terendam di bawah permukaan laut.

https://www.discoverhawaiitours.com/shop/mauna-kea-summit-stars/

 Titik terendah gunung Mauna Kea terletak jauh di dasar laut, konon kedalamannya bisa mencapai 6000 meter di bawah permukaan laut. Maklum saja, kepulauan hawai terdapat di peraiaran dalam Samudra Pasifik. Jika dihitung dari dasar sampai puncak, Mauna Kea mempunyai ketinggian lebih dari 10.000 meter, jauh lebih “tinggi” daripada Everest. Jadi boleh dong kalo kita bilang Mauna Kea adalah gunung paling tinggi di dunia.

https://www.ifa.hawaii.edu/info/vis/visiting-mauna-kea.html


2. Mount Chimborazo, Ekuador
https://aiesec.blog.br/descubra-equador/

Walaupun hanya memiliki ketinggian 6.310 mdpl, Mount Chimborazo ditasbihkan menjadi “gunung tertinggi dari inti bumi”. Hal ini terjadi karena bentuk bumi yang bukan bulat sempurna melainkan spheroid, artinya diameter bumi agak menggendut di bagian khatulistiwa. 

https://commons.wikimedia.org/wiki/File:CHIMBORAZO-RIOBAMBA-DAVID-TORRES-COSTALES.jpg
https://www.mensjournal.com/adventure/articles/how-to-climb-chimborazo-the-mountain-that-dethroned-everest-w202555
https://www.summitpost.org/chimborazo/150349

Posisi Mount Chimborazo sendiri berada hanya 1 derajat disebelah selatan ekuator. Jika diukur dari inti bumi, puncak Mount Chimborazo merupakan titik terjauh dari pusat bumi.

Dan ternyata Cartenz Pyramid yang terletak di Papua, Indonesia jika diukur dari inti bumi, tingginya melebihi Everest loh..

https://www.summitpost.org/distance-to-the-center-of-the-earth/849764


Nah jadi kalo ada yang punya cita-cita untuk mencapai titik tertinggi di dunia, jangan cuma mendaki Everest aja dong. Biar legit, harus mendaki 2 puncak tertinggi tadi juga yah. Buat kita orang Indonesia yang ngerasa tinggi badannya kurang atau ga begitu tinggi dibanding bule, jangan sedih ya. Karena kalau dihitung dari pusat bumi tinggi rata-rata orang Indonesia jauh lebih tinggi dari orang-orang bule di negaranya. Piss.



sumber

https://geology.com/records/highest-mountain-in-the-world.shtml