IMSAK

WIB

WITA

WIT

MAGHRIB

WIB

WITA

WIT

IMSAK

WIB

WITA

WIT

MAGHRIB

WIB

WITA

WIT

Fiat 500 Giardiniera – Priceless Family Heritage

Memiliki mobil atau motor klasik dengan kondisi orisinal memang mempunyai kepuasan tersendiri, apalagi dengan tampilan patina (oksidasi pada suatu benda karena usia) di beberapa bagian. Salah satu contoh kongkritnya adalah Fiat 500 Giardiniera yang dimiliki oleh seorang pemuda asal Bandung bernama Rafii Muhammad Ris Zikrullah. “Mobil ini bisa dibilang warisan keluarga turun menurun yang sekarang jadi milik saya,” ujar pria berumur 18 tahun ini membuka obrolan. Ingin tahu kisah menarik tentang mobil ini? Lanjut baca ulasannya berikut.

Foto: Dreamrides

Dreamrides: Rafii boleh diceritakan sejarah tentang mobil ini?

Rafii Muhammad Ris Zikrullah: Mobil Fiat 500 Giardiniera ini merupakan hadiah yang diberikan kakek untuk kedua orang tua saya. Cara kakek dapetin mobil ini bisa dibilang penuh perjuangan. Jadi kakek saya dulu sempat bekerja di Bank dan sesekali mengunjungi nasabahnya. Suatu hari kakek saya sedang mengunjungi rumah salah satu nasabah di daerah Slipi, Jakarta dan melihat mobil ini parkir di garasinya. Saat itu juga kakek jatuh hati dan langsung mengajukan penawaran dengan harapan mobil tersebut bisa dibeli, namun jawabannya tidak dijual karena sang pemilik adalah kolektor mobil klasik.

Foto: Dreamrides

Dreamrides: Lalu gimana ceritanya sampai akhirnya mobil ini bisa dimiliki?

Rafii Muhammad Ris Zikrullah:

: Dua minggu setelah kejadian tadi, kebetulan orang tua saya ke Jakarta dengan tujuan mengunjungi kakek. Sesampainya di Jakarta, kakek langsung mengajak kedua orang tua saya ke rumah nasabahnya tersebut. Setibanya disana mobil ini kembali ditawar dan jawabannya masih sama, yaitu mobil ini tidak mau dilepas. Sampai pada akhirnya kakek saya bilang bahwa beliau berniat membeli mobil ini untuk hadiah ke anaknya, yakni orang tua saya yang saat itu diajak melihat langsung kondisi mobil tersebut. Dari situ akhirnya sang pemilik luluh dan rela melepas mobilnya ke kakek saya. Namun, dengan kondisi rem blong.


Foto: Dreamrides

Dreamrides: Ketika akhirnya mobil ini berhasil dipinang, apa yang dilakukan oleh kakek dan kedua orang tua Rafii?

Rafii Muhammad Ris Zikrullah: Saking senangnya, kedua orang tua saya langsung memboyong mobil ini balik ke Bandung, tentunya sesudah sistem rem pada mobil ini dibenarkan. Saat di perjalanan, mobil ini sama sekali tidak mengalami kendala atau masalah karena memang kondisi mobilnya sehat tanpa ada masalah. Karena dipakainya enak dan tidak ada masalah, mobil bermesin 500cc ini dipakai harian oleh kedua orang tua saya kemana saja mereka pergi.

Foto: Dreamrides

Dreamrides: Apa arti mobil ini untuk Rafii?

Rafii Muhammad Ris Zikrullah:

Selain mobil ini bisa dibilang warisan keluarga, Fiat inilah yang menjadi saksi dan mengantarkan kedua orang tua saya ke Rumah Sakit Borromeus, Bandung guna melahirkan saya. Jadi, bisa dibilang Fiat ini ikut berjasa mengantarkan proses kelahiran saya. Dari sejak itu hingga sekarang saya berumur 18 tahun, mobil ini masih setia menemani. Lebih senangnya lagi kini mobil ini dipercayakan menjadi milik saya.

Foto: Dreamrides

Dreamrides: Pengalaman menarik apa yang pernah Rafii alami selama memiliki dan mengendarai mobil ini?

Rafii Muhammad Ris Zikrullah: Yang sering saya alami, ketika berkendara dengan mobil ini, banyak yang memberikan senyuman ke arah mobil ini. Entah maksud mereka memuji atau justru meledek karena kondisi mobil yang sudah tidak mulus karena termakan usia. Tapi saya tidak pernah malu untuk membawa mobil ini jalan-jalan, justru saya bangga terhadap mobil ini karena mengingat umurnya yang kurang lebih sudah 54 tahun namun masih bisa diajak jalan-jalan.

Foto: Dreamrides

Dreamrides: Kira-kira apa yang akan Rafii lakukan terhadap mobil ini di masa mendatang?

Rafii Muhammad Ris Zikrullah:

Karena umurnya yang sudah semakin tua, saya berencana untuk meremajakan beberapa sektor, salah satunya yakni melakukan proses restorasi pada bagian mesin dan bodi yang keropos namun tanpa merubah kondisi cat orisinal yang sudah mulai pudar termakan usia. Selebihnya saya masih hunting untuk beberapa body part, contohnya seperti karet kaca yang sudah susah ditemukan. Intinya, mobil ini sebisa mungkin tidak akan pernah dijual.

Foto: Dreamrides


Facebook : dreamridesqube | Instagram : dreamridesqube