Final Project by Anto Owi

“Harapan saya kedepan kalo untuk diri saya sendiri ya pinginnya menjadi semakin baik saja, dan bisa bermanfaat buat orang lain. Untuk lingkungan terutama lingkungan scene anak muda saya harap lebih bisa menggali potensi masing masing aja, apapun yang kalian suka selama itu positif” kata pemuda yang kerap disapa Anto.


Tim HLABS berhasil buat wawancarain mahasiswa yang baru aja nyelesein pameran tugas akhirnya yang menurut kita punya sesuatu yang berguna buat orang-orang yang terlibat di dalamnya. Ya! Orang itu yang punya harapan tentang menggali potensi diri dan ngingetin kita buat tetep berkelakuan positif guys. Perkenalkan dia adalah Anto Tantowi, Mahasiswa UNNES yang menggeluti bidang kreatif. 

Yang kemaren tanggal 7 Juli barusan aja nggelar pameran proyek studi nya di kawasan Kota Lama. Pameran ini adalah pameran proyek studi dari tugas akhir kuliah nya yang coba di singgungkan dengan idealisme Anto Tantowi. Karena ini sebagai salah satu tanggung jawab nya ke masyarakat dan khususnya orang tua. Selain itu karena dia sendiri cukup bergaul dengan lingkup band atau musik makanya pameran karya nya ngangkat tentang proyek kolaborasi studio rekaman dengan beberapa band yang pernah merekam materi lagu mereka di studio tersebut. Yes, seperti yang sudah dibahas tadi selain projek ini adalah projek akhir studi-nya, tapi ada yang unik karena dia melibatkan idealism pribadi di dalamnya. Di present dalam bentuk yang dia banget dan berguna banget buat band nya sendiri.

Judul pameran ini adalah Recordlaboration dari kata recording dan collaboration. Dimana Anto sebagai desainer & Strato sebagai studio recording mengajak beberapa band yang pernah record di situ untuk berkolaborasi merilis single lagu mereka ke dalam bentuk fisik berupa cd dan poster. Proyek ini diharapkan nya bisa jadi salah satu media promosi yang baik buat studio maupun band selain dari media promosi yang umum seperti iklan majalah, katalog maupun iklan sosial media. Selain itu juga dapat menjalin kerjasama yang baik antara band dengan studio. Studio strato sendiri merupakan studio yang cukup tua karena sejak dari tahun 1998 mereka udah mulai kontribusi buat kebutuhan rekaman materi band pada zaman itu sampai sekarang. Inspirasi dari illustrasi maupun artwork yang dibuat disesuaiin sama materi single dari masing masing band dan genre band itu sendiri. Sedangkan teknis pembuatannya, Anto based on drawing dengan garis yang tegas dan pewarnaan secara digital.


Adapun karya-karya drawing lainnya yang sedang terus Anto pelajari dan kulik, nih:

“Aku kalo gambar sih apapun itu, kalo udah selesai selalu muncul rasa seneng ngliatin, nikmatin sendiri, ada kelegaan gitu. Saolnya juga kadang sesuai kebutuhan. Karya yg penggarapanya sampe jungkir balik atau yang simpel2an.” Katanya. Tapi ada satu karya nya yang bikin dia seneng dan salah satu pencapaian yang bagus menurutnya, waktu doi bisa pameran di Malaysia. Nih kita kasih liat karyanya~

“Jadi waktu itu kan temanya mad science, nah yg kepikiran di kepalaku ya objek-objek mutasi genetik gitu. Kaya yang berkepala dua ini kan emang kadang ada yg lahir spesial dikaruniai kepala dua kadang, bahkan dioperasi untuk di angkat salah satu. Tapi ketika mad science terjadi malah hal kaya gini disengaja buatan manusia” begitu kata Anto. Karya nya diberi judul "Craniopagus parasiticus" bercerita tentang fenomena yang kadang kita temui di kehidupan nyata, namun seiring perkembangan zaman dan teknologi maupun sains, tidak menutup kemungkinan hal ini terjadi karena faktor kesengajaan, terlebih jika seseorang yang melakukannya memiliki tingkat ketidakwarasan yang tinggi dan memiliki keyakinan tertentu yang bertolak pada kehidupan normal di masyarakat. Pameran di laksanakan di Raksasa Print, Malaysia.

Nah akhir kata nih ada pesan dari mamase Anto Owi buat para pembaca semua, “Hargailah sesama, apresiasi terkadang membantu seseorang untuk lebih semangat dalam berproses.” 

Oke kalo gitu kita ciao dulu ya guyssssss, have a nice day!