Frequency Factory Vol 10: Taste Workshop with Andrian Ishak

Mixing science with taste? Sure you can! Double Deer menyelenggarakan Frequency Factory (FF) volume 10 di hari Rabu (7/6) yang berbeda dari yang pernah ada sebelumnya. Yang biasanya mengulik tentang seluk beluk musik, talkshow dan workshop FF kali ini mengusung tema “Taste” bersama satu-satunya chef molecular gastronomy di Indonesia, Andrian Ishak.

FF vol. 10 mengajak para tamu untuk experience pembuatan makanan dengan teknik sains. Chef Andrian menunjukkan cara membuat kolak pisang menggunakan mesin laboratorium. Sambil memeragakan langkah pembuatan yang penuh istilah kimiawi seperti alginate solution, kalsium, dan sebagainya, ia mendefinisikan apa yang sebenarnya disebut taste.

Taste bukan hanya dari indra perasa, taste itu multi sensory. Mata, telinga, hidung, dan pikiran juga mempengaruhi taste. Justru hanya 20% dari taste saja yang bergantung pada indra perasa,” ungkap Andrian Ishak, sambil menyalakan alat rotary evaporator untuk mengkondensasi kolak pisangnya.

Hasil jadi kolak pisang sains tersebut tentunya out of the box, berbentuk permen dengan lapisan plastik yang edible, didampingi segelas cairan evaporasi. Cara memakannya pun unik. Pertama, makan permen beserta plastiknya, kunyah beberapa kali, lalu hirup aroma dari gelas berisi cairan evaporasi sambil mengunyah, dan terakhir minum cairan tersebut di saat permen belum habis di mulut. Turns out, taste yang dihasilkan beneran persis kayak menyantap kolak. Such a new exciting experience!

Chef Andrian Ishak sendiri sudah menggeluti molecular gastronomy ini selama 12 tahun secara otodidak. Tanpa punya background di dunia kuliner, justru kariernya berawal dari gitaris band. Sejak 2012, ia membuka Namaaz Dining, restoran miliknya mengusung kuliner Indonesia dengan sentuhan unexpected ala Andrian.

Nah, ada Taste of The City Project nih dari Chef Andrian Ishak buat lo semua yang ingin mendapatkan tiket gratis ke Ultra Beach Festival Bali 2017 beserta akomodasi. Caranya, upload foto makanan khas di kota lo dan tulis satu paragraf penjelasan kenapa makanan itu unik daripada yang lain di sini.Come and share the uniqueness of taste in your city!  

Penasaran dengan project dari Kimo Rizky, Isha Hening, dan Andrian Ishak? Lo bahkan bisa join di project

mereka bertiga dengan klik link-nya di sini.