“FromRussiawithLove”danKaitannyaDenganPialaDunia2018

July 12, 2018Qubicle Travel
"Arabia negerinya cerita padang pasir, ke Rusia jangan lupa bawa suvenir."


Judul di atas pasti sudah tidak asing lagi bagi penggemar James Bond. James Bond yang diperankan oleh Sean Connery tergiring masuk ke dalam perangkap pembunuhan demi mendapatkan ‘oleh-oleh’ dari seorang agen cantik Rusia. Singkat cerita, judul film yang ikonik ini sering diasosiasikan dengan oleh-oleh dari Rusia.

Rusia yang sedang menggelar laga akbar Piala Dunia 2018 juga sudah siap dengan berbagai souvenir khasnya. Kalau ada kerabat atau saudara yang sedang berada di Rusia, silahkan titip oleh-oleh khas Rusia yang dipadu dengan aroma Piala Dunia berikut ini:

1. Matryoshka

Matryoshka edisi  tim dan pemain yang berlaga di Piala Dunia 2018. (Foto: SFgate.com)

Menurut situs visit-petersburg.rus, boneka khas Rusia ini menjadi oleh-oleh yang paling diburu selama gelaran Piala Dunia 2018 . Boneka beranak pinak perlambangan mother Russia ini muncul dengan edisi pemain-pemain sepak bola kenamaan dan tim-tim peserta Piala Dunia 2018. Harga matryoshka berkisar dari 150 ribu rupiah samapi 2 juta rupiah.

2. Kokoshnik

Salah satu fans sepak bola yang menggunakan bando khas Rusia (Foto: Reuters)

Bando Rusia ini sebenarnya merupakan hiasan kepala tradisional khas wanita Rusia yang biasa dipakai pada acara-acara adat seperti perkawinan. Pada ajang Piala Dunia kali ini, bando ini menjadi favorit para fans sepak bola dari berbagai Negara. Tidak hanya kaum hawa, kaum adam pun banyak yang memakai kokoshnik ini.

Pendukung pria tak sungkan untuk memakai kokoshnik. (Foto: Reuters)

Seperti halnya matryoshka, kokoshnik mempunyai kisaran harga dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

3. Ushanka

Walaupun panas, para suporter tetap menggunakan ushanka. (Foto: Russian Beyond)

Kita mengenalnya dengan sebutan topi Rusia. Dalam film-film intelejen, topi musim dingin ini selalu menjadi ciri-ciri penggambaran orang Rusia.

Ushanka versi busa supaya lebih nyaman saat musim panas. (Foto: FIFA.com)

Piala Dunia yang digelar pada musim panas ini tidak menghalangi suporter sepak bola memakai topi ini saat mendukung Negaranya. FIFA Store bahkan menjual topi ini dengan modifikasi bahan busa agar nyaman dipakai saat musim panas. Versi busa ini dijual dengan harga 220 ribu rupiah.

4. Ruble World Cup edition

Mata uang Rusia edisi Piala Dunia, menggambarkan impian Rusia meraih Piala Dunia. (Foto: wikimedia commons)

Pemerintah Rusia mengeluarkan uang pecahan 100 Rubel edisi Piala Dunia. Bukan sekedar suvenir, pecahan mata uang ini juga berlaku sebagai alat tukar resmi perniagaan. Pemerintah Rusia hanya mengeluarkan 20 juta lembar alias limited edition. Walaupun nominal yang tercantum 100 Rubel, atau sekitar 22 ribu rupiah, di pasaran pecahan ini bisa dijual dengan harga 700 Rubel atau sekitar 154 ribu rupiah. Rusia juga mengeluarkan koin edisi Piala Dunia namun tidak bisa dijadikan alat tukar resmi.

5. Made in Indonesia

Adidas Telstar bola resmi Piala Dunia 2018, Rusia. (Foto: Goal.com)

Di “luar sana” , produk Indonesia terkenal memiliki kualitas yang tinggi. Tak heran jika kamu membeli bola souvenir resmi Piala Dunia 2018 di Rusia, kamu akan menemukan bola buatan Indonesia. Bola tersebut diproduksi di Majalengka dan sudah memenuhi standar FIFA. Sejauh ini bola Made In Indonesia baru dijadikan suvenir resmi saja, belum sebagai official game ball.

Jersey Piala Dunia buatan Indonesia. (Foto: Striker.id)

Hal ini setali tiga uang dengan jersey tim-tim yang berlaga di Piala Dunia. Jersey kesebelasan Inggris, Brasil, Portugal, Perancis bahkan Nigeria yang ter-display di official store Nike seantero Rusia ternyata buatan Indonesia. Harganya pun fantastis, 1 buah jersey mencapai 2,2 juta rupiah.

Kalau sudah begitu, ,mari bersama-sama kita doakan kesebelasan Made In Indonesia juga bisa segera berkompetisi di Piala Dunia.


Sumber:

www.Reuters.com

www.visit-petersburg.rus

www.sputniknews.com

Like what you read? Give Qubicle Travel your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Qubicle Travel

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US