GurihnyaSotoBetawiSusu,MantapTanpaSantan

August 06, 2018Qubicle Culinary
Santapan nikmat tanpa khawatir kolesterol. Soto Betawi susu Bang Nawi menghidangkan sensasi gurih tanpa suguhan santan.
  Kuah panas soto Betawi susu di Soto & Sop Khas Betawi Bang Nawi (Foto: Qubicle)  

Soto Betawi susu? Yup, ini dia soto Betawi yang pure dimasak dengan susu tanpa menggunakan santan dan merupakan ciri khas di Soto & Sop Khas Betawi Bang Nawi. Salah satu kuliner favorit di Tanjung Duren ini mengedepankan kesehatan dengan melupakan santan sebagai pengentalnya. Meskipun begitu, kuah soto Betawi susu tetap sedap dan kental seperti soto Betawi santan.   

Menikmati soto ini, kalian bisa pilih opsi isian daging sapi, paru, kaki, babat, iso, iga sapi, buntut, sumsum, atau campur. Penggemar jeroan pastinya langsung mulai membayangkan apa saja yang ingin ada dalam semangkuk soto hangatnya. Tak lupa dilengkapi dengan emping, potongan tomat segar, dan daun bawang. Sambal, kecap, dan jeruk nipis bisa ditambahkan sesuai selera di atas meja.
“Paling sering orang pesan soto atau sop daging dan campur, juga sumsum yang sudah dikorek dari tulangnya jadi bisa langsung dimakan.” ujar Laura, pemilik Soto & Sop Khas Betawi Bang Nawi. Gurih, enak, daging dan jeroan segar dan empuk, serta paru yang garing merupakan feedback dari sebagian besar pelanggan Laura. Saat ditanya apa bahan yang paling cepat habis di warung sotonya, Laura menyebutkan sumsum, kaki, babat, dan paru.


  Soto Betawi susu campur, lengkap dengan paru dan babat (Foto: Qubicle)  


Saya pribadi menemukan cara unik untuk menikmati soto Betawi di sini. Waktu masih panas-panasnya, aroma dan rasa susu masih terasa dalam sececap kuah soto Betawi ini. Tapi kalau kita tunggu sampai tidak terlalu panas, sensasi susunya hilang dan rasa gurih yang ada menjadi sama dengan soto Betawi pada umumnya. Bisa jadi pilihan nih, buat kalian yang prefer adanya rasa susu atau tidak.


Dibalik soto Betawi susu

Berangkat dari kecintaan pada soto Betawi, Laura membuka Soto & Sop Betawi Bang Nawi di bulan Maret 2016. Adanya background pihak keluarga yang punya kolesterol tinggi menjadi trigger Laura untuk membuat soto Betawi tanpa santan tapi harus tetap nikmat.

Laura memiliki resep rahasia tersendiri untuk menjadikan soto Betawi susu bisa segurih soto Betawi santan. Dalam sehari, Laura menggunakan 3,2 kg susu untuk menjamu para pelanggan. Bahan pelengkap juga tak luput dari perhatian. Kesegaran jeruk nipis, sambal, dan kecap harus terjaga untuk mendampingi pelanggan menyantap hidangan.


Menu lain tak kalah favorit

Sesuai dengan namanya, Soto & Sop Khas Betawi Bang Nawi tak hanya menyajikan kelezatan soto Betawi susu tetapi juga sop. Yup, tinggal pilih saja isian jeroan yang diinginkan bersama kuah sop kaldu sapi yang kaya rasa. Harga semangkok sop maupun soto Betawi berkisar antara 25-35 ribu rupiah saja. Kalian juga bisa ekstra daging atau sumsum dengan harga 15 ribu rupiah.


  Sop iga siap diberi jeruk nipis agar kuah kaldu sapi semakin segar (Foto: Qubicle)  

  Lokasi Soto & Sop Khas Betawi Bang Nawi cabang Tanjung Duren (Foto: Qubicle)  


Yang penasaran, langsung aja datang ke salah satu dari dua cabang dari Soto & Sop Khas Betawi Bang Nawi. Buat makan siang ataupun malam, cuss ke Jl. Tanjung Duren Raya No. 362B, Jakarta Barat jam 11 siang sampai 9 malam. Nah, yang mau sarapan, bisa ke cabang di Jl. Citra Garden 7, Kalideres, Jakarta Barat yang buka dari jam 9 pagi sampai 9 malam. 


Penulis: Miranti Devina

Like what you read? Give Qubicle Culinary your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Qubicle Culinary

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US