HILANGARAH,HILANGTUJUAN,KEMANAAKUHARUSMELANGKAH?

November 20, 2017Citra Lubis
Nyasar? Cari jalan keluarnya yuk genks!

Pernah gak sih kamu ngerasa hidupmu hilang arah, bingung harus kemana? ngapain? mau jadi apa di masa depan?  kalo kamu lagi ngalamin hal itu, kamu gak perlu khawatir, karena hilang arah itu adalah suatu  hal yang wajar, dan pasti di alami oleh setiap orang di umur 20-an. bahkan ini menjadi tanda bahwa kamu sedang menuju kedewasaan.

Banyak hal yang terjadi di usia ini, kamu mulai merasa bosan dengan hal-hal yang kamu sukai, dan mulai tidak bergairah menjalani kehidupan ini , rasa sepi dan takut  mulai bermunculan di benak kamu. Semakin kamu pikirkan semakin kamu merasa bingung, padahal semua kegelisahan yang kamu rasakan ini, cuma kamu sendiri yang bisa mengatasinya. 

Sebenarnya faktor-faktor apa aja sih yang menyebabkan kita merasa hilang arah? yuk kita bahas, siapa tau dengan kamu mengetahui beberapa faktornya, pikiran kamu jadi terbuka dan mendapatkan solusi buat kegalauan hati yang sedang kamu rasakan.

1. Gak Fokus

Banyak cita-cita dan target yang kita inginkan dalam waktu bersamaan, hal ini membuat kamu dituntut untuk bisa bekerja multitasking dan menguasai banyak skill. Perpindahan fokus satu ke yang lainnya bukanlah hal yang mudah, karena membutuhkan tenaga, pikiran, serta perasaan. cobalah untuk membatasi diri dengan hanya fokus mengerjakan 3 hal yang paling kamu kuasai. 

2. Bingung Menentukan Prioritas

Banyak hal yang ingin diraih membuat kita menjadi bingung untuk memilih mana yang harus di prioritaskan, sifat serakah dan tidak sabaran membuat kita ingin meraih semuanya dalam satu waktu. Genks! manusia punya kapasitas, kita tidak bisa mendapatkan semuanya, so, mulai sekarang tentukan prioritasmu, buat checklistnya dan pilih hal yang paling kamu sukai. lalu lakukan dengan sepenuh hati.

3. Mengabaikan Suara Hati

Terlalu sering mendengarkan saran dari orang lain malah semakin membuat kita bingung menentukan pilihan. Jalan hidup itu kita sendiri yang nentuin dan kita juga yang bertanggung jawab atas pilihan kita. Dengerin deh, keinginan hati kamu karena apapun yang dijalani dengan sepenuh hati, pasti lebih terasa ringan, gak usah peduliin komentar orang-orang disekitar kamu. 

4. Terlalu Banyak Mikir 

Emang sih setiap hal itu harus di pikirkan matang-matang, tapi kalau kamu terlalu overthinking, akhirnya semua itu cuma jadi di pikiran aja, kamu jadi gak berani take action karena kebanyakan takut ini-itu, takut salah melangkah, takut menyesal, takut gagal, satu hal yang harus kamu ingat, setiap langkah kita ambil itu pasti sudah sepaket sama resiko yang harus dihadapi, jadi take a risk aja. Jalanin apa yang ada di depan mata kamu, hadapi resikonya dengan berani dan jangan mudah putus asa.

5. Dikelilingi Hal Negatif

Lingkungan yang negatif, membaca berita-berita yang negatif, membuat pikiran dan hal-hal yang kita lakukan menjadi negatif, apalagi di usia-usia 20-an yang lagi rentan-rentannya terbawa arus, ikut-ikut teman dan akhirnya kita jadi kehilangan jati diri. Mulai sekarang ubah pola pikir kamu, lihatlah segala sesuatunya dari sudut pandang yang positif. Percaya deh, kalau kamu melakukan hal-hal baik, kamu juga bakal dikelilingi sama orang-orang yang baik. Berada di dekat orang-orang baik membuat perasaan menjadi tenang dan itu bikin kamu lupa sama kegalauan kamu yang lagi hilang arah, bukan gak mungkin mereka juga bakal menuntun kamu ke arah yang lebih baik.

6. Kebanyakan "Ntar Dulu"

Sifat Malas emang paling susah dilawan, punya waktu senggang dikit maunya rebahan, leha-leha, seneng-seneng. soal kerjaan "ntar dulu" aja, nunggu kalau waktunya udah mepet. padahal kalo kamu kebanyakan menunda pekerjaan, hal yang harus kamu lakukan jadi semakin menumpuk, karena terlalu banyak yang harus dilakukan, sedangkan waktu dan kemampuan terbatas, akhirnya jadi males ngelakuinnya dan mengeluh karena overload. ujung-ujungnya karena udah overload dan terlalu cape. membuyarkan arah hidup kamu. jadi mulai sekarang lakukan segala sesuatunya sesegera mungkin. ingat pepatah "Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian".

Gak ada orang yang terlahir sempurna di dunia ini, mencari jati diri memang bukan hal yang mudah, So, temukan jati dirimu, agar jelas kemana harus melangkah, mengatur strategi, dan jelas apa yang ingin kamu raih. Gapai mimpi terbesarmu, dan melangkah dengan pasti!

Semoga gak bingung lagii ya genks!

Social Media :
Facebook : moodboosterfriendship | Twitter : @mbf_id | Instagram : @mbf_id



















Like what you read? Give Citra Lubis your appreciation.

From a quick cheer to a standing ovation, like to show how much you enjoyed this story.

Qubicle User

Citra Lubis

Similar stories

Stay Updated.

Every day, a dose of inspirations.🎉
Subscribe Qubicle
Qubicle Logo
© 2018 Qubicle. All rights reserved
FOLLOW US